Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Makanan Khas Lebaran di Berbagai Daerah Indonesia

Berikut daftar sajian menu lebaran dari berbagai daerah di Indonesia yang mungkin ingin Anda cicipi juga tahun ini:
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 25 April 2022  |  16:35 WIB
Rendang - Antara
Rendang - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Lebaran atau Idulfitri identik dengan silaturahmi dan sajian makanan yang beragam.

Makanan yang selalu ada setiap lebaran adalah ketupat dan opor ayam.

Tapi, di berbagai daerah di Indonesia, ada juga menu khas mereka  yang menjadi sajian lebaran.

Berikut daftar sajian menu lebaran dari berbagai daerah di Indonesia yang mungkin ingin Anda cicipi juga tahun ini:

1. Ketupat

Berbicara soal makanan khas Lebaran di Indonesia, ketupat merupakan salah satu ikon kuliner terpopuler yang sangat identik dengan perayaan hari raya Idul Fitri di Indonesia.

Kuliner khas Lebaran di Nusantara berupa beras yang dimasak dalam bungkusan anyaman daun kelapa muda. Saking populernya makanan khas Lebaran Indonesia satu ini, ornamen ketupat bahkan menjadi bagian dari dekorasi hari Lebaran yang cukup populer.

2. Opor Ayam

Untuk melengkapi santapan ketupat di hari Lebaran, ada berbagai pilihan lauk dan hidangan khas Lebaran lainnya. Salah satunya adalah opor ayam. Makanan khas Lebaran satu ini merupakan olahan ayam yang dimasak dengan kuah santan yang dibumbui beragam rempah ini menjadi pasangan yang pas dan lezat untuk disantap bersama ketupat pada hari raya Idul Fitri.

3. Sambal Goreng Ati

Makanan khas Lebaran di Indonesia selanjutnya adalah sambal goreng ati, lauk lainya yang bisa melengkapi sajian ketupat di hari Lebaran. Sama halnya dengan opor ayam, kuliner khas Idul Fitri ini terbuat dari ragam rempah yang dimasak bersama ati dan sayur seperti buncis atau kentang.

4. Rendang

Rendang adalah kuliner khas asal Padang yang popularitasnya bahkan sudah mendunia. Meskipun sangat mudah ditemukan setiap harinya di restoran-restoran Padang, rendang juga menjadi salah satu makanan khas Lebaran yang kerap disajikan bersama opor ayam dan juga ketupat.

5. Semur Daging

Alternatif sajian untuk melengkapi ketupat pada hari Lebaran selain rendang adalah semur daging. Sajian semur daging pada hari raya Idul Fitri sangat populer di kalangan masyarakat Jakarta dan terkadang tak hanya menggunakan daging sapi namun juga telur ayam dan potongan kentang.

6. Lemang

Lemang adalah makanan khas masyarakat Melayu yang sekilas terlihat seperti lontong. Bedanya, lemang dibuat dari beras ketan dan santan serta dimasak dengan menggunakan bambu. Lemang dijadikan pada saat hari Lebaran di beberapa wilayah di Sumatera dan Kalimantan serta di negara tetangga, Malaysia. Makanan khas Lebaran di Indonesia satu ini merupakan alternatif pengganti ketupat yang tak kalah lezat disantap bersama opor ayam ataupun rendang.

7. Ayam Woku

Untuk kamu yang berada di luar Sulawesi, mungkin menu Ayam Woku jarang ditemukan pada saat Lebaran. Namun, kuliner khas Manado ini menjadi favorit sajian pada saat hari Idul Fitri tiba bagi masyarakat Sulawesi Utara dan sekitarnya.
Makanan khas Lebaran di Indonesia satu ini memiliki cita rasa pedas dan juga menyegarkan dari berbagai ragam rempah yang digunakan untuk memasak menu khas Lebaran ini.

8. Sayur Lodeh

Sayur lodeh adalah masakan sayur yang berkuah santan khas Indonesia, terutama di daerah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Sayur lodeh mempunyai berbagai macam variasi terutama pada bumbunya, ada yang santannya berwarna putih, dan ada juga yang santannya berwarna kuning kemerahan.

9. Semur Daging

Nikmatnya daging sapi maupun ayam yang dikukus bersama kuah kecap dan rempah-rempah lainnya selalu berhasil memanjakan lidah. Semur daging merupakan makanan khas Lebaran Idulfitri yang wajib kamu hidangkan.

10. Serundeng daging

Satu lagi masakan khas Lebaran di Indonesia dari olahan daging yang tak boleh dilewatkan, yakni serundeng. Masakan ini memberikan kenikmatan dengan sentuhan ajaib dari rempah-rempah berbahan dasar kelapa yang disuwir tipis ditambah daging berserat yang gurih. Makanan ini cocok bagi kamu yang menginginkan makanan tanpa terlalu banyak kuah.

11. Bebek Gulai Kurma

Kuliner khas Aceh saat lebaran ini berisi potongan daging bebek dengan paduan bumbu rempah-rempah, santan, daun pandan, daun temurui, serta serai. Makanan ini amat mudah orang temui, terutama saat Idul Fitri. Bahkan, hampir semua keluarga menyajikan bebek gulai kurma sebagai menu andalan.

Kunci kelezatan hidangan ini ada pada rempah-rempahnya. Paduan cengkeh, kayu manis, biji pala, dan kapulaga membuat bebek gulai kurma punya cita rasa lezat dengan aroma amat kuat.

12. Ayam Bumbu Anam 

Dari daerah Palembang, terdapat masakan opor yang khas dan sedikit berbeda dari opor kebanyakan. Namanya ayam bumbu anam. Warna dan teksturnya sekilas memang mirip gulai. Itulah yang menjadikan opor asal Palembang ini begitu unik.

Ayam bumbu anam lebih berlemak dan mengguggah selera. Menu ini wajib ada sebagai hidangan yang akan orang Palembang santap bersama ketupat. Lezat deh!

13. Gulai Nangka 

Makanan khas lebaran berikutnya datang dari daerah Medan. Gulai nangka jadi andalan warga sana dengan tambahan daging iga sapi yang enak. Kelezatan hidangan ini akan makin terasa saat memakannya bersama ketupat.

Bumbu gulainya sendiri sama saja seperti masakan gulai kebanyakan. Hanya yang jadi pembeda adalah isian nangka yang lezat. Tidak banyak daerah menggunakan bahan nangka sebagai komposisi utama dari masakan gulai.

14. Soto Banjar

Setelah banyak mengenal makanan berlemak, waktunya melipir sebentar ke daerah Banjarmasin. Ada soto banjar yang menyegarkan dan jadi andalan untuk menu lebaran. Keunikan dari soto ini adalah adanya rempah-rempah berupa kayu manis, biji pala, dan cengkeh yang membuat soto ini kian lezat.

Beberapa warga Banjarmasin sengaja menambahkan kuah soto dengan sedikit susu agar kuahnya agak keruh. Meski begitu, soto banjar yang bening pun sudah enak kok. Cocok sekali sebagai hidangan gurih jika sedang bosan pada makanan bersantan.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

masakan lebaran idulfitri
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top