Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Dari Berselancar hingga Menunggang Kuda, Ini 12 Aktivitas Seru di Pulau Sumba

Berikut 12 alasan untuk mengunjungi Pulau Sumba yang menawarkan beragam pengalaman seru yang bisa diingat seumur hidup.
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 10 Januari 2022  |  17:56 WIB
Dari Berselancar hingga Menunggang Kuda, Ini 12 Aktivitas Seru di Pulau Sumba
Nihi Sumba Island di NTT. - tripadvisor
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Hampir semua orang akrab dengan tempat-tempat wisata seperti Bali dan Yogyakarta. Namun, Pulau Sumba, yang terletak di ujung timur rantai pulau permata Indonesia tidak terlalu sering dibicarakan.

Dikatakan sebagai "Bali" berikutnya dan bahkan rumah bagi Nihi Sumba, liburan di Sumba akan memberikan pengalaman tersendiri bagi Anda yang berkunjung ke sana.

Berikut 12 alasan untuk mengunjungi Pulau Sumba, dilansir dari Trips to Discover:

1. Pulau Fantasi yang Sempurna

Jika pernah ada fantasi pulau yang sempurna, Pulau Sumba adalah jawabannya. Tepat sebelum mencapai Nihi Sumba, Anda akan disambut dengan pemandangan menakjubkan dari pantai pasir putih bersih yang dikelilingi oleh ombak biru kehijauan. Pulau surga ini menawarkan sebuah misteri spektakuler yang menunggu untuk dijelajahi oleh para petualang yang mencari kemewahan.

2. Kemewahan di Tepian Alam Liar

Ini benar-benar mendefinisikan tagline-nya: “kemewahan di tepi hutan belantara.” Tidak seperti resor lain yang mungkin Anda alami, dari saat Anda dijemput di bandara dengan jip bergaya safari hingga perpisahan terakhir, Anda akan tahu bahwa ini adalah sesuatu yang istimewa.

3. Orang Sumba

Sumba Foundation adalah yayasan amal yang bekerja untuk membawa air minum ke penduduk desa, obat-obatan vital, kesehatan, pendidikan dan gizi bagi banyak orang Sumba. Ikuti tur dan Anda mungkin dapatkan pengalaman membantu menyajikan makan siang kepada para siswa di desa.

4. Berselancar

Salah satu tempat selancar paling konsisten di seluruh Asia dapat ditemukan di Pulau Sumba di lepas pantai Nihiwatu. “Occy's Left,” atau  disebut sebagai “orang kidal yang sempurna”. Faktanya, para peselancarlah yang pertama kali berkemah di sini, berkemah di pantai liar untuk memanfaatkan ombak, dan mereka terus menjadi salah satu pengunjung paling setia.

5. Festival Pasola

Setiap tahun salah satu festival paling terkenal di pulau ini berlangsung di Sumba Barat. Pada bulan Februari dirayakan di daerah Kodi dan Lamboya, sementara Wanokaka menyelenggarakan perayaan di bulan Maret. Acara ini menghadirkan tim besar penunggang kuda berhiaskan warna-warni yang terlibat dalam pertempuran tiruan, melemparkan tombak kayu ke lawan mereka, mirip dengan perang ritual lainnya yang pernah terjadi di Indonesia.

6. Menunggang kuda

Salah satu kegiatan utama lainnya di pulau itu dan di Nihi adalah menunggang kuda. Anda dapat menunggang kuda tanpa pelana ke ombak, pergi bersama pemandu untuk menunggang kuda saat matahari terbenam, memanfaatkan sesi meditasi kuda dan pelajaran berkuda. Ada berbagai pengalaman terkait kuda lainnya juga, dan seorang fotografer siap untuk mengabadikan semuanya.

7. Snorkeling

Indonesia terkenal dengan kesempatan menyelam dan snorkeling yang luar biasa, tak terkecuali Sumba. Bagian dari Segitiga Terumbu Karang, pulau ini memiliki 600 karang yang berbeda, lebih dari 3.000 spesies ikan karang, pari manta, hiu paus, duyung, dan enam dari tujuh spesies penyu laut dunia. Saat ombak mereda dan laut tenang, Anda dapat melompat dan menikmati dunia bawah laut yang menakjubkan dan kehidupan yang melimpah dengan air yang jernih dan hangat.

8. Adat dan Budaya Desa

Pengunjung Sumba Barat dapat merasakan budaya desa tradisional yang terpelihara dengan baik, dengan rumah-rumah tradisional yang berkerumun di puncak bukit yang mengelilingi makam batu leluhur yang luas. Rumah adat memiliki tiga tingkat yang masing-masing memiliki makna simbolis. Hewan-hewan itu tinggal di bagian bawah rumah yang disebut uma dalu, dan di atasnya adalah tempat tinggal manusia.

9. Air Terjun

Keindahan pulau yang mencolok mencakup banyak air terjun seperti Air Terjun Tanggedu yang dikenal sebagai Grand Canyon Sumba Timur sebagai tebing batu yang dramatis dan aliran airnya mirip dengan Grand Canyon Amerika. Bagian dari Taman Nasional Manupeu Tanah Daru, Matayangu atau Air Terjun Biru, adalah salah satu yang paling populer, membutuhkan sekitar 90 menit perjalanan yang agak menantang untuk diakses.

10. Mengamati burung

Ada lebih dari 200 spesies burung di Sumba, tujuh di antaranya endemik pulau ini dan banyak lainnya yang hanya dapat ditemukan di wilayah ini. Biasanya yang terlihat adalah burung sunbird dada aprikot, merpati hijau Sumba dan flycatcher Sumba. Jika Anda sangat beruntung, Anda mungkin bisa melihat burung enggang Sumba yang tampak unik atau bahkan burung hantu Sumba yang sulit ditangkap.

11.  Formasi Batu Unik

Batu Bolong di Pantai Bawana di Kodi berjarak sekitar 90 menit berkendara dari kota Tambolaka. Lubang raksasa diukir langsung dari dinding batu, ini memberikan latar belakang yang dramatis bagaikan sebuah film, tetapi itu sangat nyata, dengan pantai berpasir berkilauan, laut biru jernih dan tebing hijau subur yang mengelilingi lengkungan ikonik.

12.  Matahari Terbenam

Di penghujung hari, Anda dapat menantikan matahari terbenam yang indah dengan banyaknya titik pandang yang luar biasa. Bisa dinikmati bersama teman-teman dengan segelas Mojito segar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

traveling Sumba
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top