Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Tips Menghindari Jetlag, Agar Liburan Tetap Menyenangkan

Itulah mengapa mengalahkan jet lag itu penting dan lima tips ini akan membantu Anda mengatasi jet lag
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 30 Desember 2021  |  18:04 WIB
Jetlag
Jetlag

Bisnis.com, JAKARTA — Jika Anda telah terbang jarak jauh melalui zona waktu yang berbeda, kemungkinan besar Anda akan merasakan dampak jet lag. Jet lag dapat membuat Anda merasa lesu pada hari pertama atau kedua perjalanan internasional melintasi beberapa zona waktu.

Mengalahkan jet lag bisa jadi sulit ketika Anda terbang ke belahan dunia lain, tetapi itu bukan tidak mungkin. Menjaga rutinitas yang mendorong istirahat daripada stres plus menjaga pola makan sehat, adalah dua tindakan terbaik yang dapat Anda lakukan.

Ketika anda bepergian maka itu waktu liburan yang tidak akan pernah Anda dapatkan kembali, atau jika Anda sedang dalam perjalanan bisnis, inilah saatnya Anda menjadi yang terbaik. Itulah mengapa mengalahkan jet lag itu penting dan lima tips ini akan membantu Anda mengatasi jet lag dilansir dari Forbes:

1. Istirahat Sebelum Terbang

Selain memilih koper perjalanan terbaik agar sesuai dengan semua yang Anda butuhkan untuk perjalanan epik Anda, jangan abaikan bahan utama lainnya untuk perjalanan yang menyenangkan yaitu tidur.

Sebelum lepas landas, ketahui waktu untuk tujuan Anda. Ini akan membantu Anda mempersiapkan siklus tidur Anda dengan benar sebelumnya. Mendapatkan istirahat malam yang baik bisa menjadi hal terbaik untuk mengalahkan jet lag setidaknya enam jam.

2. Berkegiatan Aktif dan Carilah Sinar Matahari

Setelah Anda mulai bepergian, aktiflah di antara penerbangan dengan berjalan di terminal untuk sampai ke gerbang berikutnya, mencari sesuatu untuk dimakan, atau berbelanja di ruang tunggu.

Duduk di samping jendela luar yang menghadap ke lapangan terbang untuk menangkap sinar matahari. Tetap tidak bergerak selama singgah bisa sama melelahkannya dengan tidak mendapatkan istirahat malam yang baik sebelum Anda terbang.

3. Tetap Terhidrasi dan Makan Makanan Padat Nutrisi

Mempertahankan kebiasaan diet biasa Anda bisa sangat sulit saat terbang. Minum air putih sebagai pengganti kafein, alkohol, atau minuman manis Makan makanan padat nutrisi seperti buah segar, sayuran, dan protein daripada permen.

Anda masih dapat minum alkohol, kopi atau teh, atau minuman ringan, tetapi lakukan dalam jumlah sedang. Minuman ini sebenarnya bisa membuat tubuh Anda dehidrasi namun bisa membuat Anda gelisah.

Jika Anda memutuskan untuk minum kafein atau alkohol, lakukan di pagi atau sore hari. Mengkonsumsi minuman ini di sore atau malam hari dapat menyebabkan Anda kurang tidur dan menghapus keuntungan positif yang Anda buat sebelum lepas landas untuk menangkis jet lag.

4. Tidur Siang di Pesawat

Bagi kebanyakan orang, kualitas tidur di pesawat masih kurang dibandingkan dengan tempat tidur biasa. Itu mungkin cerita yang berbeda jika Anda terbang kelas satu atau kelas bisnis dengan kursi yang bisa direbahkan atau bahkan suite pribadi Anda sendiri.

Terlepas dari kelas mana Anda terbang, jangan takut untuk tidur siang. Bepergian masih bisa melelahkan tubuh terlepas dari seberapa baik Anda tidur tadi malam.

5. Kemas Obat Tidur

Ketika aktivitas fisik, menonton film yang tenang atau mendengarkan musik yang menenangkan, atau berjemur di bawah sinar matahari tidak berhasil, Anda selalu dapat minum obat tidur.

Tergantung pada preferensi pribadi Anda, ada obat alami dan resep yang tersedia. Setiap obat dapat mempengaruhi Anda secara berbeda sehingga menemukan yang terbaik pada awalnya dapat menjadi proses coba-coba.

Beberapa obat alami antara lain: melatonin, minyak lavender, dan piknogenol. Dokter keluarga Anda juga dapat meresepkan salah satu obat tidur berikut: ambien, Lunesta, sonata, dan halcion


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Liburan jetlag
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top