Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Liburan ke Skotlandia, Jangan Lupa Kunjungi 10 Tempat Terbaiknya Berikut Ini

Untuk membantu memutuskan destinasi perjalanan di sana, berikut 10 tempat terbaik untuk dikunjungi di Skotlandia
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 26 November 2021  |  16:34 WIB
Bendera Skotlandia berkibar di samping bendera Inggris - Reuters
Bendera Skotlandia berkibar di samping bendera Inggris - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA— Bagi yang menyukai liburan tak terlupakan lengkap dengan atraksi bersejarah dan pengalaman budaya, maka Skotlandia menjadi tempat sempurna untuk dituju.

Bagian dari daya tariknya adalah negara yang realtif kecil dan populasinya hanya sekitar lima juta orang ini memiliki banyak tempat fantastis dan menarik.

Untuk membantu memutuskan destinasi perjalanan di sana, berikut 10 tempat terbaik untuk dikunjungi di Skotlandia dilansir dari Planet Ware:

1. Edinburgh

Ibu kota negara ini adalah rumah bagi arsitektur yang terpelihara dengan baik dari sejumlah periode sejarah yang berbeda, termasuk abad pertengahan (Kastil Edinburgh dan Royal Mile), hingga area Kota Baru, yang sebagian besar dibangun di abad ke 18.

Edinburgh juga merupakan tujuan budaya yang penting, yang menjadi tuan rumah berbagai acara dan festival populer sepanjang tahun. Salah satu festival seni terbesar di dunia, Edinburgh Fringe Festival yang terkenal menarik banyak orang, seperti halnya Edinburgh International Book Festival dan Royal Edinburgh Military Tattoo, yang terakhir diadakan di halaman kastil.

Hal menyenangkan lainnya yang dapat dilakukan adalah mengunjungi Royal Yacht Britannia, yang pernah menjadi kapal pesiar pribadi Ratu dan sekarang menjadi museum menarik yang memungkinkan pengunjung untuk mengunjungi Apartemen Negara dan Kamar Tidur Kerajaan. Untuk suguhan khas Inggris, meja di Royal Deck Tea Room cocok untuk menambah pengalaman minum teh yang berbeda.

2. Glasgow

Terletak di Sungai Clyde di pantai barat Skotlandia, kota Glasgow adalah pusat budaya utama Eropa. Saat ini, banyak museum, galeri seni, dan festival yang luar biasa menarik wisatawan sepanjang tahun. Ini adalah kota yang bagus untuk dijelajahi dengan berjalan kaki berkat banyak taman yang indah dan jalan-jalan yang ramah pejalan kaki, terutama jika Anda juga mengunjungi katedral Glasgow dan Sekolah Seni Glasgow yang terkenal.

Setelah menjelajahi pusat kota, pergilah ke tepi laut dan Museum Riverside. Salah satu hal gratis terbaik yang dapat dilakukan di Glasgow. Fasilitas modern yang luar biasa ini berfokus pada sejarah transportasi di kota melalui koleksi besar mesin uap antik, trem, bus, gerbong, mobil, dan kapal laut. Bahkan ada reproduksi otentik toko dan rumah tahun 1930-an.

3. Dataran Tinggi Skotlandia

Dataran Tinggi Skotlandia yang megah ini membentang dari kota taman Inverness yang menarik di pantai timur negara yang berbatu sampai ke John O'Groats di utara. Daerah dengan keindahan alam yang luar biasa ini telah berfungsi sebagai latar belakang untuk film dan acara TV populer, termasuk serial Outlander yang sangat populer.

Tempat ini termasuk kota pesisir kuno Dornoch, tempat yang tepat untuk singgah di reruntuhan kastil dan katedral lamanya, dan Aviemore, yang populer sebagai tujuan ski di musim dingin. Dalam cuaca yang lebih hangat, wilayah ini populer untuk petualangan hiking dan bersepeda yang tersedia di Taman Nasional Cairngorms. Daerah berpenduduk jarang ini juga bagus untuk pengalaman luar ruangan lainnya, termasuk arung jeram, berjalan di ngarai, dan memancing.

4. St. Andrews

St Andrews terkenal sebagai salah satu tujuan golf top dunia. Ini juga merupakan salah satu lapangan paling dramatis, pemandangannya yang spektakuler termasuk bentangan garis pantai yang terjal dan Clubhouse tua yang menarik dari Royal and Ancient Golf Club. Didirikan pada tahun 1754, ini adalah klub golf tertua di dunia, dan popularitasnya sebagai kiblat membuat para pengunjung harus memesan setidaknya enam bulan sebelumnya.

5. Loch Ness

Diselimuti mitos dan legenda, Loch Ness Skotlandia yang indah tetap menjadi salah satu tempat teratas untuk dikunjungi di negara ini. Meskipun tidak ada bukti pasti bahwa Nessie, monster laut paling terkenal di dunia benar-benar ada, pandangan pertama dari air itu tidak menghentikan para turis untuk datang.

Dibangun pada tahun 1100-an, kastil ini sekarang berada di reruntuhan setelah dihancurkan oleh api sekitar 500 tahun yang lalu. Hal menyenangkan lainnya yang dapat dilakukan adalah menuju kapal pesiar di sepanjang danau dan Kanal Caledonian, yang menghubungkan pantai timur dan barat Skotlandia.

6. Inverness

Kota yang sangat menarik ini terletak di ujung timur danau paling terkenal di Skotlandia.  Mulailah penjelajahan Anda di halaman Kastil Inverness, setelah itu menuju Sungai Ness. Anda kemudian dapat mengikuti sungai ke selatan ke Kepulauan Ness. Terhubung ke pantai melalui jembatan penyeberangan, area taman yang menyenangkan ini adalah tempat yang sempurna untuk bersantai.

Ada banyak atraksi Inverness yang bagus untuk dinikmati di kedua sisi sungai. Di dekat pusat kota tua ada Museum dan Galeri Seni Inverness. Museum ini wajib dikunjungi karena pajangannya tidak hanya berkaitan dengan Inverness, tetapi juga seluruh wilayah Dataran Tinggi.

7. Aberdeen

Aberdeen adalah tempat yang menyenangkan untuk dijelajahi dengan berjalan kaki.  Sorotan dari tur jalan kaki tanpa pemandu adalah Katedral St. Machar. Dibangun pada tahun 1300-an, ini adalah salah satu contoh konstruksi arsitektur abad pertengahan yang paling terpelihara di Skotlandia.

Aberdeen juga biasa disebut “Bunga Skotlandia” karena banyaknya ruang hijau yang indah di kota ini, terutama Taman Musim Dingin David Welch di Taman Duthie. Di sini, Anda dapat menjelajahi salah satu taman dalam ruangan terbesar di seluruh Eropa.

8. Loch Lomond

Loch Lomond adalah tempat yang nyaman untuk dikunjungi di Skotlandia bagi mereka yang mencari pemandangan paling ikonik dan romantis di negara ini. Tempat ini merupakan perairan tawar terbesar di Inggris, pemandangannya yang indah membuat salah satu penulis terkemuka di negara itu, Walter Scott, menyebutnya sebagai “Ratu Danau Skotlandia.”

Sebagai tempat yang populer, Loch Lomond juga menarik bagi mereka yang mencari kegiatan luar ruangan yang menyenangkan. Terdapat Taman Nasional Trossachs yang merupakan jalur luas hutan belantara yang belum terjamah seluas 1.864 kilometer persegi dengan danau dan Ben Lomond di tengahnya.

9. Stirling

Kota bersejarah Stirling adalah salah satu tempat terbaik yang terletak hampir setengah jalan antara Glasgow dan Edinburgh. Puncaknya adalah Kastil Stirling yang terkenal karena pernah menjadi istana kerajaan (Mary Queen of Scots menghabiskan masa kecilnya di sini), serta perannya dalam perjuangan selama berabad-abad antara Skotlandia dan Inggris.

10.  Pulau Arran

Pulau Arran merupakan mikrokosmos dari segala sesuatu yang hebat tentang negara ini. Terletak tak jauh dari daratan Glasgow, pulau seluas 429 kilometer persegi ini sangat cocok untuk perjalanan liburan.

Anda akan melihat segalanya mulai dari dataran rendah hingga pegunungan tinggi yang menunggu untuk didaki, pantai berpasir yang membentang panjang, desa nelayan kuno, lapangan golf kecil, dan kastil bersejarah.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wisata skotlandia
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top