Klit/scotlandklit.com
Travel

Mengenal Kilt, Rok khas Skotlandia yang Biasa Dipakai Laki-laki

Intan Riskina Ichsan
Rabu, 17 November 2021 - 18:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Kilt adalah jenis rok selutut dengan lipatan di bagian belakang yang merupakan simbol Skotlandia paling dikenal.  Kilt sangat dibanggakan oleh orang Skotlandia modern.

Di masa lalu, ketika orang Skotlandia memiliki budaya dan gaya hidup yang sangat sederhana, para wanita akan tinggal di rumah dan mereka akan menenun "tweed". Yaitu kain yang sangat kasar, tetapi cukup tebal agar yang memakai tetap merasa hangat.

Dilansir dari VOV, setelah tahun 1745, terjadi pemberontakan di Skotlandia melawan raja Inggris yang berusaha mengusir Inggris dari Skotlandia, tetapi mereka gagal. Setelah itu, raja Inggris memperkenalkan peraturan tertentu tentang pakaian apa yang tidak boleh dikenakan karena ia berusaha sangat keras untuk mengurangi nasionalisme Skotlandia. Hingga akhirnya mengarah pada standarisasi apa yang biasanya dikenakan orang-orang terutama laki-laki.

Kilt sendiri benar-benar diperkenalkan pada abad ke-19 ketika Ratu Victoria dan keluarganya memperkenalkan pandangan tertentu tentang bagaimana rok formal harus dipakai. Berupa celana pendek yang terlihat seperti rok dan panjangnya hanya selutut.

Pemakai laki-laki akan selalu memakainya dengan kaus kaki panjang, sehingga kaus kaki akan sampai ke lutut. Tapi gaya baru benar-benar diadopsi dalam 150 tahun terakhir. Jadi itu bukan tradisi kuno, tapi itu tradisi modern.

Kilt memiliki sejumlah lingkaran tartan yang berbeda. Tartan adalah pola berbeda yang digunakan saat kilt dibuat. Ada lusinan tartan di Skotlandia berdasarkan klasifikasi keluarga. Keluarga terkemuka yang berbeda memiliki tartan mereka sendiri. Ada yang berwarna kehijauan, kemerahan, dan kebiruan.

Biasa dipakai untuk acara-acara khusus, terutama pada acara pernikahan di Skotlandia. Di sekitar jalan para laki-laki akan mengenakan sesuatu yang disebut "sporran". Sporran adalah tas kecil untuk menyimpan barang-barang.

Sementara untuk para perempuan sendiri menggunakan kilt yang panjang. Sama-sama memiliki lipatan di belakang dan cocok untuk dipakai menari.

Jika kamu mengunjungi Skotlandia, ada orang yang akan membuatkan kilt untukmu. Tentunya dapat disesuaikan dengan pakaian kesukaanmu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro