Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Makanan Jepang yang Ternyata Tidak Dimakan Orang Jepang

Berikut adalah beberapa makanan Jepang yang telah tercampur dengan kultur Amerikanisasi yang sebenarnya tidak dimakan oleh siapa pun, menurut koki dan pakar Jepang
Intan Riskina Ichsan
Intan Riskina Ichsan - Bisnis.com 23 November 2021  |  10:38 WIB
Ilustrasi sushi - wikipedia.org
Ilustrasi sushi - wikipedia.org

Bisnis.com, JAKARTA— Ketika berbicara makanan Jepang, maka kebanyakan orang akan berpikir sushi, ataupun sup miso. Faktanya makanan Jepang kini banyak dimodifikasi sesuai selera, contohnya Amerika yang mengubah hidangan tradisional Jepang agar lebih sesuai dengan gaya hidup Amerika.

Orang Jepang sendiri sebenarnya tidak mengkonsumsi sushi setiap hari. Sushi biasanya lebih cocok untuk perayaan atau pada acara khusus.

Berikut adalah beberapa makanan Jepang yang telah tercampur dengan kultur Amerikanisasi yang sebenarnya tidak dimakan oleh siapa pun, menurut koki dan pakar Jepang dilansir dari Eat this, Not That.

1. California Rolls

California Rolls tidak berasal dari Jepang. Awal mulanya adalah pada sebuah restoran Jepang di Little Tokyo, Los Angeles pada tahun 1960-an bernama Tokyo Kaikan. Koki di restoran itu mencari pengganti tuna pada gulungan sushi, akhirnya ia menggunakan alpukat dan kepiting yang sudah dimasak. Karena sebagian besar orang Amerika belum terbiasa dengan ikan mentah.

2. Teh Hijau Manis

Teh hijau atau matcha, adalah bahan trendi yang orang Amerika akan tambahkan ke hidangan apa saja karena khasiat kesehatan dan rasanya yang mengesankan. Namun orang Jepang tidak menyukai teh hijau yang manis, mereka tidak menambahkan tambahan gula karena lebih menyukai teh yang pahit.

3. Saus Teriyaki

Bahan lain yang mengandung gula yang tidak pernah ditemukan di dapur Jepang adalah saus teriyaki. Saus cokelat kental ini sering menjadi topping di atas ayam, steak, sayuran, dan apa pun yang bisa dipikirkan orang Amerika, tetapi di Jepang, saus ini tidak digunakan. Saus itu dirasa terlalu manis. Teriyaki sendiri adalah istilah yang digunakan untuk proses memanggang ayam atau babi, dan sangat jarang menggunakan saus.

4. Restoran Hibachi

Di Amerika, restoran hibachi sudah menjadi makanan pokok di sebagian besar komunitas. Pengunjung duduk di sekitar wajan datar dengan orang lain yang tidak mereka kenal, sementara seorang koki menyiapkan hidangan steak, udang, ayam, sayuran, nasi goreng, mie, dan makanan favorit Amerika lainnya.

Namun di Jepang, panggangan ala hibachi digunakan untuk membuat okonomiyaki dan monjayaki, yaitu hidangan panekuk gurih yang terbuat dari adonan tepung terigu. Kedua hidangan tersebut memiliki topping dan bahan lain yang dicampur seperti kubis dan kecambah untuk membuat makanan lebih mengenyangkan.

5. Sushi Ikan Pedas

Di Jepang, masakan dibuat dengan sedikit bumbu. Jadi sushi gulung apa pun yang memiliki bahan seperti tuna pedas atau kepiting pedas tidak disajikan. Sebaliknya, orang Jepang lebih suka makan sushi hanya dengan beberapa bahan seperti rumput laut, ikan mentah, dan nasi cuka.

6. Saus Sushi dan Bahan Tambahan

Sushi Amerika sering disajikan dengan banyak bahan tambahan seperti mayo pedas dan saus belut. Di Jepang, saus adalah bahan sembrono yang tidak ditambahkan ke sushi. Topping ekstra seperti alpukat, mangga, crunchy bits, dan tobiko juga tidak pernah ditambahkan di Jepang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliner makanan jepang
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top