Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Lho Cara Mudah Bikin Sushi Home Made

Melalui resep ini, sushi yang dibuat tidak rumit karena ditujukan untuk Anda yang masih pemula dalam membuat sushi rolls. Dengan sedikit latihan maka Anda akan lebih lihai membuat sushi nantinya.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 30 Juni 2020  |  18:26 WIB
Ilustrasi sushi - wikipedia.org
Ilustrasi sushi - wikipedia.org

Bisnis.com, JAKARTA – Apakah Anda pecinta makanan Jepang yaitu sushi? Nah, ini sudah saatnya Anda membuat sendiri sushi racikan Anda dengan cara yang mudah.

Dilansir dari laman allrecipe.com pada Selasa (30/4/2020), membuat sushi di rumah ternyata sangat mudah. Melalui resep ini, sushi yang dibuat tidak rumit karena ditujukan untuk Anda yang masih pemula dalam membuat sushi rolls. Dengan sedikit latihan maka Anda akan lebih lihai membuat sushi nantinya.

Resep ini akan fokus untuk membuat California Rolls dengan beras untuk sushi, rumput laut, daging kepiting, alpukat, dan timun. Jika Anda suka yang creamy, Anda bisa campurkan daging kepiting dengan mayonnaise.

Sesuai dengan sejumlah bahan dasar Anda juga bisa menambahkan wortel dan udang. Nah, sedikit catatan, Anda perlu persiapan khusus untuk membuat isia nasi untuk sushi. Nasi tersebut harus punya cita rasa khusus dengan campuran asam cuka, gula, dan garam. Biasanya ada nasi khusus untuk sushi di Jepang dengan nama Japonica. Dengan sushi rumahan, Anda tetap bisa membuat sushi dari nasi dengan rasa yang gurih, tetap lengket namun tidak terlalu lembek.

Peralatan yang dibutuhkan:

• Makisu atau gulungan bambu untuk membuat rol

• Plastik

• Pisau

Cara membuat Sushi Roll:

Dalam membuat gulungan sushi, proses itu biasa disebut dengan maki sushi. Ada dua cara untuk menggulung sushi. Pertama, nasi yang sudah dimasak itu diletakkan di atas kertas rumput laut, lalu dilipat menggulung agar menempel. Anda juga bisa buat dengan cara sebaliknya dimana bagiann dalam gulungan adalah rumput laut yang di bagian luar adalah nasi.

1. Letakkan rumput laut diatas makisu yang sudah dilapisi plastik. Tempelkan dengan rapi kertas rumput laut tersebut.

2. Masukkan nasi ke atas rumput laut atau nori, pastikan nasi jangan terlalu banyak. Biasanya hanya butuh sekitar 1 cangkir kecil nasi saja untuk ditempelkan merata di atas nori.

3. Gunakan jari-jemari Anda menekan nasi di atas nori sampai benar-benar menempel

4. Masukkan sejumlah bahan protein yang telah masak seperti kepiting, irisan kecil alpukat, wortel di bagian tengah nasi. Pastikan semua bahan tertata dengan rapi di sisi tengah, dan condong ke sisi yang akan digulung pertama kali.

5. Sebelum digulung, tekan lagi bahan di atas nasi sampai menempel. Langkah ini penting untuk menjamin adonan sushi tidak hancur dan berantakan saat digulung

6. Selanjutnya, gulunglah nori dengan makisu dari satu sisi ke sisi lainnya. Oleskan dengan air dingin untuk merapatkan antar kulit nori. Pastikan Anda tidak menggunakan air berlebihan dan tidak menggulung adonan sushi terlalu cepat dan keras. Jika masih belum bagus, Anda tidak perlu berkecil hati dan jadikan momen berlatih menggulung sushi.

7. Jika adonan tergulung baik, potonglah gulungan sushi itu menjadi 6 bagian. Untuk menjamin potongan antar sushi tidak berantakan setiap kali usai memotong sebaiknya Anda membersihkan pisau Anda

8. Sushi yang sudah terpotong siap ditata di atas piring Anda. Selamat menikmati sushi California Rolls ini dengan wasabi, jahe, dan bubuk sambal untuk menambah rasa gurih dalam sushi tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sushi tei Resep masakan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top