Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Patuhi Prokes Selama Pandemi, 3 Restoran Ini Raih Penghargaan Kemenkes

Penghargaan diberikan karena tempat tersebut dinilai secara ketat menerapkan aturan dan berhasil  melakukan inovasi dalam menjalankan protokol kesehatan yang ditetapkan Kementerian Kesehatan. 
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 17 November 2021  |  19:54 WIB
Penghargaan Swasti Saba yang diberikan setiap 2 (dua) tahun sekali oleh Kemendagri dan Kemenkes, kepada kota/kabupaten yang berhasil menyelenggarakan program tatanan yang ada dalam program Kabupaten - Kota Sehat (KKS).
Penghargaan Swasti Saba yang diberikan setiap 2 (dua) tahun sekali oleh Kemendagri dan Kemenkes, kepada kota/kabupaten yang berhasil menyelenggarakan program tatanan yang ada dalam program Kabupaten - Kota Sehat (KKS).

Bisnis.com, JAKARTA - Tiga restoran tercatat meraih penghargaan terbaik untuk kategori Restoran di Hotel dalam menerapkan protokol kesehatan.

Ketiga restoran itu yakni Restoran di Four Season, Swiss-Belhotel Jambi di urutan kedua dan Four Points by Sheraton kota Balikpapan Kalimantan Timur. 

Penghargaan ini merupakan bagian dari penghargaan Swasti Saba yang diberikan setiap 2 (dua) tahun sekali oleh Kemendagri dan Kemenkes, kepada kota/kabupaten yang berhasil menyelenggarakan program tatanan yang ada dalam program Kabupaten/Kota Sehat (KKS). 

Penghargaan diberikan karena tempat tersebut dinilai secara ketat menerapkan aturan dan berhasil  melakukan inovasi dalam menjalankan protokol kesehatan yang ditetapkan Kementerian Kesehatan. 

Sementara itu, PT Aerofood ACS Indonesia terpilih sebagai Tempat Pengelolaan Pangan (TPP) terbaik.

Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Kesehatan Lingkungan menyelenggarakan acara Penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat (KKS)  dan Penghargaan Penerapan Protokol Kesehatan Bagi Tempat Pengelolaan Pangan (TPP).  Penghargaan ini dilakukan untuk mendorong kembali perekonomian  Indonesia agar segera pulih.

Dalam masa normal baru, untuk menggulirkan perekonomian, pemerintah kemudian mengeluarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomer 382 Tahun 2020 yang mengatur tentang protokol kesehatan di tempat dan fasilitas umum.  

Salah satu yang diatur oleh protokol kesehatan secara ketat adalah di tempat pengelolaan pangan di berbagai bidang pelayanan seperti pesawat, rumah sakit, perkantoran, lapas, dan lain-lain. Selain itu masih ada restoran baik di hotel maupun tempat umum lainnya serta sentra pangan jajanan dan kantin sekolah. 

Program TPP diadakan agar tempat-tempat usaha pangan itu  bisa menjadi pembelajaran bagi pelaku usaha lain. Program yang digulirkan sejak dua tahun lalu ini diikuti oleh 135 Tempat Pengolahan Pangan dari 10 Provinsi di Indonesia. Proses penilaian dilakukan bertahap mulai dari sosialisasi, bedah dokumen, verifikasi lapangan untuk membuktikan bahwa prokes sudah dilakukan serta melihat inovasi prokes yang sudah dikembangkan masing-masing tempat pengolahan pangan tersebut. 

Kartini Rustandi Plt Dirjen Kesehatan Masyarakat pada Kementerian Kesehatan mengatakan, tempat pengolahan pangan merupakan pintu masuk yang sangat penting bagi pencegahan penyebaran Covid-19. 

Oleh karena itu, pengolahan pangan perlu diperketat pengawasannya dalam rangka menjalankan prokes sejak hulu hingga ke hilir atau sejak dari dapur hingga siap di tangan konsumen. 

“Diperlukan upaya kerja bersama di dalam unit tempat pengolahan pangan agar prokes bisa benar-benar dijalankan,” kata Kartini dalam keterangannya.

Penghargaan TPP terbagi menjadi bermacam kategori. Selain restoran di hotel, penghargaan juga diberikan kepada TPP jasa boga golonga A, B, dan C serta golongan Rumah Makan.

Desiree Merlina,  Director of Public Relations and Marketing Communications  Four Seasons Hotel Jakarta, mengatakan, Four Seasons merasa terhormat karena memiliki visi yang sama untuk mengedepankan keamanan kesehatan karyawan serta tamu hotel.

“Berbagai standar keamanan kesehatan ditetapkan dengan tujuan mendukung pariwisata Indonesia,” kata Desiree.

Sementara itu PT Aerofood ACS menyabet seluruh posisi penghargaan TPP untuk kategori jasa boga golongan C. Aerofood adalah jasa katering yang melayani penerbangan di Indonesia.  Posisi pertama penerima penghargaan diterima oleh Aerofood ACS unit Cengkareng, posisi kedua Aerofood ACS unit Denpasar dan posisi ketiga adalah Aerofood ACS unit Lombok. 

Standar protokol kesehatan pengelolaan pangan di rumah sakit juga menjadi salah satu yang dinilai para juri.  Instalasi Gizi RSUI Harapan Anda Kota Tegal, Provinsi Jawa Tengah, berhasil meraih posisi pertama untuk Tempat Pengelolaan Pangan di rumah sakit.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

restoran kemenkes
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top