Menparekraf Sandiaga Uno. /Kemenparekraf
Travel

Ini Tiga Langkah Sandiaga Uno Pulihkan Industri Pariwisata Indonesia

Janlika Putri Indah Sari
Selasa, 29 Juni 2021 - 17:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan Indonesia telah menyiapkan langkah-langkah pemulihan pariwisata akibat Covid-19.

Ada tiga langkah yang kini telah ditetapkan untuk mengikuti arahan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia terkait pariwisata dan ekonomi kreatif tahun 2021.

"Ketiga langkah kami untuk pulih pariwisata Indonesia adalah inovasi, adaptasi dan kolaborasi," ujarnya secara virtual pada acara bertajuk Menata Wisata Daerah menuju Pemulihan di Youtube Core Indonesia, Selasa (29/6/2021).

Sandiaga menyebutkan, ketiga langkah tersebut sesuai dengan amanat dari Presiden untuk akselerasi pembangunan infrastruktur di 5 destinasi pariwisata super prioritas.

Ia juga mengatakan pihaknya telah menyiapkan calendar of event di setiap destinasi terutama di 5 destinasi super prioritas.

"Dan tidak lupa kami mengajak untuk menerapkan implementasi aspek K4 pada setiap destinasi pariwisata sehingga wisatawan merasa aman dan nyaman," tambahnya.

Sandiaga menjelaskan, K4 adalah kebersihan, keselamatan, kesehatan, dan kelestarian lingkungan. Saat ini lebih program tersebut lebih dikenal dengan cleanliness, health, safety, and environment sustainability (CHSE).

Kemudian pemerintah akan dorong desa wisata melakukan inovasi dalam mengembangkan target atau segmen wisatawan. Dengan begitu desa wisata akan menawarkan paket wisata, produk, atraksi dan aktivitas yang lebih menarik minat wisatawan di era modern.

Lalu, desa wisata akan melakukan adaptasi implementasi CHSE untuk produk, usaha, dan destinasi pariwisata.
Dan tentunya, mewajibkan untuk vaksinasi bagi seluruh sektor pariwisata.

Alasan mendorong desa wisata sendiri karena desa di nilai sebagai lokomotif perekonomian Indonesia.

"Kami juga akan menggenjot desa wisata untuk memanfaatan teknologi digital dengan baik. Dengan begitu, desa wisata dapat mudah bekerjasama dengan semua pihak untuk memulihkan sektor pariwisata dan industri kreatifnya secara digital. Dan tentunya membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya," tutup Sandiaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro