Berkano di Danau Batur bisa menjadi alternatif kegiatan wisata ketika berlibur di Bali./Bisnis-Tim Jelajah Jawa-Bali 2019
Travel

10 Rekomendasi Olahraga Air yang Patut Anda Coba

Ni Luh Anggela
Selasa, 22 Juni 2021 - 10:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Anda ingin berolahraga tapi merasa bosan dengan olahraga yang itu-itu saja? Atau mungkin Anda sedang berencana untuk pergi berlibur di daerah pantai atau danau namun bingung dengan aktivitas yang seru untuk dilakukan ketika berada di sana? Anda mungkin perlu untuk mencoba olahraga air.

Berenang, snorkeling, berselancar, serta olahraga air lain memiliki manfaat yang baik bagi tubuh Anda. Olahraga air diketahui dapat mengurangi risiko penyakit serius seperti penyakit jantung dan diabetes, serta menawarkan peningkatan kesehatan mental. Bahkan, olahraga air sering dimanfaatkan untuk membantu mereka yang sedang dalam rehabilitasi usai menjalani operasi penggantian sendi.

Melansir Women’s Health, Selasa (22/6/2021), salah satu olahraga berikut mungkin cocok dengan suasana dan gaya hidup Anda.

1. Selancar Angin

Tingkat kesulitan: Sedang

Selancar angin adalah salah satu olahraga yang dapat Anda coba. Jika Anda seorang pemula, Anda bisa bergabung dengan mengikuti kelas di sekolah selancar angin atau berlayar. Jika Anda berada di Bali, Anda bisa menemukan beragam kelas di sana seperti UP2U Surf School Bali, Bali Outdoor Adventures, Dani Surf Lessons atau Nengah Private Surf Guiding untuk mencoba selancar angin.

2. Berselancar

Tingkat kesulitan: Sedang

Belum pernah berselancar sebelumnya? Sebagian besar komunitas pantai memiliki sekolah selancar yang menawarkan pelajaran untuk semua tingkatan.  Jika tidak, temukan teman yang bersedia mengajari Anda untuk berselancar.
 
“Ini seperti memiliki teman olahraga untuk mendukung dan memotivasi Anda, yang juga dapat membantu Anda jika Anda mendapat masalah,” jelas mantan peselancar profesional, Jessi Miley-Dyer.
 
3. Berperahu

Tingkat kesulitan: Pemula

Jangan khawatir jika Anda tidak memiliki perahu. Anda dapat menemukan semua jenis persewaan di hampir semua komunitas di dekat perairan dan jika Anda tidak ingin menghadapi ombak, Anda dapat memilih danau atau teluk. Anda bisa menemukan berbagai informasi di internet dan mempelajari lebih lanjut tentang berperahu, persewaan hingga praktik keselamatan.
 
4. Wakeboarding

Tingkat kesulitan: Sedang

Selain papan, wakeboarding membutuhkan perahu dan tali, jadi pastikan Anda memiliki beberapa teman atau instruktur yang siap sedia jika Anda ingin mencobanya. Anda bisa mencoba wakeboarding di Benoa Bali atau Batam. Setelah Anda menguasai langkah pertama yang sulit, semuanya akan jauh lebih mudah.

5. Snorkeling

Tingkat kesulitan: Pemula

Snorkeling benar-benar cara terbaik untuk melihat sekilas kehidupan dibawah air tanpa mengganggu ekosistem. Jika Anda kebetulan menginap di sebuah resor, cobalah untuk menanyakan apakah mereka menyediakan perlengkapan gratis untuk tamu. Jika tidak, Anda dapat menyewa peralatan snorkeling di sebagian besar toko olahraga air. Beberapa spot snorkeling terbaik yang wajib Anda kunjungi seperti Gili Labak di Jawa Timur, Pulau Moyo di NTB, Pulau Abang di Batam, Pulau Penjalin di Riau, Pantai Ora di Maluku Tengah, Pulau Dodola di Halmahera Utara, Pulau Rubiah di Sabang, Gili Nanggu di Lombok Barat, Danau Labuan Cermin di Kalimantan Timur hingga Pulau Kri di Raja Ampat.
 
6. Scuba Diving

Tingkat kesulitan: Semua Level
 
Scuba diving cocok untuk semua level karena siapa saja yang ingin mencoba harus mengikuti pelatihan terlebih dahulu. Selama pelatihan, Anda akan diajari semua tentang peralatan dan teknik pernapasan yang diperlukan untuk menjelajahi kedalaman laut.
 
7. Arung Jeram

Tingkat kesulitan: Semua Level

Jika Anda ingin memacu adrenalin, arung jeram adalah pilihan yang tepat. Anda tidak hanya menjelajahi alam dari sudut pandang sungai yang deras, tetapi Anda juga akan ditemani pemandu untuk menjaga Anda tetap aman. Ditambah lagi, ini adalah aktivitas yang bagus untuk keluarga atau kelompok. Anda bisa mencoba melakukan arung jeram di Sungai Alas di Aceh Selatan, Sungai Citarik di jawa Barat, Sungai Manna di Sumatera Selatan, atau Sungai Manau di Jambi.
 
8. Aerobik Air

Tingkat kesulitan: Pemula
 
Bagi mereka yang ingin mengintegrasikan kolam ke dalam latihan mereka, aerobik air adalah cara yang bagus untuk melakukannya. Banyak kelas yang ditawarkan di beberapa kolam renang local dan merupakan pilihan yang baik untuk Anda yang ingin mengatasi cedera. Beberapa tempat bahkan menawarkan yoga terapung, aqua spin hingga aqua zumba.

9. Berkano

Tingkat kesulitan: Pemula

Jika Anda ingin menyusuri badan air selama beberapa jam, berkano merupakan pilihan yang tepat. Berkano juga menjadi pilihan yang tepat jika Anda ingin mengencangkan lengan dan membentuk otot lengan Anda.

10. Polo Air

Kesulitan: Sedang

Jika Anda menyukai air dan menemukan bahwa Anda paling menikmati latihan ketika ada unsur kompetisi di dalamnya, polo air adalah pilihan yang menyenangkan. Banyak pusat rekreasi menawarkan tim intramural, yang merupakan pilihan yang bagus bagi Anda yang ingin berteman sambil melatih seluruh tubuh Anda.

Rekomendasi olahraga air di atas sangat menarik untuk Anda coba. Namun jangan lupa untuk melakukan peregangan atau pemanasan terlebih dahulu sebelum olahraga air sehingga mengurangi risiko kram dan cedera otot.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro