MSC Magnifica akan berlayar di Laut Merah dari Jeddah dalam beberapa perjalanan tujuh hari dari 13 November hingga 26 Maret. /MSC Rights-Arabnews
Travel

CDC Ubah Tingkat Peringatan Perjalanan untuk Kapal Pesiar

Ni Luh Anggela
Jumat, 18 Juni 2021 - 11:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) baru saja secara resmi mengubah tingkat peringatan perjalanan untuk berlayar.

Badan tersebut telah menurunkan peringkat peringatan dari Level 4, "sangat tinggi," yang berarti tidak aman bagi siapa pun untuk naik kapal pesiar selama pandemi, ke Level 3, "tinggi," yang merekomendasikan bahwa hanya mereka yang tidak divaksinasi sepenuhnya yang harus menghindari perjalanan.

“Penumpang kapal pesiar yang tidak divaksinasi sepenuhnya lebih mungkin terkena Covid-19, yang menyebar dari orang ke orang, dan wabah Covid-19 telah dilaporkan di kapal pesiar,” bunyi peringatan baru tersebut seperti dilansir dari Forbes, Jumat (18/6/2021).

Penumpang kapal pesiar yang tidak sepenuhnya divaksinasi terhadap Covid-19 berada pada peningkatan risiko, karena virus menyebar dari orang ke orang, dan wabah Covid-19 telah dilaporkan di kapal pesiar karena pengaturan (kelompok) mereka yang berkumpul di mana Covid- 19 menyebar dengan mudah.

Karena virus menyebar lebih mudah di antara orang-orang dalam jarak dekat di atas kapal, kemungkinan tertular Covid-19 di kapal pesiar tinggi,” menurut CDC. “Sangat penting bahwa orang yang tidak sepenuhnya divaksinasi dengan peningkatan risiko penyakit parah menghindari perjalanan dengan kapal pesiar, termasuk kapal pesiar sungai.”

Kapal pesiar dapat mulai berlayar musim panas ini dari pelabuhan AS, tetapi 98 persen awak kapal dan 95 persen penumpang di setiap kapal harus divaksinasi sepenuhnya menurut panduan dari CDC.

Mayoritas penggemar kapal pesiar lebih suka berlayar di kapal yang awak dan penumpangnya divaksinasi. Dalam jajak pendapat pembaca oleh situs ulasan kapal pesiar  milik Tripadvisor,  Cruise Critic , lebih dari 80 persen responden mengatakan mereka ingin sesama penumpang dan awak divaksinasi saat mereka kembali berlayar.

Ketika jalur pelayaran utama bersiap untuk diluncurkan kembali dari pelabuhan AS musim panas ini, mereka tidak selalu menjelaskan kepada penumpang yang tidak divaksinasi bahwa pengalaman pelayaran mereka akan berbeda dengan rekan pelayaran mereka yang divaksinasi.

Panduan CDC terbaru memperjelas bahwa ada rekomendasi berbeda untuk penumpang yang tidak divaksinasi. “Jauhi setidaknya 6 kaki atau 2 meter (sekitar 2 panjang lengan) dari siapa pun yang tidak bepergian dengan Anda. Sangat penting untuk melakukan ini di mana-mana — baik di dalam maupun di luar ruangan — jika Anda tidak sepenuhnya divaksinasi,” kata halaman web CDC tentang kapal pesiar.

“Pakai masker untuk menutup hidung dan mulut saat berada di ruang bersama. Masker diperlukan (bahkan untuk orang yang divaksinasi penuh) di pesawat, kapal pesiar, dan bentuk transportasi umum lainnya yang bepergian ke, di dalam, atau keluar Amerika Serikat dan di pusat transportasi AS seperti bandara, pelabuhan laut,serta stasiun kereta api dan kereta bawah tanah. Jika transportasi  memiliki area luar ruangan, mengenakan masker tidak diperlukan saat berada di luar ruangan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro