Solo traveling. Secara tradisional, perjalanan solo akan membutuhkan biaya yang dijuluki sebagai suplemen tunggal. /Bloomberg
Travel

Solo Traveler Wajib Perhatikan 4 Hal Sebelum Berpetualang

Janlika Putri Indah Sari
Selasa, 23 Maret 2021 - 18:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perjalanan adalah tentang menjelajahi jati diri seseorang seperti halnya menemukan tempat-tempat baru. Setelah hampir setahun dikarantina, kita semua mendambakan dan pantas berpetualang. Lalu apakah Anda punya rencana untuk menjelajah seorang diri?

Melansir dari HarpersBazzar.com, perjalanan solo atau solo traveling menjadi ritual liburan yang cocok dilakuan saat pandemi seperti ini.

Hampir setiap tujuan dapat disesuaikan untuk solo traveling. Namun harus ada panduan referensi saat menyusun rencana perjalanan.

Berikut aspek yang harus diperhatikan agar perjalanan solo traveling jadi sempurna:

1.Perjalanan Darat Sendiri

Memang, sebagian besar peringatan untuk traveling dilakukan apabila pandemi sudah berakhir. Namun jika Anda merasa dinding telah menutup diri Anda, inilah saatnya untuk memainkan kartu perjalanan.

Mungkin Anda sudah pernah pergi ke jalan raya musim panas sebelumnya ketika peluang perjalanan internasional dibatasi. Akan tetapi berkendara sendiri adalah perjalanan yang sama sekali berbeda.

Pertama, Anda dapat memutar lagu favorit Anda. Tidak perlu mengikuti lagu kesukaan orang lain. Anda dapat bernyanyi dengan tenang di dalam mobil.

Kedua, Anda bisa membuat daftar tempat-tempat menarik dengan cara yang berbeda. Terbebas kendaraan tersebut adalah sewaan atau pribadi, perjalanan ini murni mengikuti keinginan diri sendiri karena Anda akan menjadi satu-satunya yang memegang kemudi.

Beberapa perjalanan darat yang sedang tren pada 2021 dari Amerika akan selalu jatuh pada Pacific Coast Highway, California.

Saat perjalanan akan melihat perpaduan pegunungan dan gurun melalui Colorado dan Utah. Kemudian pantai Atlantik Florida dari St. Augustine yang bersejarah sampai ke bagian tropis. Selain itu dapat pula tur ke kota-kota kecil di New England sampai ke Taman Nasional Acadia di Maine dengan pemandangan alam liar dan romantis mengikuti perubahan musim.

2. Gabung dengan Grup Perjalanan

Bagi yang baru pertama kali melakukan solo traveling tak ada salahnya mempertimbangkan mendaftar grup tur perjalanan. Hal tersebut sebagai cara yang nyaman untuk melihat tempat baru dan memetakan jalur sendiri, tanpa sendirian.

Sebagian besar perusahaan yang berspesialisasi dalam perjalanan grup akan memberikan pilihan petualangan Anda sendiri ke dalam rencana perjalanan mereka. Jadi Anda tidak akan pernah melewatkan aktivitas yang sangat penting bagi Anda.

Seperti halnya diberikan waktu ekstra di museum, berbelanja, sesi spa, atau bahkan menikmati makanan dan berjemur sendirian.

Pengalaman perjalanan bersama grup wisata namun tetap sendiri ini mengatasi sebagian besar masalah keamanan, sekaligus memungkinkan mengatur waktu. Umumnya, tur grup terdiri dari dua jenis yaitu berfokus pada tujuan tertentu, atau melayani minat pada tema khusus.

Keuntungan lain dari perjalanan grup adalah tersedianya fasilitas yang layak jika Anda ingin bergerak ke suatu daerah lain, mereka menjemput dan menyiapkan keperuluan saat berpindah hotel setiap beberapa hari.

3. Mempelajari Keterampilan Baru

Prospek mengejar sesuatu yang baru seperti hobi, kerajinan, atau keterampilan menjadi kemungkinan yang jelas di butuhkan selama tinggal di rumah saat pandemi. Pada masa itu krisis mengalihkan perhatian untuk bertahan hidup alih-alih berkembang.

Perjalanan solo adalah kesempatan sempurna untuk meningkatkan keterampilan Anda di dapur, mendapatkan sertifikasi sebagai praktisi kesehatan, atau menjadi komunikatif dalam bahasa baru.

Lupakan aplikasi yang meminta Anda mempelajari kosakata baru setiap hari. Satu-satunya cara nyata untuk memahami bahasa asing adalah dengan menjalaninya.

Ada banyak sekali liburan belajar bahasa yang dilakukan hanya satu pekan.

Perjalanan ini menggabungkan belajar dengan jalan-jalan. Selain itu menambah jaringan teman-teman baru di dalam kelas yang dapat digunakan untuk menjelajah.

Perusahaan seperti CESA dan Cactus memiliki program di seluruh dunia, dan beberapa hotel, seperti Casa de Campo di Republik Dominika, menawarkan program bahasa di tempat bagi mereka yang tertarik dengan sisi konjugasi kata kerja antara tugas di kolam renang.

Ubud di Bali, selama berabad-abad, telah menjadi pusat penyembuhan. Dalam beberapa tahun terakhir, desa hutan telah menjadi mercusuar bagi pengunjung internasional yang tidak hanya ingin meningkatkan pemahaman mereka tentang yoga dan aspek kesehatan lainnya, tetapi juga untuk menjadi praktisi.

4. Paket Singlemoon

Bila berdua, istilah tersebut merujuk pada honeymoon, namun saat sendiri muncul istilah singlemoon. Pada paruh kedua 2020, maskapai penerbangan mulai menawarkan layanan internasional untuk ke sebagian besar pulau Karibia. Kemudian pengusaha hotel Karolin Troubetzkoy mulai berfantasi untuk kembali ke propertinya pada Gunung Jade di Saint Lucia.

Uniknya bukan sebagai pemilik, tetapi sebagai tamu. Bahkan dia berencana tidak meninggalkan halaman, menghabiskan hari-harinya dengan berjemur di kolam renang tanpa batas. Kemudian makan hasil bumi terbaru yang diambil dari kebun dan ladang di tempat tersebut. Dan saat itulah ide singlemoon lahir, Troubetzkoy menjelaskan, sebuah paket yang memungkinkan pelancong tunggal untuk merayakan diri mereka sendiri.

Troubetzkoy telah lama menjadi trendsetter di Karibia. Jade Mountain adalah resor bersertifikat LEED pertama di kawasan itu dan hotel-hotel lain telah mengikuti, menyesuaikan paket liburan untuk individu daripada pasangan atau kelompok. Singlemoon ini untuk solo traveler dan membuka tujuan yang sebelumnya dianggap hanya untuk perjalanan petualangan atau liburan romantis.

Secara tradisional, perjalanan solo akan membutuhkan biaya yang dijuluki sebagai suplemen tunggal. Oleh karena itu sangat penting mengumpulkan potongan harga untuk solois, kemudian mempersenjatai keterampilan perencanaan bulan madu diri sendiri. Hal tersebut untuk mewujudkan memanjakan diri Anda sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro