Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pandemi, Pemesanan Hotel dan Tiket Pesawat di Tiket.com Naik 8 Kali Lipat

Menurut Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com Gaery Undarsa, terjadi peningkatan transaksi pembelian tiket penerbangan dan pemesanan kamar hotel di sejumlah kota di Indonesia, khususnya yang selama ini menjadi tujuan utama wisatawan domestik.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 22 Desember 2020  |  19:04 WIB
Ilustrasi hotel
Ilustrasi hotel

Bisnis.com, JAKARTA – Platform penyedia tiket perjalanan dan akomodasi daring (online travel agent/OTA) tiket.com menyebut volume transaksi di bulan November 2020 untuk pemesanan hotel dan tiket penerbangan mengalami peningkatan hingga delapan kali lipat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya di tahun yang sama.

Menurut Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com Gaery Undarsa, terjadi peningkatan transaksi pembelian tiket penerbangan dan pemesanan kamar hotel di sejumlah kota di Indonesia, khususnya yang selama ini menjadi tujuan utama wisatawan domestik. Peningkatan tersebut juga didukung oleh program pesta diskon akbar tahunan ‘Online Tiket Week (OTW) LOKAL.

Sebagai catatan, OTW Lokal hadir selama delapan hari penuh dari 23-30 November 2020. Konsumen dapat memburu harga spesial tambahan dari harga diskon promo OTW LOKAL mencapai 50 persen + 20 persen untuk penerbangan, akomodasi, dan wisata atau wahana aktivitas yang terdapat di fitur Tiket To Do.

Sebesar 77 persen dari keseluruhan transaksi OTW LOKAL dibeli oleh pelanggan untuk berlibur pada awal Desember, kemudian sebesar 19% memilih berlibur tahun baru hingga pertengahan Januari 2021, dan sisanya memutuskan melakukan perjalanan setelah Januari 2021.

“Rangkaian prestasi yang diukir pada kuartal IV-2020, yaitu per November 2020, tingkat pemulihan okupansi sektor perhotelan meningkat 67 persen dan transaksi harian pemesanan tiket pesawat pun terbang setinggi 56 persen dibandingkan dengan data kuartal-III 2020,” paparnya dalam sebuah diskusi virtual pada Selasa (22/12/2020).

Lebih lanjut Gaery mengungkapkan pada November 2020, permintaan pemesanan hotel di berbagai destinasi wisata berhasil memecahkan rekor transaksi bulanan tertinggi sepanjang tahun 2020, hingga melonjaknya transaksi harian pemesanan hotel yang mencapai 118 persen bila dibandingkan seminggu sebelum periode OTW LOKAL.

Mayoritas transaksi pemesanan hotel diperuntukkan untuk menginap pada awal Desember (74 persen), liburan akhir tahun hingga pertengahan Januari (20 persen), sisanya untuk sepanjang 2021. Hotel-hotel terpopuler terletak di kota-kota wisata favorit, seperti Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta.

Sementara itu, untuk pembelian tiket pesawat Gaery menyebut OTW LOKAL berikan kontribusi delapan kali lipat untuk pembelian tiket pesawat bila dibandingkan dengan total transaksi keseluruhan pembelian tiket pesawat pada bulan-bulan sebelumnya.

“Ini menujukkan pemulihan dalam industri penerbangan dan perjalanan bila dibandingkan pada kuartal sebelumnya,” tegasnya.

Transaksi harian pembelian tiket pesawat pun naik tajam hingga 60 persen dibandingkan seminggu sebelum ajang OTW LOKAL berlangsung. Sebanyak 79 persen tiket pesawat yang dipesan itu untuk liburan awal Desember untuk penerbangan ke TOP 5 destinasi wisata, yaitu: Surabaya, Medan, Bali, Makassar, dan Yogyakarta.

Lalu, 20 persen dari porsi total tiket pesawat yang terjual pada ajang OTW LOKAL kemarin, dibeli oleh masyarakat untuk liburan perayaan tahun baru yang diteruskan hingga pertengahan Januari 2021.

Kemudian untuk transaksi fitur Tiket To Do (TTD) tercatat melompat 172 persen atau hampir dua kali lipat dibandingkan dengan pelanggan seminggu sebelum OTW LOKAL. Berdasarkan periode liburan, 97 persen pelanggan membeli tiket wisata aktifitas untuk awal Desember 2020 dan sisanya untuk liburan tahun baru hingga pertengahan Januari 2021.

“Top 5 kota destinasi dengan obyek wisata populer dalam fitur Tiket To Do adalah Jakarta & Banten, Jawa Barat, Sumatera, Bali, dan Jawa Timur,” tutup Gaery.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hotel tiket.com
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top