Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mengenal Sapi Charolais de Bourgogne, Bahan Steik yang Empuk di Mulut

Charolais de Bourgogne adalah jenis sapi berwarna putih yang digemari masyarakat Perancis untuk menghidangkan steik dan semur. Dagingnya menjadi terkenal disajikan di restoran-restoran mewah dan hotel bintang lima hampir di seluruh dunia.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 22 November 2020  |  20:15 WIB
Hidangan steik dari daging sapi jenis Charolais de Bourgogne.  - The 9th Floor
Hidangan steik dari daging sapi jenis Charolais de Bourgogne. - The 9th Floor

Bisnis.com, JAKARTA -- Charolais de Bourgogne, adalah jenis sapi tertua di Prancis.Sapi jenis ini digunakan untuk membuat hidangan steik.

Sapi ini berwarna putih dan berukuran besar dengan bobot daging yang banyak. Tak heran dagingnya empuk  dan urat daging yang mudah dikunyah ketimbang jenis sapi lain.

Daging sapi atau beef Bourgogne yang juga akrab disebut bourguignon seringkali justru tak dibuat sebagai steik. Daging beef ini malah dimasak sebagai beef stew atau semur daging sapi yang dituang kedalam anggur red wine dan dicampur dengan kaldu sapi.

Daging sapi Beef Bourguignon berasal dari daerah Burgundy, dalam bahasa Perancis disebut dan ditulis Bourgogne. Daerah ini letaknya berada di Prancis timur. 

Menu semur ini biasa dihidangkan dengan kentang tumbuk alias mash potato, atau baby potato yang hanya direbus dan di-blanched, ditambah dengan rebusan kentang kecil dan kacang polong.

Banyak orang menyukai makanan ini karena daging sapi yang diolah sangat segar dan lembut. Beef bourguignon adalah hidangan tradisional petani Prancis yang telah berevolusi menjadi hidangan kelas atas. 

Dagingnya menjadi terkenal disajikan di restoran-restoran mewah dan hotel bintang lima hampir di seluruh dunia. Tak hanya itu, daging bacon juga ikut dijadikan sebagai bahan utama dalam masakan ini.

Awalnya hidangan ini mulai berkembang dan mendunia saat Julia Child, Chef asal Amerika membawa hidangan Prancis ini ke publik Amerika. Dia pun membawa buku resep dan mengadakan program memasakan di televisi sehingga makanan ini semakin dikenal banyak orang.

Selain menawarkan kelezatan, daging bourguignon memiliki kesehatan untuk tubuh. Daging ini mengandung zinc, protein, dan vitamin B yang bisa memperbaiki sistem kekebalan tubuh, memperkuat otot dan mempertajam daya ingat seseorang.

Walhasil daging ini sangat berguna bagi Anda yang sedang menempuh pendidikan dan ingin meningkatkan kualitas intelektual.

Oleh sebab itu, dengan mengkonsumsi beef bourguignon atau berbagai bentuk daging sapi lain, maka bisa memberi keuntungan yang sehat bagi tubuh Anda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

daging sapi kuliner perancis
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top