4 Tips Liburan Akhir Tahun Dadakan Agar Tetap Berkesan

Merencanakan liburan dari jauh-jauh hari dengan persiapan yang matang tentu memberikan banyak keuntungan.
MediaDigital | 21 Desember 2017 16:50 WIB
https://pixabay.com -

Merencanakan liburan dari jauh-jauh hari dengan persiapan yang matang tentu memberikan banyak keuntungan. Namun, bagaimana jika Anda baru mendapatkan bonus akhir tahun atau tergiur tiket promo di saat menjelang musim liburan akhir tahun? Tentu kesempatan untuk pergi liburan dadakan sulit ditolak!

Oleh karena itu, alangkah baiknya mulai menyiapkan segala keperluan dengan matang agar liburan terasa berkesan. Berikut tips sederhana yang bisa Anda lakukan agar liburan akhir tahun dadakan kali ini tidak hanya sekadar buang-buang uang dan waktu saja:

1. Tentukan tujuan berlibur Anda kali ini

Bagi sebagian besar orang, liburan adalah momentum untuk rehat sejenak dari rutinitas. Alih-alih ingin merasakan suasana dan kesan tersendiri, tak jarang Anda justru terjebak di dalam tempat wisata yang jauh dari apa yang dibutuhkan. Agar hal ini tidak terjadi, ada baiknya mencari tahu apa yang Anda inginkan selama liburan pergantian tahun nanti.

Misalnya, jika ingin relaksasi, Anda bisa berlibur ke pantai. Bersantai sambil merasakan angin sepoi dan pemandangan alam yang indah merupakan “surga” tidak bisa ditemui di kota-kota besar. Atau, jika ingin menikmati liburan dengan berpesta, Anda bisa memilih kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, atau Singapura. Biasanya, sejumlah bar atau hotel telah menyediakan acara dan paket khusus untuk merayakan datangnya tahun baru.

 2. Pilih destinasi alternatif yang sesuai dengan tujuan utama Anda

Liburan dadakan bukan berarti menyiapkan rencana secara asal-asalan. Setelah Anda menentukan tujuan liburan, lakukanlah riset terlebih dahulu untuk mencari informasi sebanyak mungkin yang berkaitan dengan harga tiket pesawat, hotel, dan biaya liburan lainnya.

Selain itu, yang tak kalah pentingnya adalah bandingkan harga-harga tersebut dari beberapa situs. Jika sudah menemukan harga tiket dan akomodasi yang sesuai dengan keinginan Anda, pesan secepat mungkin agar tidak kehabisan mengingat kamu akan liburan di saat akhir tahun.

3. Buat itinerary singkat

Setelah semua persiapan liburan selesai, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat itinerary untuk menentukan objek wisata atau tempat apa yang Anda ingin kunjungi. Tak perlu terlalu detail, yang penting itinerary tersebut bisa menjadi panduan selama berada di tujuan wisata.

Pastikan pula Anda memiliki ide aktivitas yang mau dilakukan di lokasi wisata tersebut. Sebagai contoh, kamu berencana liburan ke Bangkok untuk pertama kalinya. Tentu akan seru untuk mencoba bersantai di pantai-pantai yang ada di Phuket atau mencicipi King Mango Thai langsung di negara asalnya. Dengan begini, pengalaman perjalanan Anda akan terasa lebih lengkap.

4. Gunakan OTA yang praktis

Meski dadakan, pastikan perjalanan tetap bebas repot dengan menggunakan online travel agent (OTA) yang tepat. Urusan booking tiket pesawat dan hotel pun menjadi lebih mudah dan aman lewat smartphone Anda. Dengan begitu, persiapan perjalanan Anda akan semakin hemat waktu dan efisien.

Menariknya, liburan dadakan Anda kali ini akan semakin nyaman dengan Check-in Online di aplikasi mobile Traveloka. Lewat fitur ini, Anda bisa melakukan check-in tanpa harus membuka web maskapai yang bersangkutan atau harus buru-buru datang ke bandara untuk antre di konter yang mengular. Selain itu, Anda pun dapat check-in 24 jam sebelum keberangkatan, atau sesuai kebijakan dan peraturan maskapai, juga memilih kursi yang Anda inginkan.

Jadi, meskipun liburan dadakan membuat Anda hanya memiliki waktu persiapan yang begitu singkat, bukan berarti Anda tidak bisa menikmati liburan yang seru dan berkesan. Beberapa tips di atas bisa Anda coba agar momen liburan dadakan kali ini bisa dinikmati secara maksimal. Sekarang, sudah siapkah Anda untuk liburan akhir tahun? 

Tag : Traveloka
Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top