Saint Sophia Cathedral Ukraina
Travel

2 Warisan Budaya Unesco di Ukraina dalam Bahaya

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 20 September 2023 - 15:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Komite Warisan Dunia, yang mengadakan pertemuan di Riyadh hingga 25 September, memutuskan untuk mengkategorikan situs "Katedral Saint Sophia dan Bangunan Biara Terkait serta Lavra Kyiv-Pechersk" dan "L'viv, ansambel pusat bersejarah" pada Daftar Warisan Dunia dalam Bahaya 

Hal ini karena ancaman kehancuran yang ditimbulkan oleh serangan Rusia.

Komite Warisan Dunia UNESCO menganggap bahwa ""kondisi optimal tidak lagi terpenuhi untuk sepenuhnya menjamin perlindungan Nilai Universal Luar Biasa dari properti tersebut dan bahwa properti tersebut terancam oleh potensi bahaya akibat perang"".

Menghadapi risiko serangan langsung, lokasi-lokasi tersebut juga rentan terhadap gelombang kejut akibat pemboman kedua kota tersebut.

Sambil mencatat banyaknya tindakan yang diambil oleh otoritas Ukraina untuk melindungi kekayaan budaya mereka, Komite menyatakan bahwa kedua situs warisan dengan nilai universal yang luar biasa ini tetap berada di bawah ancaman permanen sejak dimulainya invasi pada 24 Februari 2022.

Dimasukkannya situs-situs tersebut ke dalam Daftar Warisan Dunia dalam Bahaya mengingatkan 195 Negara Pihak Konvensi akan tanggung jawab mereka untuk memantau dan berkontribusi terhadap perlindungan situs-situs ini.

Hal ini juga membuka pintu bagi bantuan keuangan dan teknis tambahan untuk menerapkan langkah-langkah darurat baru – sejalan dengan langkah-langkah yang telah diambil oleh Ukraina dengan UNESCO.

Dimasukkannya kedua situs ini ke dalam Daftar Warisan Dunia dalam Bahaya merupakan tambahan dari Pusat Sejarah Odesa yang telah dimasukkan pada Januari 2023.

Katedral Saint Sophia di Kyiv melambangkan "Konstantinopel baru", ibu kota kerajaan Kristen yang didirikan pada abad ke-11 di wilayah yang masuk Kristen setelah pembaptisan Santo Vladimir pada tahun 988. Pengaruh spiritual dan intelektual Kyiv-Pechersk Lavra berkontribusi pada penyebaran kepercayaan dan pemikiran Ortodoks di benua Eropa pada abad ke-17, 18, dan 19. Situs ini telah masuk dalam Daftar Warisan Dunia sejak tahun 1990.

Sementara itu, didirikan pada akhir Abad Pertengahan, kota L’viv berkembang sebagai pusat administrasi, keagamaan, komersial, dan budaya dari abad ke-13 hingga ke-20. Topografi perkotaan abad pertengahannya telah dilestarikan secara utuh, khususnya jejak komunitas etnis berbeda yang tinggal di sana, serta bangunan Barok yang megah dan bangunan-bangunan selanjutnya. Pusat bersejarah L'viv dimasukkan dalam Daftar Warisan Dunia pada tahun 1998.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro