Semarang night carnival
Travel

Dari Semarang hingga Yogyakarta, Berikut Daerah yang Punya Acara 'Night Carnival'

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 20 Mei 2023 - 23:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemkot Semarang menggelar acara Night Carnival, acara tahunan yang menjadi rangkaian dalam peringatan HUT ke-476 Kota Semarang.

Gelaran Semarang Night Carnival 2023 mengangkat tema "The Luxury" yang memiliki arti kemewahan, keindahan, dan kenyamanan. 

Selain di Semarang, program acara Night Carnival juga rutin digelar di daerah lainnya.

Berikut beberapa daerah yang rutin menggelar acara Night Carnival

1. Semarang Night Carnival

Dari Semarang hingga Yogyakarta, Berikut Daerah yang Punya Acara 'Night Carnival'

Semarang Night Carnival (SNC) merupakan rangkaian peringatan hari ulang tahun Semarang.

Semarang Night Carnival 2023 kali ini, merupakan bagian dari pembukaan "Semarak Jejaring Kabupaten/Kota (Jejakk) Kreatif Indonesia 2023" yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).

Event ini menghadirkan para pelaku serta produk-produk ekonomi kreatif unggulan dari 109 kabupaten/kota tanah air yang sudah tergabung dalam ekosistem kabupaten/kota kreatif Indonesia. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat membuka kegiatan "Semarak Jejakk Kreatif Indonesia 2023" di kawasan Kota Lama, Semarang, mengatakan, kegiatan ini bertujuan memperkuat kolaborasi dari seluruh kabupaten/kota kreatif untuk berjejaring agar dapat saling memperkuat potensi ekonomi kreatif sekaligus memperluas pasar. Sehingga ruang untuk berinovasi, adaptasi, dan kolaborasi semakin terbuka luas. 

"Di sini kita bisa melihat karya-karya ekonomi kreatif bukan hanya dari 35 kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah, tapi di seluruh Indonesia khususnya yang telah menjadi bagian dari ekosistem kabupaten/kota kreatif Indonesia," kata Menparekraf Sandiaga, dikutip dari website resmi Kemenparekraf.

Berlangsung selama tiga hari hingga 21 Mei 2023, "Semarak Jejakk Kreatif Indonesia 2023" menghadrikan pameran produk ekonomi kreatif, forum diskusi KaTa kreatif, pergelaran orkestra, pergelaran seni pertunjukan, fashion show, local market meet up, business meeting, coaching ekraf, live cooking kuliner, hingga nonton bareng ekraf. 

"Di acara ini juga ada beberapa destinasi wisata nusantara yang kita pasarkan termasuk desa-desa wisata," ujar Sandiaga. 

Ada 9 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang sudah mendapatkan penetapan kabupaten/kota kreatif dan ada 19 (kabupaten/kota) yang sudah mengikuti proses uji petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Indonesia (PMK3I). 

2. Kediri Night Carnival

Dari Semarang hingga Yogyakarta, Berikut Daerah yang Punya Acara 'Night Carnival'

Kediri Nite Carnival sendiri merupakan bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun ke-1143 Kota Kediri.

Kediri Nite Carnival terakhir kali digelar tahun 2022 dan disemarakkan oleh 14 duta seni dari kabupaten dan kota di Jawa Timur, mulai dari Sumenep, Blitar, Tulungagung, Tuban, Banyuwangi, Kota Batu, Kota Surabaya dan Kota Surakarta.Total ada 38 peserta dengan berbagai kostum, dan budaya ikut ambil bagian dalam Kediri Nite Carnival 2022. 

Adapun rute Kediri Nite Carnival sendiri start di Jalan PK Bangsa (Memorial Park) ke arah barat menuju jalan Erlangga, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Basuki Rahmat dan finish di Balai Kota Kediri. 

Kediri Nite Carnival kembali dengan semarak. Setelah dua tahun terakhir tak digelar karena pandemi, perhelatan perdana Kediri Nite Carnival 2022 disambut hangat warga kota Kediri yang haus akan perhelatan hiburan. Bahkan sebelum rombongan karnaval resmi berangkat, sepanjang rute karnaval sudah dipadati oleh masyarakat.  

Start dimulai sekitar pukul 19.00 dari depan Memorial Park Kediri, ditandai dengan pemecahan kendi oleh Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar. Rombongan terdepan dipimpin Wali Kota, Forkompimda, serta jajaran pemerintahan kota Kediri seperti para camat dan OPD.

3. Ngawi Night Carnival

Dari Semarang hingga Yogyakarta, Berikut Daerah yang Punya Acara 'Night Carnival'

Perdana, Ngawi Night Carnival (NNC) sukses digelar di Kabupaten Ngawi, Sabtu (20/08/22) Malam.

Lenggok peserta dibalut pakaian khas karnival dengan kombinasi batik khas Ngawi berjalan dari Alun-alun Merdeka Ngawi hingga Stadion Ketonggo Ngawi.

Antusias warga masyarakat yang memadati sepanjang jalan.

Ketua Umum Peingatan Hari Jadi Ngawi dan HUT Kemerdekaan RI, Wahyu Sri Kuncoro mengatakan ada 26 kontingen dari tingkat pelajar dan umum yang ikut dalam Ngawi Night Carnival tersebut.

Dibuka langsung oleh Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono dan dihadiri tamu undangan dari Kabupaten Kota sekitar menjadi ajang promosi daerah bahwa di Kabupaten Ngawi memiliki potensi talenta talenta muda yang mampu berprestasi ditingkat nasional bahkan internasional.

4. Jogja Night Carnival

Dari Semarang hingga Yogyakarta, Berikut Daerah yang Punya Acara 'Night Carnival'

Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) merupakan pergelaran tahunan yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta yang menampilkan parade dari perwakilan 14 Kecamatan se-Kota Yogyakarta.

Acara yang diselenggarakan di jalan sepanjang area Tugu Yogyakarta ini menjadi salah satu rangkaian puncak dari acara Festival Kota Jogja dalam rangka memperingati HUT Kota Yogyakarta.

Perhelatan tahunan ini diharapkan menjadi daya tarik wisatawan baik dalam maupun luar negeri dan menjadi agenda tahunan untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Kota Yogyakarta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro