Makanan Khas Sulawesi Utara yang Menarik untuk Dicicipi  - mie ikan cakalang/instagram.com @kulinermanado_
Kuliner

6 Makanan Khas Sulawesi Utara yang Menggugah Selera

Nuraini
Jumat, 19 Mei 2023 - 15:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jalan-jalan ke Sulawesi Utara, kurang lengkap apabila tidak mencoba santapan khas daerah tersebut untuk berbuka. Makanan khas Sulawesi Utara mempunyai ciri rasa pedas dan kaya akan rempah. 

Selain itu, dikarenakan posisinya dekat dengan laut, makanan daerah Sulawesi Utara didominasi dengan olahan laut seperti ikan cakalang. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar makanan khas dari provinsi Sulawesi Utara. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini. 

Rekomendasi Makanan Khas Sulawesi Utara

Sulawesi Utara tak hanya memiliki destinasi wisata alam yang indah. Provinsi tersebut juga memiliki beberapa makanan khas yang rasanya enak. Berikut rekomendasi makanan khas Sulawesi Utara yang dapat menarik untuk dicicipi. 

1. Cakalang Fufu

Rekomendasi makanan khas Sulawesi Utara pertama adalah yang berbahan dasar ikan laut, cakalang fufu. Saat datang ke Sulawesi Utara, makanan ini sangat mudah ditemukan. Ikan cakalang sendiri memiliki rupa seperti ikan tongkol dengan ukuran yang lebih besar. 

Cara memasaknya diawali dengan memberikan bumbu pada ikan menggunakan garam dan soda. Lalu ikan dijepit menggunakan jepitan bambu. Setelah itu, ikan diasap hingga kemerahan. Cakalang fufu disajikan dengan cara disuwir dan diberi bumbu rica sebagai penambah rasa pedas dan gurih. Makanan yang satu ini kerap dijadikan buah tangan karena tahan lama dan tidak mudah busuk.

2. Mie Cakalang

Makanan daerah Sulawesi Utara ini berbahan dasar mie seperti namanya. Mie dimasak bersama ikan cakalang dan ditambah berbagai sayur seperti sawi, toge dan sebagainya. Ada juga tambahan lain seperti kubis, daun bawang, bawang putih dan bawang merah serta caisim. 

Mie cakalang sangat cocok apabila dibumbui dengan sambal cabe hijau atau merah. Mie cakalang biasa disajikan berdampingan dengan bubur manado.

3. Bubur Manado

Sesuai namanya, bubur manado berasal dari kota Manado. Bubur manado atau yang sering disebut dengan nama tinutuan merupakan olahan bubur seperti bubur pada umumnya dengan tambahan topping berbagai sayuran seperti kangkung, bayam, kemangi, dan juga singkong. 

Bubur ini biasanya dilengkapi dengan makanan pendamping seperti ikan cakalang, sambal roa, brenebon, mie cakalang, dan juga sup kacang merah.

4. Panada

Makanan tradisional Sulawesi Utara ini tergolong ke dalam makanan ringan. Rupa dari panada sangat mirip dengan pastel. Perbedaannya hanya terletak pada isiannya saja. 

Panada berisi suwiran ikan cakalang seperti makanan sebelumnya. Kue ini memiliki rasa asin dan gurih.

5. Dodol Amurang

Dodol amurang merupakan makanan yang dibungkus menggunakan kertas dan sering dijadikan sebagai pembuka adat di daerah Minahasa. Tapi tenang, cemilan yang satu ini juga dapat ditemui di hari-hari biasa. 

Makanan khas sulawesi utara yang satu ini memiliki bahan dasar yang sama seperti dodol pada umumnya. Yaitu beras ketan, minyak kelapa, dan gula aren atau gula jawa, serta bahan taburan berupa kacang dan kenari. Makanan ini memiliki tekstur kenyal dan rasa manis.

6. Klappertart

Makanan khas Sulawesi Utara yang terakhir adalah Klappertart. Sesuai namanya, makanan dari Sulawesi Utara ini dipengaruhi oleh kebudayaan zaman kolonialisme Belanda. Kue ini memiliki bahan dasar tepung terigu, kelapa, susu, telur, dan juga mentega. Terdapat dua cara dalam pembuatannya yaitu melalui pemanggangan dan tidak dipanggang. Klapertart sangat terkenal, sehingga kue ini menjadi ikon kuliner Sulawesi Utara khususnya Kota Manado.

Itulah daftar rekomendasi makanan khas Sulawesi Utara yang menarik untuk dicoba. Beberapa makanan tersebut bahkan bisa Anda beli sebagai oleh-oleh setelah berkunjung ke provinsi tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro