Makanan Khas Banyuwangi yang Menggugah Selera - sego tempong (instagram.com_kulinerdibanyuwangi)
Kuliner

Makanan Khas Banyuwangi yang Menggugah Selera

Nuraini
Sabtu, 13 Mei 2023 - 20:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Makanan khas Banyuwangi terkenal ringan dan menggugah selera.

Banyuwangi yang berada di pesisir Jawa Timur ini terkenal dengan pesona alamnya seperti Kawah Ijen, Taman Nasional Alas Purwo, sampai Hutan De Djawatan.

Area yang dingin membuat banyak hidangan khas banyuwangi berkuah hangat atau memiliki rasa pedas. 

Makanan Tradisional Banyuwangi yang Khas

Kalau Anda berkesempatan mengunjungi Banyuwangi, cobalah hidangan tradisionalnya. Rasanya enak dengan paduan unik berkat asimilasi dengan berbagai budaya.. Berikut ini beberapa pilihan makanan Banyuwangi yang rasanya enak. 

1. Ayam pedas

Hidangan khas Banyuwangi yaitu olahan ayam kampungnya. Ayam pedas sesuai namanya memiliki rasa pedas yang menggoda. Ada kuah pedas berkat paduan cabai rawit dan santan. Makanan khas banyuwangi ini memiliki tampilan mirip ayam opor. Tapi, kuah lebih pucat dan rasa lebih pedas.  

2. Telur Petis

Makanan khas Banyuwangi yang satu ini berbahan dasar telur. Warnanya dibuat sampai coklat pekat karena memakai bumbu petis. Rasanya gurih khas bumbu petis. Terutama ditambah dengan  aroma wangi daun jeruk. Ini adalah hidangan khas Banyuwangi yang sering dihadapi saat Lebaran.  

3. Sego Tempong

Makanan khas daerah Banyuwangi lainnya yaitu Sego Tempong. Hampir semua wilayah Banyuwangi bisa menemukan hidangan sederhana dan merakyat ini. Sega tempong adalah makanan kebangaan Banyuwangi yang terdiri dari nasi putih dengan lauk yang beragam, seperti; tahu, tempe, rebusan sayuran, ikan asin, dan pastinya sambal mentah pedas.

4. Ayam Kesrut

Kuliner khas Banyuwangi yang satu ini memiliki kuah bening yang pedas. Ayam kesrut adalah makanan khas penduduk asli Banyuwangi yakni suku Osing. Ayam Kesrut juga disebut Ayam Uyah Asem karena campuran kecombrang dan belimbing wuluh. Rasanya pedas dan segar. 

5. Pecel rawon

Makanan Banyuwangi ini sehat dan bergizi. Banyak olahan sayur seperti hidangan satu ini. Sayuran  rebus diberi bumbu kacang ditambah rawon dan kuah kluweknya. Anda mendapati citata lengkap antara manis, pedas, dan gurih dengan tambahan rempeyek di atasnya. 

6. Rujak soto

Bumi Blambangan yang merupakan nama lain Banyuwangi memiliki makanan khas yang bernama rujak soto. Makanan khas banyuwangi ini terbuat dari rujak dengan bumbu petis dicampur dengan soto berkuah dengan kaldu rebusan daging sapi dan potongan jeroan sapi. Masakan ini biasanya dihidangkan dengan potongan lontong sekaligus di satu piring. Rasanya unik, segar, dan hangat. 

7. Bagiak

Banyuwangi tidak hanya memiliki makanan berat. Ada juga kuliner ringan yang diberi nama bagiak. Makanan ini menjadi penganan populer yang kerap dijadikan oleh-oleh. Ada banyak pilihan rasa, mulai dari kacang, jahe, kayu manis, susu, dan lain sebagainya. Seperti kue lainnya, bagiak juga cocok dinikmati bersama teh. 

8. Petulo

Makanan khas Banyuwangi ini merupakan jajanan pasar yang menggugah selera. Petulo dibuat dari tepung beras dan tapioka dan bentuknya mirip putu mayang. Petulo memiliki bentuk keriting dengan teksturnya lebih legit. Petulo disajikan dengan kuah santan dan gula merah.  

9. Bolu kuwuk

Wisata kuliner di Banyuwangi tidak lengkap tanpa sesuatu yang manis. Bolu kuwuk adalah bolu kering yang terbuat dari bahan sederhana. Bolu ini menjadi penganan paling cocok disantap sambing ngeteh atau ngopi di sore hari.

Itulah beberapa makanan khas Banyuwangi yang rasanya enak. Pilihan yang beragam membuat Anda tak akan bosan untuk mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Beberapa diantaranya bahkan bisa dibeli sebagai oleh-oleh untuk sanak keluarga atau teman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro