8 Makanan Khas Italia Selain Spaghetti dan Pizza (freepik)
Kuliner

8 Makanan Khas Italia Selain Spaghetti dan Pizza

Nuraini
Sabtu, 13 Mei 2023 - 20:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Makanan khas Italia masih banyak pilihannya bukan hanya pizza atau spaghetti. Negara dengan kuliner berkualitas tinggi ini banyak disantap di seluruh dunia. 

Kalau Anda penyuka makanan Italia, berikut ini pilihan makanan Italia lainnya yang tidak kalah lezatnya dengan pizza atau spaghetti. 

Makanan Khas dari Italia yang Mendunia

Italia memiliki sejarah kuliner yang memukau. Banyak restoran Italia yang digemari pecinta kuliner di seluruh dunia. Mulai dari makanan yang dibuat dari bahan segar sampai pemakaian saos yang alami. Berikut ini beberapa makanan dari Italia yang patut Anda cicipi karena rasanya yang lezat. 

  • Gnocchi

Gnocchi adalah sajian dari bahan tepung yang dibuat dalam berbagai bentuk. Secara umum, makanan khas italia ini memiliki bentuk seperti pangsit dalam bentuk lebih kecil. Tiap bagian Italia memiliki versi Gnocchi berbeda-beda. Ada yang hanya campuran tepung dan roti, ada yang memakai kentang, ada juga versi manis dengan susu, keju, atau nutella. 

  • Ravioli

Ravioli adalah olahan pasta yang dibuat dengan dua lapisan pasta yang digabungkan. Porsi Ravioli biasanya kecil dan mengenyangkan. Isinya bervariasi sesuai selera. Makanan khas italia satu ini umumnya terdapat campuran bayam dan ricotta untuk versi vegetarian. Ravioli yang paling populer yaitu Ravioli dengan isian satu butir kuning telur setengah matang yang meleleh ketika dimakan. Isian lain biasanya daging atau ayam. 

  • Lasagna

Lasagna adalah makanan yang berasal dari Italia dan menjadi hidangan rumahan yang populer. Bukan hanya keluarga Italia yang memiliki resep lasagna favorit, Amerika dan Inggris juga mengenal makanan ini sebagai bagian dari keseharian mereka. 

Pasta instant lasagna bisa dengan mudah ditemukan di supermarket. Anda hanya perlu menaruh lapisan pasta diseling dengan campuran daging dan keju, kadang ditambah dengan sayur, sosis, makanan laut, dan lain sebagainya. 

  • Ayam Parmigiana

Ayam parmigiana memang tidak sepopuler pizza maupun spaghetti. Namun, makanan khas italia ini memiliki cita rasa yang tak kalah enak. Cara masaknya mirip dengan chicken cordon bleu yang digoreng dengan saus dan keju.  Anda akan menemukan keju pada ayam parmigiana di atas ayam saat dihidangkan. Sausnya menggunakan saus tomat yang lezat.

  • Ribollita

Ribollita adalah makanan Italia berupa sup roti yang berisi roti dan sayuran. Ini adalah hidangan sederhana yang populer di musim gugur. Anda akan mendapati sensasi pedas yang tidak biasa ditemukan pada masakan dari Italia ini . 

  • Risotto

Italia juga punya makanan dengan olahan nasi. Walau bukan penggemar nasi, Italia menjadi salah satu negara penghasil beras terbesar di Eropa. Nama makanan Italia yang terbuat dari nasi adalah risotto. Makanan khas italia ini terbuat dari nasi yang dicampur kaldu dan menjadi sup kental yang hangat dan juga lezat. Rasanya sangat dipengaruhi dengan kaldu yang jadi pasangannya. 

  • Gelato

Italia juga terkenal dengan makanan penutup lezat, gelato. Bentuknya hampir sama dengan es krim, tapi mengandung lemak mentega lebih sedikit dan kepadatan yang lebih tinggi. Jadi, gelato tidak mudah lumer. Hal itulah yang menyebabkan tekstur gelato yang lebih lembut.

  • Ossobuco

Kuliner Italia ini adalah hidangan sup yang kaya rasa. Hidangannya memakai tulang belakang daging sapi muda yang direbus dalam suhu rendah dan dimasak secara lambat. Hasilnya adalah kaldu daging yang lembut yang kemudian dimasak dengan anggur putih dan sayuran.

Itulah beberapa makanan khas Italia yang patut Anda coba. Cita rasa makanan Italia khas dengan saus tomat dan pastanya. Seperti yang Anda baca, Italia juga memiliki hidangan nasi, dan pasta lainnya yang mungkin tidak sepopuler pizza atau spaghetti. Apakah Anda berminat untuk mencobanya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro