10 Makanan Khas India yang Terkenal dengan Rasa Lezatnya (freepik)
Kuliner

10 Makanan Khas India yang Terkenal dengan Rasa Lezatnya

Nuraini
Sabtu, 13 Mei 2023 - 19:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Makanan khas India bisa ditemukan dimana saja, bahkan bukan hanya di India. Bagi Anda yang penasaran dengan makanan India, ada banyak pilihan makanan India yang bisa dicoba.

Mulai dari makanan dengan menu lengkap, jajanan street food, cemilan, dan lain sebagainya. 

Rekomendasi Makanan India Terpopuler 

Kalau penasaran bagaimana rasa makanan dari India, Anda bisa melihat beberapa rekomendasi berikut ini. Ada makanan yang manis, pedas, dan bahkan gurih. Tentu Anda bisa menemukan makanan yang pas dilidah. Berikut ini beberapa pilihan makanan enak dari India. 

1. Paratha

Paratha berasal dari kata parat dan atta yang berarti adonan tepung berlapis yang dimasak. Makanan khas India ini bentuknya pipih dan bulat. Biasanya dimakan dengan kari atau hidangan lainnya. Kalau di Indonesia, roti ini disebut canai atau roti cane. 

2. Pani Puri

Pani puri adalah jajanan pinggir jalan khas India. Bentuknya bulat dengan bagian atas yang bolong diisi dengan berbagai isian. Bola kopong ini bisa diisi dengan kentang rebus cincang atau kecambah gandum. Lalu, dicelupkan pada kuah cair pedas yang kaya rempah. 

3. Samosa

Samosa adalah nama makanan India yang mendunia. Bentuknya mirip dengan pastel dengan rasa gurih yang renyah. Bentuknya bisa segitiga, setengah lingkaran atau cone sesuai daerahnya. Isian bervariasi sesuai selera. Umumnya adalah kentang, sayur, daging atau ayam.

4. Ayam Tandoori

Nama makanan ini terinspirasi dari proses memasak ayam yang disebut Tandoori. Ayam Tandoori termasuk daftar makanan khas india paling populer di dunia. Banyak restoran menyediakan makanan khas ini. Ayam dilumuri rempah seperti jinten, garam masala, bubuk ketumbar, dan Kasoori Methi. Kemudian dipanggang sampai matang. 

5. Barfi

India punya manisan dengan nama barfi. Bentuknya kotak atau wajik. Barfi terbuat dari campuran susu kental manis dan gula. Jadi, rasanya bisa dijamin sangatlah manis. 

6. Nasi Briyani

Nasi briyani merupakan makanan dengan cita rasa India yang sesungguhnya. Nasi briyani memakai beras basmati yang panjang dan kering. Beras ini kerap dipakai untuk makanan India. Beras kemudian dicampur dengan aneka rempah seperti kunyit dan jahe. Makanan khas India ini kerap disajikan bersama daging kambing atau ayam. 

7. Tikka Masala

Makanan kari khas India ini berwarna orange yang pekat. Rasanya sangat lezat dengan rasa gurih dari yogurt dan krim. Banyak versi tikka Masala yang bisa Anda temukan, yang paling umum adalah Tikka Masala Vegetarian atau ayam. 

8. Laddu

Laddu adalah makanan manis khas India yang kerap dijadikan persembahan keagamaan. Makanan ini dibuat dari tepung gandum yang diberi gula dan diolesi minyak samin yang disebut ghee. Rasanya manis dan juga sangat khas. 

9. Chole

Makanan khas India ini merupakan hidangan kari sayuran yang berisi berbagai sayur dan rempah. Kemudian dimasak dengan yogurt dan bumbu kari khas India. Chole dimakan dengan Naan atau Paratha, roti pipih khas India. Rasanya sangat lezat, terutama bila dimakan panas-panas. 

10. Kathi Roll

Jajanan khas India ini pada dasarnya adalah roti atau Paratha yang digulung dengan isian. Anda bisa memilih isian sayur, ayam, dan lain sebagainya. Namun, pada umumnya, Kathi roll berisi sayuran yang diberi topping bawang bombay. 

Ada banyak pilihan makanan khas India. Anda bisa mendatangi restoran India terdekat atau mencoba membuatnya sendiri di rumah. Cobalah beberapa makanan yang sudah direkomendasikan di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro