10 Makanan khas Kalimantan, Rasanya Nikmat dan Autentik - bubur pedas (wikimedia commons)
Kuliner

Deretan 10 Makanan Khas Kalimantan, Autentik dan Dijamin Nikmat

Nuraini
Kamis, 11 Mei 2023 - 23:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pulau Kalimantan memiliki banyak daya tarik, salah satunya makanan khas Kalimantan yang rasanya tak perlu diragukan lagi.

Terdapat lima provinsi di Pulau Kalimantan dan kelimanya memiliki makanan khas yang rasanya enak.

Jika sedang berada di Kalimantan, jangan lupa untuk mencicipi makanan daerah setempat. Berikut ini rekomendasi makanan khas dari Kalimantan yang sayang untuk dilewatkan.

Makanan Khas Kalimantan

Ada banyak pilihan makanan enak khas Kalimantan. Berikut ini pilihan makanan khas Kalimantan yang bisa kamu coba.

1. Bubur pedas

Salah satu makanan khas Kalimantan Barat yaitu bubur pedas. Makanan ini biasanya disantap saat sarapan. Meski namanya bubur pedas, rasa makanan ini tidak pedas.

Sekilas bubur ini mirip seperti bubur manado yang disajikan dengan banyak sayuran. Rasanya semakin nikmat saat disantap bersama ikan teri dan jeruk nipis.

2. Manday

Manday merupakan masakan khas Kalimantan yang mirip dengan gudeg. Bedanya manday tidak terbuat dari buah nangka, melainkan dari kulit buah cempedak.

Manday dibuat dengan cara diasinkan selama beberapa hari. Biasanya manday digoreng terlebih dahulu sebelum dimakan.

3. Ketupat Kandangan

Ketupat kandangan merupakan makanan khas Kalimantan Selatan. Jika biasanya ketupat disajikan bersama dengan ayam atau daging, ketupat kandangan disajikan dengan ikan.

Jenis ikan yang digunakan biasanya ikan gabus yang dimasak dengan cara dipanggang. Setelah itu, ikan dimasak bersama kuah santan dan bumbu-bumbu yang membuat rasanya semakin nikmat.

4. Sate Payau

Saat datang ke Kalimantan Timur jangan lupa untuk mencicipi sate payau. Makanan khas Kalimantan Timur ini terbuat dari daging rusa yang sudah dibumbui dengan kacang dan kecap. Penggunaan daging rusa membuat sati ini unik dan memiliki cita rasa yang berbeda dengan sate lainnya.

5. Juhu Umbut Sawit

Sesuai dengan namanya, makanan khas Kalimantan Tengah ini terbuat umbut atau pohon kelapa muda. Bahan dasar sayur ini cukup mudah ditemukan di daerah tersebut.

Umbut sawit akan kemudian diolah bersama dengan santan, sehingga rasanya semakin nikmat. Sayur ini menjadi hidangan wajib di acara pernikahan adat.

6. Lawa

Lawa adalah makanan khas Kalimantan Utara yang terbuat dari timun atau rumput laut. Sayuran atau rumput laut nantinya diolah bersama kelapa sangrai dan udang galah. Makanan ini memiliki rasa gurih dan segar.

7. Bangamat

Kuliner Kalimantan lainnya yaitu bangamat. Makanan ini berasal dari Kalimantan Tengah. Bangamat terbuat dari kelelawar yang dimasak bersama rempah khusus. Makanan ini terdengar unik dan tak biasa, untuk Anda yang senang mencoba makanan unik, bengamat bisa menjadi salah satu pilihan.

8. Amparan Tatak

Selain makanan berat, di Kalimantan juga terdapat kue tradisional yang rasanya autentik. Kue ini terbuat dari tepung beras, santan, dan dibungkus dalam daun pisang. Tatak biasanya dibuat dalam porsi besar dan disajikan di acara penting, seperti pernikahan.

9. Bingka Barandam

Bingka barandam juga menjadi salah satu kue khas Kalimantan yang rasanya enak. Makanan ini terbuat dari tepung, telur, gula, dan kayu manis. Masyarakat Banjar biasanya menyajikan kue ini saat ada tamu yang datang ke rumah.

10. Pengkang

Pengkang merupakan makanan khas Kalimantan Barat yang terbuat dari ketan. Di dalamnya terdapat udang ebi. Setelah itu, dibungkus dalam daun pisang berbentuk segitiga. Biasanya, pengkang dinikmati bersama saus kerang yang pedas.

Itulah beberapa makanan khas Kalimantan yang sayang untuk dilewatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro