20 Makanan Khas Jogja, Bisa Menjadi Oleh-oleh - gudeg (instagram.com_gudegyudjum)
Kuliner

Daftar 20 Makanan Khas Jogja, Bisa Menjadi Oleh-oleh

Nuraini
Kamis, 11 Mei 2023 - 22:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Yogyakarta menjadi salah satu tujuan wisata di Indonesia. Tak hanya tempat wisata yang menarik, makanan khas Jogja juga terkenal memiliki cita rasa yang enak. 

Makanan khas dari daerah tersebut terkenal dengan rasanya yang manis. Meski demikian, banyak orang yang tetap penasaran dan ketagihan menikmati kuliner Jogja. 

Lantas, apa saja makanan enak yang bisa disantap saat berada di Yogyakarta? Simak rekomendasinya berikut ini. 

Daftar Makanan Khas Jogja Paling Nikmat

  • Gudeg

Salah satu makanan khas Jogja adalah gudeg. Kuliner ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dalam santan. Gudeg biasa dipadukan dengan nasi, daging ayam, telur rebus, tahu, dan krecek.

  • Tengkleng Gajah

Bukannya terbuat dari gajah, tengkleng ini merupakan perpaduan antara sup dan gulai dengan kombinasi isian daging, jeroan, dan tulang kambing. Julukan tengkleng gajah diambil dari ciri khas porsi penyajian makanan ini yang cenderung banyak atau bisa disebut porsi gajah.

  • Nasi Tiwul

Nasi tiwul bukan nasi biasa. Nasi ini terbuat dari olahan singkong sebagai pengganti beras. Penciptaan kuliner ini dilatarbelakangi mahalnya harga beras saat penjajahan Jepang berlangsung.

  • Sate Klatak

Makanan khas Jogja selanjutnya adalah sate klatak. Sate klatak berupa sajian sate yang ditusuk menggunakan jeruji besi ala jari-jari roda sepeda. Hal itu dikarenakan jeruji besi memiliki kemampuan menghantarkan panas yang baik.

  • Oseng Mercon

Cita rasa pedas khas yang meledak-ledak di mulut, menjadi alasan kuliner ini dinamai oseng mercon. Makanan ini sebenarnya oseng-oseng tetelan daging sapi yang dibumbui bermacam rempah termasuk di dalamnya cabai rawit.

  • Sate Kere

Sate kere menjadi salah satu sate unik khas Jogja yang bahan utamanya berupa kopyor sapi atau lek sapi. Tidak seperti sate klatak, tusuk sate yang digunakan di sate kere menggunakan tusuk bambu biasa.

  • Gatot

Seperti halnya tiwul, gatot terbuat dari bahan dasar singkong. Jajanan khas Jogja ini biasa disajikan dengan taburan ampas kelapa parut diatasnya.

  • Bakpia Pathok

Siapa yang tak kenal makanan oleh oleh khas Jogja yang satu ini. Bakpia menjadi salah satu makanan ringan khas Jogja yang menjadi incaran para wisatawan. Jajanan ini tersedia dengan berbagai varian isi, mulai dari kacang hijau, cokelat, hingga durian.

  • Kue Kipo

Kue kipo merupakan jajanan khas Jogja yang terbuat dari tepung ketan dengan isian serundeng kelapa manis atau enten-enten.

  • Yangko

Selain kue kipo, yangko merupakan makanan ringan khas Jogja yang terbuat dari tepung ketan. Yangko berbentuk kotak dan memiliki cita rasa manis dengan tekstur kenyal ketika dimakan.

  • Geplak

Makanan oleh-oleh khas Jogja selanjutnya yaitu geplak. Geplak terbuat dari campuran adonan kelapa parut, gula dan tepung. Kudapan ini menjadi salah satu dari sekian banyak jajanan khas Jogja yang memiliki cita rasa manis dan gurih.

  • Jadah Tempe

Seperti namanya, makanan ini merupakan perpaduan antara jadah dengan tempe. Jadah sendiri merupakan makanan yang terbuat dari ketan dengan tekstur yang kenyal. Panganan ini biasa dikemas secara tradisional menggunakan daun pisang.

  • Mie Lethek

Mie lethek merupakan mie khas Jogja yang berbahan dasar tepung tapioka dan gaplek. Nama lethek diambil dari tampilan mie ini yang cenderung kusam karena hanya terbuat dari bahan alami tanpa bahan kimia seperti pemutih dan pengawet.

  • Bakmi Jawa

Perbedaan bakmi Jawa dengan bakmi lain terletak pada mienya. Bakmi Jawa menggunakan mie dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan bakmi lain. Mie ini biasa dipadukan dengan daging ayam, irisan sayur, dan taburan bawang goreng.

  • Brongkos

Brongkos adalah kuliner khas Jogja dengan kuah hitam yang berasal dari perpaduan antara kluwek dan santan. Makanan ini biasa diisi dengan kacang tolo, tahu, telur, dan juga koyor.

  • Nasi Kucing

Dinamakan nasi kucing karena porsinya yang kecil seperti makanan kucing. Nasi kucing sering ditemui pada angkringan-angkringan di Indonesia.

  • Mangut Lele

Mangut lele merupakan olahan lele asap atau goreng yang disajikan dalam kuah santan dengan bumbu mangut.

  • Peyek Tumpuk

Peyek tumpuk merupakan makanan ringan khas jogja yang memiliki rasa gurih dan renyah. Apabila peyek pada umumnya berbentuk pipih, peyek tumpuk memiliki bentuk bulat yang unik.

  • Keripik Belut

Makanan ringan khas Jogja berikutnya ada keripik belut. Keripik unik terbuat dari belut ini memiliki rasa renyah dan gurih serta tidak lagi memiliki aroma khas belut.

  • Cokelat Monggo

Cokelat monggo menjadi salah satu merk oleh-oleh makanan khas Jogja yang cukup populer. Cemilan ini dapat ditemukan di toko dan outlet Coklat Monggo di daerah Bantul, Yogyakarta.

Itulah kumpulan daftar rekomendasi makanan khas Jogja yang paling nikmat dan bisa dijadikan untuk oleh-oleh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro