Makanan khas Bogor/Pemkot Bogor
Kuliner

8 Makanan Khas Bogor yang Legendaris dan Tentunya Enak

Hana Fathina
Sabtu, 29 April 2023 - 12:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagian orang yang ditanya makanan khas Bogor mungkin akan menjawab asinan Bogor. Hal itu sangat wajar karena makanan ini sangat terkenal di dunia kuliner. Namun, makanan khas Bogor ternyata lebih bervariasi. Hampir semua rasa ada mulai dari manis, gurih, pedas, asam hingga asin. 

Sajian khas Bogor bisa kamu temukan di berbagai tempat. Namun, untuk memberikan pengalaman kuliner yang berkesan, kamu tentu akan berburu kuliner di destinasi yang terkenal dengan kelezatan citarasa yang baik. 

Makanan Khas Bogor yang Legendaris:

  1. Toge Goreng 
    Makanan khas Bogor ini memberikan cita rasa yang gurih dan pedas dengan citarasa toge yang dipadukan dengan bumbu tauco asli. Bumbu tauco tersebut juga dipadukan dengan oncom. Sajian ini semakin nikmat dengan pelengkap berupa kerupuk mie. 
  2. Laksa Bogor 
    Makanan ini memiliki kesamaan seperti laksa Betawi yaitu sama-sama menggunakan bihun, ketupat, tauge dan kemangi. laksa Bogor ditambah juga dengan telur rebus  dan tahu kuning. Jika laksa Betawi menggunakan rebon untuk bumbu kuahnya, laksa Bogor menggunakan oncom. 
  3. Soto Mie Bogor 
    Makanan khas bogor ini terdiri dari daging, tetelan, mie, kol, kentang, lobak, risol dan daun bawang lalu disiram dengan kuah kaldu kental. Pelengkapnya adalah emping, sambal dan jeruk nipis. 
  4. Doclang 
    Doclang, makanan khas daerah Bogor yang terkenal ini hampir sama dengan ketoprak atau kupat tahu. Isian doclang hampir sama dengan kupat tahu yaitu tahu goreng, kentang goreng, dan telur rebus. Perbedaan dari doclang adalah pesor atau ketupat yang digunakan. Pesor doclang berbahan dasar beras yang dibungkus dengan daun putat. Daun putat ini merupakan tanaman khas kaki Gunung Salak. 
  5. Asinan Bogor 
    Di Bogor ada dua pilihan asinan yaitu asinan sayur dan asinan buah. Asinan buah sendiri isinya ada salah, papaya, ubi, jambu, kedondong, dan bengkoang. Sedangkan isian dari asinan sayur terdiri dari kol, wortel, toge dan mentimun. 
  6. Bapatong 
    Bapatong, makanan khas Bogor ini memiliki cita rasa yang khas dan tidak bisa kamu temukan selain di Bogor. Daging dalam bapatong ini dipotong dadu dengan bakso yang kenyal. Di dalam bapatong juga terdapat bakso dan iga sapi. 
  7. Cungkring
    Bumbu cungkring memang bumbu khas sate tetapi di dalamnya bukan sate melainkan kikil rebus. Tidak hanya sate, di dalam sajian cungkring ini terdapat risol gulung dan juga lontong. Keunikan dari makanan ini terdapat pada kikilnya. Kikil yang digunakan adalah kikil kulit, kepala, dan urat. 
  8. Asinan Jagung Bakar 
    Makanan khas Bogor yang terakhir adalah asinan jagung bakar. Isi dari asinan ini tidak jauh berbeda dengan asinan Bogor pada umumnya. Hanya saja dalam asinan ini terdapat jagung bakar yang gurih. Asinan jagung bakar ini bisa kamu nikmati dengan kerupuk mie khas Bogor yang gurih. 

Itulah beberapa makanan khas Bogor yang legendaris dan wajib untuk kamu coba saat berkunjung ke Kota Bogor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro