Makanan khas dari Kota Medan/Pinterest
Kuliner

Ini 6 Makanan Khas Medan yang Enak dan Wajib Kamu Coba

Hana Fathina
Jumat, 28 April 2023 - 14:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Medan selalu menawarkan keistimewaan sendiri, mulai dari tempat wisata hingga warganya. Makanan khas Medan juga salah satunya. Dengan beragam cita rasa, bahan dan kualitas yang tinggi, setiap makanan khas Medan memiliki keunikannya masing-masing. Ada yang manis, legit, pedas dan mungkin rasa yang belum pernah kamu coba. 

Jika kamu berlibur ke kota ini tanpa mencicipi makanan khas Medan tentunya kamu akan menyesal. Medan menyuguhkan berbagai makanan khas yang tentunya akan menggoyang lidah. Dengan bahan dan kualitas yang tinggi, Medan menghadirkan makanan dengan beragam cita rasa. 

Berikut ini adalah beberapa makanan khas Medan yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

  1. Lontong medan  
    Makanan khas medan pertama yang harus kamu coba adalah lontong medan, salah satu makanan yang biasa disantap pada saat sarapan. Makanan yang gurih ini bisa dijumpai dengan mudah di hampir semua jalanan kota Medan. Dengan harga yang relatif murah, kamu bisa menikmati sarapan ini dengan isian lontong, sambal teri kacang, touge, bumbu kacang hingga mie. 
  2. Mie gomak 
    Makanan khas medan ini berasal dari wilayah Balige di tepian Danau Toba ini sudah menjadi salah satu sajian khas kota Medan yang wajib kamu cicipi. Keistimewaan mie ini ada pada bentuk mie nya yang besar. Mie ini hanya dibuat di Sumatra Utara dan biasa disebut dengan mie lidi. Selain bisa dimakan langsung, mie ini juga bisa dicampur dengan kuah lontong atau bumbu kacang. 
  3. Soto medan 
    Soto medan memiliki ciri khas kuah santan yang berwarna kuning kehijauan, dengan jintan sebagai rempah andalannya. Makanan khas medan ini juga menawarkan beragam isian yang bervariatif. Mulai dari daging sapi, ayam, hingga udang. 
  4. Bakso lembu medan 
    Berbeda dengan bakso lainnya, bakso lembut tidak terbuat dari daging sapi atau daging ayam, melainkan dari daging lembu yang diolah bersama tepung dan rempah-rempah yang khas. Jika kamu ke Medan kamu bisa mendatangi rumah makan Bakso Amat Halal yang berada tidak jauh dari bandara Polonia, Medan. 
  5. Kari Bihun Tabona 
    Kari bihun tabona berisikan irisan kentang, bihun, dan daging sapi yang empuk dan lezat. Bumbu karinya meresap sempurna ke dalam daging. Kamu akan merasakan kenikmatan yang luar biasa setiap menggigit daging dan menyantap bihunnya. 
  6. Kwetiau Ateng 
    Kwetiau memang kuliner yang berasal dari Tiongkok yang cukup populer di sejumlah wilayah Indonesia. Medan menyuguhkan makanan ini dengan nama kwetiau Ateng. Kwetiau ini cukup terkenal karena tekstur mie nya yang lembut dan disajikan dengan porsi yang super banyak. Lauk dari makanan khas Medan ini juga sangat banyak didampingi dengan sambal yang dijamin akan membuat kamu berkeringat. 

Itulah beberapa makanan khas medan yang enak dan wajib kamu coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro