Makanan Khas Solo./iStockphoto
Kuliner

7 Makanan Khas Solo yang Tidak Boleh Terlewatkan

Hana Fathina
Rabu, 26 April 2023 - 16:27
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Makanan khas Solo ternyata memiliki ragam yang menarik. Hal ini karena makanan khas Solo terpengaruh dari masakan Arab, Tionghoa, dan Belanda. Salah satu makanan khas Solo yaitu selat Solo dan bistik mendapat pengaruh dari zaman penjajahan Belanda. Sementara gulai dan sate adalah makanan khas Solo yang terpengaruh dari kuliner Arab. 

Solo dikenal sebagai kota paling murah biaya hidupnya, jadi jika kamu ke solo pasti aman untuk kantong para pelancong. Selain wajib mencicipi kuliner khas Solo, kamu juga bisa berwisata di tempat-tempat bersejarah. 

7 Makanan Khas Daerah Solo Paling Legendaris

Selat Solo

Selat solo merupakan makanan khas solo tetapi sudah mendapatkan pengaruh dari Eropa. Selat solo ini berupa sup yang dilengkapi dengan aneka sayuran segar seperti wortel, tomat, buncis, selada dan kentang goreng. Yang menjadi menu utamanya adalah telur pindang dan juga daging bistik. Makanan ini memberikan sensasi segar dari sayuran dan manis dari kuah sup. 

Brambang Asem

Sama seperti Namanya brambang asem, makanan ini berisi rebusan dari daun ubi jalar dan ditambah dengan bawang merah yang menambah rasa pedas. Makanan pendampingnya adalah tempe gembus. Tempe gembus merupakan ampas dari tempe dan tahu. 

Tahu Kupat

Tahu kupat ini terdiri dari tahu goreng dan ditambah dengan irisan ketupat. Tahu kupat dilengkapi dengan tauge, mie, kol, dan disiram dengan kuah kecap manis yang hangat. Meskipun kuliner ini memiliki cita rasa yang manis tidak jarang makanan khas solo ini ditambah dengan sambal. 

Tengkleng Kambing

Tengkleng ini adalah sup yang berisi tulang kambing yang hampir sama dengan gulai namun tidak identik. Menurut sejarah, makanan ini dulunya hanya dimakan oleh bangsawan Belanda. Namun, karena harga daging kambing yang mahal dan hanya bisa membeli tulang, kepala dan kaki makan tengkleng dengan balungan atau tulang. 

Sate Buntel

Makanan khas solo ini berbahan dasar olahan daging kambing yang dicincang hingga memiliki tekstur yang lembut dan empuk. Hidangans ate buntel ini menggunakan olahan lapisan lemak tipis yang dibakar, membuat rasa sate semakin lezat untuk disantap. 

Brambang Asem

Makanan dengan rasa pedas yang dibuat dari daun ubi jalar ini direbus hingga matang dengan irisan bawang merah agar semakin sedap dan memicu aroma bawang khas. Brambang asem biasanya disajikan dengan tempe gembus yang membuat rasanya semakin nikmat. 

Soto Kwali

Makanan khas Solo yang terakhir adalah soto kwali. Soto kwali memiliki arti tungku yang terbuat dari tanah liat. Sajian ini akan menghidangkan dan menghasilkan aroma khas soto kwali itu sendiri. Soto dengan kuah bening yang disajikan dengan irisan daging sapi, ditambah lagi keripik kentang membuat kuliner khas soto kwali semakin nikmat untuk disantap. 

Itulah beberapa makanan khas solo yang paling legendaris dan tidak boleh kamu lewatkan untuk mencobanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro