Makanan Khas Jakarta./Pixabay
Kuliner

10 Makanan Khas Jakarta yang Wajib Dicoba, Dijamin Pasti Nagih

Hana Fathina
Rabu, 26 April 2023 - 16:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Makanan khas Jakarta tidak jauh-jauh dari sentuhan budaya Betawi. Suku Betawi sebagai suku asli ibu kota Jakarta menyumbangkan banyak sekali budaya dan tradisi sebagai identitas bagi Jakarta, salah satunya adalah makanan. Bagi orang yang berkunjung ke Jakarta, belum lengkap jika belum mencoba berbagai macam jenis makanan Jakarta. 

Makanan kuliner yang menjadi identitas biasanya memiliki rasa yang lezat. Alhasil banyak orang yang menyukai hidangan khas tersebut. Oleh karena itu, tidak mengherankan di negara ini terdapat begitu banyak makanan khas daerah. 

Berikut ini adalah beberapa makanan khas Jakarta yang sudah dilansir dari berbagai sumber: 

Kerak telor

Makanan khas jakarta yang pertama pasti tidak asing oleh banyak orang. Kerak telor dibuat dari campuran nasi dan telor ditambah dengan aneka bumbu. Tersedia dua pilihan macam telor yaitu telor ayam dan telor bebek. Cara memasak kerak telor ini dipanggang di atas sabut kelapa atau arang. Untuk mempermanis dan membuat rasa semakin gurih, maka akan ditambahkan taburan bawang merah goreng. 

Ketoprak

Ketoprak berisi potongan ketupat, tahu, bihun dan tauge. Lalu disiram dengan kuah kacan agar semakin menambah kenikmatan ketoprak tersebut. Jika makan ketoprak rasanya belum lengkap jika tidak menyantap bersama kerupuk yang gurih. 

Gabus pucung

Ikan ini mudah sekali ditemukan pada sungai ataupun rawa. Penyajian ikan gabus ini dengan kuah hitam yang sekilas mirip dengan kuah rawon. Kuah yang berwarna hitam perawal dari kluwak. Tetapi resep dan takaran gabus pucung dengan rawon sedikit berbeda sehingga menghasilkan rasa yang berbeda juga. 

Soto tangkar

Pada zaman dulu, soto Tangkar berisi iga sapi dengan sedikit dagingnya dan diberi kuah soto dan santan. Sekarang soto tangkar juga berisi daging dan juga jeroan agar semakin nikmat rasanya. Soto ini memiliki rasa yang segar meskipun kuahnya terlihat sangat pekat. 

Laksa Betawi

Makanan khas jakarta berikutnya yaitu laksa betawi. Laksa Betawi berbeda dengan soto. Isian dari laksa Betawi ini ada ketupat, tauge, telur rebus, daun kemangi dan juga daun kucai. Bisa juga ditambah dengan bihun atau perkedel sebagai lauk. 

Asinan Betawi 

Berbeda dengan asinan yang dijual di tempat lain, asinan ini menggunakan sayuran sebagai bahan-bahannya. Seperti kubis, mentimun, tahu kuning, tauge hingga kerupuk kuning. Cara membuat makanan khas jakarta satu ini yaitu bahan-bahan yang akan diasinkan diberi garam dan cuka aren. Makanan ini memiliki rasa yang menyegarkan. 

Dodol Betawi

Dodol Betawi merupakan jenis makanan yang cocok disantap Ketika selesai makan makanan berat. Berbeda dengan dodol dari daerah lain. Dodol Betawi cara pembuatannya Ketika selesai tidak melalui proses pencelupan ke dalam gula. Hal inilah yang membedakan dengan dodol garut, yang masih memerlukan pencelupan ke dalam cairan gula Ketika sudah matang. 

Gurame pecak

Terdapat dua menu dari jenis makanan ini yaitu dengan sambal kacang atau tanpa sambal kacang. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan selera. Ikan yang disajikan dalam makanan ini adalah ikan gurame yang dipenyet atau dipipih. Makanan khas jakarta satu ini memiliki rasa pedas dan gurih dari bumbu pecak dipercaya akan mampu membuat penikmatinya nagih. 

Selendang mayang

Selendang mayang terbuat dari bahan dasar tepung beras dan tepung hunkwe. Biasanya makanan khas jakarta ini disajikan dengan siraman sirup gula jawa, kuah santan, dan es serut. Adonan kue ini di dalamnya terasa seperti agar-agar dengan warna-warni menarik. 

Kembang goyang

Kembang goyang merupakan makanan khas Jakarta yang terbuat dari tepung, beras, gula, telur dan minyak goreng. Disebut kembang goyang karena proses pembuatannya yang terbilang unik yaitu dengan cetakan berbentuk bunga yang digoyangkan hingga adonannya lepas. 

Itulah beberapa makanan khas Jakarta yang wajib kamu coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro