Petugas kepolisian dengan alat pelindung diri (APD) berjaga di persimpangan jalan saat lockdown akibat Covid-19 di Shanghai, China, Senin (25/4/2022). Shanghai menjadi pusat wabah Covid-19 terburuk di China setelah kejadian di Wuhan beberapa tahun lalu. Sebanyak 138 Jiwa dilaporkan meninggal dunia pada gelombang kali ini. Bloomberg
Travel

Salat Idulfitri di Shanghai Pakai QR Code, Harus Daftar Dulu

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 21 April 2023 - 09:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salat Idulfitri 1444 H di Shanghai, China, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya baik saat terjadi pandemi Covid-19 maupun sebelumnya.

Dikutip dari NU online, umat Islam setempat yang hendak mengikuti salat Idulfitri harus mendaftar terlebih dahulu melalui tautan yang sudah disediakan.

“Baru diberlakukan. Baru tahun ini. Pas Covid-19 belum ada,” cerita Virdika Rizky Utama, mahasiswa program magister ilmu politik di Universitas Jiao Tong Shanghai, dikutip dari NU Online.

Menurut dia, pemberlakuan pendaftaran untuk salat Idulfitri ini dilakukan guna menghindari terjadinya penumpukan jamaah di tempat tertentu.

“Melihat kapasitas masjid dan orang yang akan shalat. Takutnya akan membludak sampai menutup jalan,” tuturnya. 

Virdi menjelaskan bahwa melalui tautan yang sudah disediakan, umat Islam dapat memilih satu di antara delapan masjid yang mengadakan shalat Idulfitri 1444 H di Shanghai.

“Di Shanghai di seluruh tempat, ada delapan masjid yang mengadakan shalat Idul Fitri. Saya ambil agak besar di Masjid Huxi,” ujar penulis buku Menjerat Gus Dur itu.

Adapun pengaturan pendaftaran itu dilakukan oleh Shanghai Islamic Association. Pun keputusan awal dan akhir Ramadhan 1444 H ada pada organisasi tersebut.

Dengan pendaftaran tersebut, umat Islam dapat memilih masjid untuk tempatnya melaksanakan shalat Idul Fitri 1444 H. Jika sudah penuh pada masjid pilihan pertama, dapat memilih masjid lain yang kuotanya masih ada.

“Kalau udah terpenuhi, cari masjid lain. Saya coba (cek) di masjid yang agak jauh, dari 1.200 kuota baru 17 orang,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro