Kebun Raya Cibodas di Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat./Istimewa
Travel

Bunga Bangkai di Kebun Raya Cibodas Segera Mekar

Wibi Pangestu Pratama
Selasa, 18 April 2023 - 12:44
Bagikan

Bisnis.com, CIANJUR — Bunga bangkai yang tumbuh di Kebun Raya Cibodas, Cianjur diperkirakan akan mekar mendekati hari raya Idulfitri atau sekitar sepekan ke depan.

Bunga bangkai jenis Amorphopallus titanium koleksi Kebun Raya Cibodas sedang tumbuh dan diperkirakan mekar dalam waktu dekat. Masyarakat sudah dapat melihat bunga bangkai itu atau dapat menunggu hingga saat mekar telah tiba.

Pihak Kebun Raya menyampaikan tumbuhnya bunga bangkai Amorphopallus titanium itu melalui cuitan di akun Twitter @kebunraya_id pada Rabu (12/4/2023). Dalam cuitan itu, Kebun Raya menyebut bahwa bunga bangkai dalam kondisi menuju mekar.

Bisnis melihat bunga bangkai itu di Kebun Raya Cibodas pada Selasa (18/4/2023) pagi. Bunga bangkai itu berada di dalam area tumbuhnya sejumlah Amorphopallus titanium yang sudah dewasa, sedangkan bunga muda yang segera mekar itu ada di sisi kanan, dekat pagar pembatas.

Bunga muda itu tumbuh tegak lebih dari 1,5 meter. Bisnis melihat bahwa di dekat bunga itu terdapat kamera yang disiapkan pihak Kebun Raya untuk memantau tumbuhnya bunga bangkai menjelang waktu mekarnya.

Berdasarkan keterangan di papan informasi komplek bunga bangkai itu, Amorphopallus titanium yang merupakan bunga asli Indonesia diperoleh dari hasil eksplorasi flora di Sungai Manau, Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, Sumatera Barat pada 2000. Bunga itu kemudian ditanam di Kebun Raya Cibodas.

Tanaman yang masuk dalam suku Araceae itu memiliki bau seperti bangkai tikus saat mekar. Amorphopallus titanium memiliki tiga fase siklus hidup, sehingga perlu waktu sekitar 4 tahun untuk satu kali pembungaan.

Amorphophallus titanum sendiri masuk dalam kategori tumbuhan langka berdasarkan klasifikasi dari International Union for Conservation of Nature [IUCN] dan keberadaannya dilindungi dengan Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999,” dikutip dari cuitan Kebun Raya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro