Bendera Korea Selatan/ Freepik.
Travel

Bukan Hanya Bebaskan Visa, Korsel Bakal Gelar Konser K-Pop dan Beri Diskon Besar untuk Pelancong

Arlina Laras
Jumat, 31 Maret 2023 - 12:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Korea Selatan memberikan kejutan untuk para wisatawan dari 22 negara berupa kebijakan bebas visa sementara dalam mengunjungi Korea Selatan pada Rabu (29/3/2023). 

Keputusan ini dilakukan pemerintah untuk menarik 10 juta turis asing di tahun 2023. Tujuannya guna memacu pengeluaran swasta dan memperbaiki ekonomi yang melambat selama Covid-19.

Mengutip Business Standard, beberapa negara yang masuk dalam daftar yakni Amerika Serikat, Jepang, Taiwan, Hong Kong, Singapura, Makau, Kanada, Filipina, Vietnam, Indonesia dan Inggris. 

Turis tersebut tak perlu lagi mengajukan visa berkunjung atau visa transit secara online dan izin perjalanan elektronik, yaitu Korea Electronic Travel Authorization (K-ETA) untuk masuk ke Korea Selatan sejak 1 April 2023 hingga 31 Desember 2024.

Rencananya, pemerintah Korsel terus memperluas kebijakan pembebasan visa transit bagi penumpang transit dari 34 negara lainnya untuk memungkinkan mereka tinggal di negara tersebut hingga 30 hari.

Tak hanya itu, pemerintah Korsel pun telah mempersiapkan sejumlah fasilitas menarik di sektor hiburan dan wisata menarik bagi para turis yang datang, mulai dari budaya, alam, perbelanjaan, hingga kuliner.

Lantas, apa saja daftar keseruan yang bakal disediakan oleh pemerintah Korea dalam kesempatan ini? Simak ulasan Bisnis selengkapnya 

1. Hadirkan Konser K-Pop Megah

Mengutip dari The Korea Herald, Korsel berjanji untuk menawarkan berbagai acara berskala besar yang berkaitan dengan K-pop, belanja, makanan, dan barang budaya lainnya.

Konser K-pop megah juga akan berlangsung di seluruh negeri dari Mei hingga Oktober, termasuk Seoul Festa 2023 yang diselenggarakan pada April 2023 di Seoul dan pada Mei 2023 di Busan, 325 km tenggara Seoul. 

2. Berikan Banyak Diskon untuk Turis Asing 

Pemerintah akan membuka toko bebas bea lebih banyak bagi para turis asing. Toko bebas bea adalah “gerai ritel yang dibebaskan dari pembayaran pajak lokal atau nasional dan pajak tertentu. 

Biasanya, toko bebas bea dapat ditemukan di beberapa bandara internasional serta pelabuhan kapal feri internasional. 

Tak hanya itu, kupon diskon serta berbagai acara akan tersedia selama festival bebas bea pada Mei 2023. 

3. Menyediakan Berbagai Program Tur

Selain itu, pemerintah Korsel juga menyediakan program tur agar wisatawan bisa mengenali berbagai macam budaya korea, misalnya dalam masakan tradisional yang populer, tentang sejarah minuman beralkohol Korea hingga pelayanan medis. 

4. Jumlah Penerbangan akan Ditingkatkan

Pemerintah akan meningkatkan penerbangan ke dan dari China menjadi 954 per minggu pada bulan September dari 63 penerbangan saat ini, dan untuk Jepang akan meningkat menjadi 1.004 per minggu dari 863 penerbangan saat ini.

Pasalnya, berdasarkan Organisasi Pariwisata Korea, selama pandemi jumlah pengunjung turun tajam menjadi 2,5 juta pada tahun 2020 dan 967.000 pada tahun 2021, sebelum meningkat menjadi 3,19 juta pada tahun 2022.

Angka ini lebih rendah dibanding pengunjung asing yang datang ke Korea Selatan pada 2019, di mana jumlahnya mencapai 17,5 juta sampai sukses menghasilkan pendapatan pariwisata sebesar US$20,7 miliar.

5. Turis China Bisa Tinggal di Pulau Jeju 

Pulau Jeju sendiri adalah destinasi wisata populer di Korea Selatan. Terdapat berbagai jenis objek wisata seperti taman nasional, pantai, gua, dan museum di pulau ini.

Berdasarkan keterangan Kementerian Keuangan Korea Selatan, rombongan wisatawan dari China dapat tinggal hingga lima hari di kota tempat bandara domestik yang mereka gunakan berada atau wilayah metropolitan Seoul jika mereka transit melalui pulau resor selatan Jeju, yang lokasinya sekitar 450 kilometer selatan Seoul. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro