Istana Changdeokgung di Korea Selatan/visitkorea.or.kr
Travel

7 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Mengunjungi Korea Selatan

Arlina Laras
Jumat, 31 Maret 2023 - 12:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Korea Selatan adalah negara yang populer bagi wisatawan karena keindahan alamnya, budaya yang unik, kuliner yang lezat, dan teknologi canggihnya. 

Apalagi, saat ini Korea Selatan memberikan penawaran menarik, yaitu membebaskan visa untuk turis dari 22 negara, termasuk Indonesia. 

Turis asing dari puluhan negara tersebut tak lagi wajib mengajukan visa berkunjung, visa transit secara online dan izin perjalanan online, Korea Electronic Travel Authorization (K-ETA), mulai akhir tahun depan untuk masuk ke Negeri Ginseng. 

"Ini adalah serangkaian tindakan yang ditujukan untuk menarik 10 juta turis asing di tahun 2023. Tujuannya yakni untuk membantu memacu pengeluaran swasta dan memperbaiki ekonomi yang melambat," ucap Menteri Ekonomi dan Keuangan pada Rabu (29/3/2023). 

Meski ini menjadi kabar baik bagi banyak turis asing, tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yang bisa membantu Anda menikmati liburan Anda aman dan menyenangkan di Korea Selatan. 

1. Siapkan Sejumlah Uang

Seoul adalah tujuan yang relatif mahal, terutama untuk akomodasi. Tapi seperti kebanyakan negara lain, sebagian besar Korea Selatan terjangkau dibandingkan ibukotanya. 

Di kota-kota seperti Busan, Daegu, dan Gyeongju, Anda bisa mendapatkan kamar yang luas untuk dua orang di hotel bintang empat, termasuk sarapan, hanya dengan US$70 atau sekitar Rp1 juta per malam. Sementara, dengan harga yang sama, jika Anda memilih menginap di Seoul maka Anda akan menemukan pilihan properti bintang tiga, tanpa sarapan. 

Kabar baiknya adalah, di seluruh Korea Selatan, makanannya murah dan sehat. Restoran kecil yang dikelola keluarga berjejer di jalan belakang kota-kota Korea, menawarkan masakan Korea yang baru dibuat hanya dengan US$5 atau setara dengan Rp78.840 per hidangan.

Salah satu cara mudah untuk menghemat uang adalah dengan menukar uang tunai di kios mata uang kecil di kawasan wisata yang sibuk, yang menawarkan tarif yang jauh lebih baik daripada bank atau meja penukaran di bandara.

2. Waspadai Kejahatan

 Seperti negara lain, Korea Selatan juga memiliki kasus kejahatan. Oleh karena itu, selalu waspada dan hati-hati dengan barang berharga seperti tas, telepon genggam, dan dompet. Pastikan untuk menghindari daerah-daerah yang dianggap berbahaya, terutama di malam hari.

Namun, menariknya di Korsel ada kehadiran polisi yang kuat di pusat kota semua kota di Korea Selatan, yang membantu mencegah kejahatan kecil.

Bahkan ada pasukan khusus untuk melindungi orang asing – Polisi Pariwisata. Unit ini – yang bertugas menerima keluhan dari wisatawan, memberi mereka informasi umum dan mencegah kejahatan terhadap wisatawan – memiliki hampir 20 kantor di seluruh negeri, semuanya di kawasan wisata populer.

3. Ikuti Aturan Lalu Lintas

Jika Anda berencana untuk mengendarai mobil atau skuter selama di Korea Selatan, pastikan untuk mengikuti peraturan lalu lintas dan menggunakan helm atau sabuk pengaman.

4. Belajar Bahasa Korea

Menguasai sedikit bahasa Korea akan membantu Anda berkomunikasi dengan orang lokal dan mendapatkan pengalaman yang lebih baik selama perjalanan.

5. Patuhi Etika dan Adat

Pastikan untuk mempelajari dan menghormati adat dan etika Korea Selatan, seperti melepas sepatu di dalam ruangan, memberi salam pada orang tua, dan menghormati orang yang lebih tua.

6. Kunjungi Pusat Informasi Pariwisata

Pemerintah Korea Selatan berdedikasi untuk melestarikan budaya kuno dan telah menempatkan 134 bentuk seni tradisional dalam daftar warisan yang dilindungi. Salah satu, bagian dari perlindungan seni ini yaitu dengan mempromosikannya kepada wisatawan, 

Bagi wisatawan yang tertarik, bisa mencoba mengunjungi keterampilan kuno di pusat budaya di kota-kota Korea Selatan. Tak hanya itu, Anda juga bisa mendatangi Pusat Kebudayaan Global Seoul yang besar, di sana mereka menawarkan banyak lokakarya. 

Untuk mengetahui tentang kelas-kelas ini, kunjungi pusat informasi pariwisata resmi di pusat kota seperti Seoul, Busan, dan Daegu.

7. Periksa Cuaca

Beberapa kota memiliki cuaca yang liar seperti Seoul – saya membeku di musim dingin dan meleleh di musim panas. Pada bulan Juli dan Agustus, suhu bisa mencapai 40 derajat celcius dengan kelembapan yang sangat tinggi. 

Kemudian, pada bulan Desember dan Januari, Anda akan merasa seperti berada di Kutub Utara, dengan suhu minus 20 derajat celcius, karena angin musim dingin yang kejam bertiup dari Siberia. 

Pastikan untuk memeriksa ramalan cuaca sebelum berangkat, karena cuaca di Korea Selatan dapat sangat berubah-ubah. Persiapkan pakaian yang sesuai dengan musim dan kondisi cuaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro