Myeongdong, Korea Selatan/
Travel

5 Berita Populer: 22 Negara Bebas Visa Turis Korea dan Dividen Indo Tambangraya (ITMG)

Annisa Sulistyo Rini
Jumat, 31 Maret 2023 - 08:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Upaya Korea Selatan untuk membebaskan visa turis kepada 22 negara menjadi berita paling banyak dibaca sepanjang Kamis (30/3/2023).

Kebijakan tersebut bertujuan untuk menarik lebih banyak wisatawan dan membantu memacu pengeluaran swasta serta memperbaiki ekonomi yang melambat.

Selain berita mengenai Korea Selatan, kabar pengesahan dividen Indo Tambangraya Megah (ITMG) juga menjadi berita terpopuler Bisnis.com. Berikut daftar selengkapnya 5 berita terpopuler sepanjang Kamis (30/3/2023):

1. Korea Selatan Bebaskan Visa Turis untuk 22 Negara Ini, Ada Indonesia?

Untuk memajukan perekonomian negara melalui jalur pariwisata, Korea Selatan memberikan sejumlah penawaran menarik. Korea Selatan memang menjadi negara yang banyak dituju oleh pelancong asing dari seluruh dunia.

Tak hanya karena budayanya, negara ini juga terkenal karena destinasi wisatanya yang menarik dan beragam. Untuk terus mempertahankan pariwisata yang banyak diminati ini, Korea Selatan membebaskan visa untuk turis dari 22 negara.

2. RUPS Indo Tambangraya (ITMG) Sahkan Dividen Rp6.416 per Saham

PT Indo Tambangraya Megah Tbk. (ITMG) menyetujui untuk membagikan dividen final senilai Rp6.416 per saham untuk tahun buku 2022 ke para pemegang sahamnya dalam Rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) pada Kamis (30/3/2023).

Dengan besaran dividen tersebut, yield dividen ITMG adalah sebesar 15,7 persen, dengan dividen payout ratio sebesar 65 persen. Perhitungan dividen 65 persen dari total laba US$1,2 miliar adalah US$774 juta.

Sebesar US$299,5 juta atau setara dengan Rp4.128 per saham telah didistribusikan pada 22 November 2022 sebagai dividen interim.

3. Usai IPO, Blibli Milik Grup Djarum Rugi Rp5,5 Triliun, Ini Sebabnya!

Entitas Grup Djarum PT Global Digital Niaga Tbk. (BELI) atau Blibli mencatatkan peningkatan rugi bersih hingga Rp5,50 triliun usai IPO.

Jumlah itu melesat 65,16 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu di posisi Rp3,33 triliun. Dengan begitu jumlah rugi per saham yang diatribusikan pun ikut meningkat dari Rp51 menjadi Rp53.

Bila menilik dari hasil laporan keuangan entitas grup Djarum itu sejatinya terdapat peningkatan top line hingga mencapai 72,42 persen. Pasalnya pendapatan Blibli terkerek dari posisi Rp8,85 triliun pada tahun lalu menjadi Rp15,26 triliun.

4. Bayang-bayang Risiko Harita Nickel (NCKL) di Industri Nikel dan Baterai EV

Sudah beberapa tahun belakangan ini, listrik di bagian utara Pulau Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara, menyala 24 jam.

Kawasan itu dikenal dekat dengan kompleks pemrosesan nikel milik PT Trimegah Bangun Persada Tbk. (NCKL) atau Harita Nickel.

Setrum yang menyalakan mesin-mesin pelindian asam bertekanan tinggi (high pressure acid leaching/HPAL) milik Harita di kompleks itu, juga mengalir ke rumah-rumah warga di sekitarnya.

5. Batal karena Hal Ini, Netizen Salahkan Ganjar soal Piala Dunia U-20

Media sosial Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi bulan-bulanan netizen setelah FIFA memutuskan Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Warganet menyalahkan Ganjar setelah gubernur itu ikut menolak datangnya Timnas Israel di Indonesia.

Tak hanya netizen, pemain Timnas Indonesia juga turut menumpahkan kekesalannya terhadap Ganjar di akun Instagram sang gubernur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro