4 Menu Makanan Berbuka Puasa Untuk Diet yang Menyehatkan (pexels)
Kuliner

Daftar Menu Berbuka Puasa Untuk Diet yang Menyehatkan

Nuraini
Rabu, 29 Maret 2023 - 07:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menu berbuka puasa untuk diet menjadi salah satu menu makanan yang membantu untuk menurunkan berat badan selama bulan puasa.

Menu buka puasa yang sehat harus diperhatikan agar tubuh tetap sehat dan berat badan terjaga.

Berikut ini beberapa menu untuk buka puasa bagi Anda yang ingin diet di bulan Ramadhan.

Makanan Berbuka Puasa Untuk Orang Diet

  1. Nasi Merah Gurih

Menu berbuka puasa untuk diet yang pertama nasi merah. Salah satu yang dibutuhkan setelah seharian berpuasa yaitu asupan karbohidrat kompleks. Karbohidrat bisa didapatkan dari nasi. Jika menggunakan nasi putih maka kandungan karbohidrat di dalamnya sangatlah tinggi, maka Anda bisa menggantinya dengan nasi merah. 

Nasi merah bisa diolah dengan cara dibuat sebagai nasi merah gurih. Caranya hampir sama dengan membuat nasi putih gurih. 

  1. Salad Sayur

Menu berbuka puasa untuk diet yang selanjutnya salad. Salad sayur menjadi menu buka puasa untuk diet yang bisa Anda coba. Salad sayur terdiri dari campuran sayuran segar yang bisa disesuaikan dengan selera Anda. Cara pembuatan salad sayur ini juga sangat mudah. Berbagai sayuran yang digunakan untuk membuat salad sayur dipotong sesuai selera. 

Setelah itu campurkan mayonaise, susu kental manis, dan keju parut secukupnya. Rasa dari salad sayur ini sangat segar dan juga cocok untuk dinikmati saat buka puasa tiba. 

  1. Capcay Kuah

Capcay kuah menjadi makanan diet saat puasa yang bisa Anda coba masak untuk menu buka puasa. Capcay kuah termasuk makanan dari China yang sangat terkenal di Indonesia. Pada umumnya capcay ini merupakan menu pilihan pada restoran makanan China.

Capcay rebus ini sangat cocok dinikmati dalam kondisi masih panas. Rasanya yang segar cocok dinikmati saat buka puasa. 

  1. Sup Ayam

Menu berbuka puasa untuk diet yang bisa Anda coba selanjutnya yaitu sup ayam. Bagian ayam yang digunakan yaitu dada ayam karena paling tinggi protein dan rendah lemak. 

Selain itu, pastikan untuk membuang bagian kulit dada ayam sehingga kandungan lemaknya menjadi lebih berkurang. Sup ayam bisa dinikmati dengan nasi merah, sehingga lebih mengenyangkan namun tetap sehat.

Tips Diet Saat Puasa

Selain mengonsumsi makanan buka puasa untuk diet, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal saat melaksanakan diet di bulan puasa. Berikut ini beberapa tips yang harus dilakukan saat ingin diet di bulan puasa.

  • Perbanyak konsumsi serat dan protein

Cara diet saat puasa yang pertama yaitu memperbanyak asupan serat dan protein dibandingkan makanan yang berkalori tinggi. Hal ini karena makanan dengan serat yang tinggi akan lebih mudah untuk dicerna dan diserap tubuh dalam jangka waktu yang lebih lama.

Makanan dengan tinggi serat dan protein ini juga akan membantu menekan nafsu makan sehingga pada saat berbuka puasa Anda tidak akan kalap.

  • Hindari makan berlebihan

Cara diet di bulan puasa lainnya yaitu dengan menghindari makan berlebihan. Biasanya saat bulan puasa akan sulit mengontrol nafsu makan terutama di malam hari. Salah satunya karena selama bulan puasa Anda tidak bisa makan di siang hari sehingga malam harinya makan dengan berlebihan.

  • Hindari makan gorengan

Makan gorengan tampak menggiurkan jika disantap pada waktu berbuka. Tetapi Anda perlu hati-hati karena mengkonsumsi makanan yang digoreng di bulan puasa bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

Itulah beberapa informasi tentang menu berbuka puasa untuk diet dan tipsnya yang harus Anda ketahui. Selain menjaga pola makan, pastikan tubuh Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup dan rutin melakukan aktivitas fisik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro