Ilustrasi di Somalia/Reuters
Travel

Daftar 30 Negara Paling Tidak Berkembang di Dunia pada Tahun 2023

Sabina Arla Yogandini
Senin, 27 Maret 2023 - 21:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dunia ini terus mengalami perkembangan setiap harinya, terutama dalam setengah abad terakhir ini.

Standar hidup pun telah meningkat pesat dalam beberapa dekade terakhir yang memungkinkan efisiensi yang lebih besar dan nilai uang yang lebih baik.

Hal tersebut membuat angka harapan hidup telah meningkat secara signifikan.

Negara di Eropa Barat dan AS telah menikmati standar hidup yang tinggi selama beberapa dekade.

Berbeda halnya dengan negara di Asia dan Afrika yang sebagian besar negaranya tidak berkembang, dengan tingkat kemiskinan yang masih tinggi dan standar hidup yang masih rendah.

Ditambah dengan adanya pandemi Covid-19, membuat 70 juta orang terjerumus dalam kemiskinan.

Hingga saat ini Afrika menjadi benua termiskin di dunia karena belum mengalami tingkat keberhasilan yang sama dibandingkan dengan banyak negara Asia. 

Sebagai contoh, negara-negara Afrika memiliki anggaran yang jauh lebih rendah untuk masalah pendidikan. Hal itu menyebabkan tingkat buta huruf di banyak negara tinggi karena akses pendidikan yang tidak terjangkau. Oleh karena itu, peluang untuk meningkatkan taraf hidup menjadi rendah.

Ketimpangan pendapatan juga yang menjadi salah satu pemicu kemiskinan yang menghambat pertumbuhan negara-negara tersebut.

Melansir dari Insider Monkey, berikut adalah daftar negara paling tidak berkembang di dunia:

30. Côte d'Ivoire

Skor Perkembangan Insider Monkey: 161.33
Perekonomian Côte d'Ivoire saat ini cenderung stabil sehingga hampir tidak masuk dalam daftar negara paling tidak berkembang di dunia.

29. Senegal

Skor Perkembangan Insider Monkey: 161,67
Beberapa industri utama yang berada di Senegal termasuk pariwisata, perikanan, pertanian dan pertambangan, selain sumber daya alam yang melimpah.

28. Uganda

Skor Pengembangan Insider Monkey: 161.67
Uganda memiliki potensi untuk lolos dari daftar tersebut karena sumber daya alamnya yang signifikan, curah hujan yang teratur, deposit mineral, dan tanah yang subur. Namun, kurangnya stabilitas politik membuat Uganda tidak dapat memenuhi potensi sebenarnya.

27. Sudan

Skor Pengembangan Insider Monkey: 162,33
Sudan memiliki cadangan minyak yang sangat besar dan karena hal itu Sudan menjadi kontributor yang signifikan bagi perekonomiannya selama bertahun-tahun meskipun pertanian masih mempekerjakan sekitar 80% dari populasi negara tersebut.

26. Eritrea

Skor Pengembangan Insider Monkey: 162,67
Diperkirakan sekitar 32% dari PDB Eritrea bergantung pada arus masuk remitansi dari pengiriman uang oleh pekerja di luar negeri.

25. Komoro
Skor Pengembangan Insider Monkey: 162,67
Dengan adanya penangkapan ikan dan pertanian subsisten telah membentuk dasar ekonomi Komoro meskipun sumber daya alam yang sedikit. Namun, kurangnya infrastruktur dan populasi yang tinggi menjadi alasan mengapa negara ini mengalami kesulitan dalam pembangunannya.

24. Rwanda
Skor Perkembangan Insider Monkey: 163.00

Rwanda telah berhasil pulih dengan sangat baik dari Genosida Rwanda 1994. Namun, Rwanda masih menjadi salah satu negara yang paling tidak berkembang di dunia.

23. Madagaskar

Skor Pengembangan Insider Monkey: 165,33
Madagaskar telah membangun sektor pariwisata yang kuat. Namun, negara tersebut terkena dampak negatif dari pembatasan Covid-19. Adapun industri utama lainnya di negara ini termasuk pertanian, tekstil dan pertambangan.

22. Ethiopia

Skor Perkembangan Insider Monkey: 167,33
Ethiopia menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di Afrika. Namun, untuk saat ini pemerintah Ethiopia sedang dalam proses memprivatisasi banyak perusahaan milik negara dalam upaya untuk meningkatkan ekonominya. Adanya konflik sipil yang sedang berlangsung di wilayah Tigray cukup merugikan perekonomian negara tersebut.

21. Lesotho

Skor Pembangunan Insider Monkey: 168,67
Lesotho masih menjadi salah satu negara yang paling tidak berkembang di dunia, walaupun negaranya secara ekonomi terintegrasi dengan Afrika Selatan. Mata pencaharian negara ini bergantung pada pertanian.

20. Gambia

Skor Pembangunan Insider Monkey: 170.00
Gambia adalah negara yang bergantung pada pertanian. Negara ini hanya memiliki sedikit cadangan mineral yang dapat dibanggakan.

19. Republik Demokratik Kongo

Skor Pembangunan Insider Monkey: 170,33

Meskipun Republik Demokratik Kongo memiliki sumber daya alam yang sangat besar dengan Skema Preferensi Umum Uni Eropa yang menyatakan bahwa cadangan negara ini bernilai sekitar $ 24 triliun, hal itu sama dengan PDB AS.

18. Togo

Skor Pembangunan Insider Monkey: 170,33
Togo merupakan salah satu negara termiskin di dunia. Negara ini tidak memiliki ketidakstabilan politik, utang luar negeri, dan harga komoditas yang lebih rendah. Hal tersebut berdampak pada pertumbuhan ekonominya.

17. Benin

Skor Pembangunan Insider Monkey: 171,67
40% dari PDB negara Benin berasal dari kapas. Komoditasnya menyumbang setidaknya 80% dari ekspor negara tersebut.

16. Malawi

Skor Pembangunan Insider Monkey: 172,67
Malawi memiliki GNI per kapita sebesar $1.466. Sementara itu, pertanian menyumbang setidaknya sepertiga dari ekonomi negara. Negara ini harus melakukan lebih banyak hal untuk meningkatkan standar dan akses pendidikannya mengingat rata-rata masa sekolah hanya 4,5 tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro