10 Minuman Sehat Buka Puasa yang Menyegarkan - Freepik
Kuliner

Daftar 10 Minuman Sehat Buka Puasa yang Menyegarkan

Nuraini
Senin, 27 Maret 2023 - 10:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Berbukalah dengan minuman yang menyegarkan.

Akan lebih nikmat lagi kalau minumannya menyegarkan sekaligus menyehatkan. Berikut ini daftar minuman sehat buka puasa, apakah Anda tahu salah satunya? Simak selengkapnya disini. 

Minuman Berbuka Puasa Yang Sehat

Awali buka puasa dengan minuman segar dan sehat. Berikut ini 10 daftar minuman sehat untuk berbuka puasa. 

1. Air putih

Minuman sehat buka puasa yang paling utama yaitu air putih. Berbuka puasa dengan air putih merupakan anjuran dari Rasulullah SAW. Setelah berpuasa, konsumsi air putih dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang. 

Kebutuhan harian air putih yaitu 8 gelas per hari. Pengaturan waktu konsumsi air putih semasa bulan puasa perlu dilakukan, termasuk pada saat berbuka. Air putih juga dapat menjaga keseimbangan cairan tubuh, memberikan energi untuk otot tubuh, menyehatkan kulit, dan menjaga kesehatan ginjal. 

2. Air kelapa

Air kelapa menjadi minuman sehat untuk buka puasa karena mampu menghidrasi dan mengembalikan elektrolit tubuh yang hilang. Jenis elektrolit yang terkandung dalam air kelapa dapat menjaga kerja sistem saraf, menjaga keseimbangan pH, dan menjaga keseimbangan cairan. Jadi minuman sehat buka puasa satu ini sangat disarankan untuk diminum. 

3. Susu 

Susu menjadi salah satu minuman sehat untuk berbuka puasa. Hal ini karena adanya kandungan protein susu yang mampu membuat perut terasa kenyang. Dengan begitu, seseorang dapat terhindar dari risiko obesitas akibat makan secara berlebihan saat berbuka.

4. Jus buah

Minuman untuk buka puasa yang sehat selanjutnya yaitu jus buah. Terdapat banyak pilihan buah yang dapat dijadikan jus, seperti semangka, melon, dan blewah. 

Buah-buahan tersebut banyak mengandung air yang menyegarkan tubuh. Tidak hanya itu, terdapat pula kandungan serat, vitamin, dan mineral yang mampu menghidrasi tubuh. 

5. Smoothies 

Smoothies mirip dengan jus buah, hanya saja smoothies dibuat dengan menambahkan yoghurt. Rekomendasi buah yang dapat dijadikan smoothies antara lain nanas, pepaya, delima, pisang, dan mangga. 

Buah-buahan tersebut mengandung vitamin C, kalium, asam folat dan mangan yang mampu menjaga kesehatan kadar gula darah dan tulang. Buah ceri, aprikot, persik, dan plum mengandung vitamin C, kalium, dan beta karoten yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh saat berpuasa. 

6. Infused water

Minuman sehat buka puasa berikutnya sangat menyegarkan. Infused water dapat dibuat dengan mudah di rumah. Caranya dengan mencampurkan air putih dengan buah-buahan atau rempah-rempah, seperti stroberi, lemon, kayu manis, dan jeruk nipis.

Minuman sehat untuk berbuka puasa ini dapat meningkatkan energi, menurunkan berat badan, hingga mendetoksifikasi tubuh. 

7. Teh hijau

Bagi yang kurang suka minuman manis, teh hijau dapat dijadikan pilihan. Dengan mengonsumsi minuman sehat buka puasa satu ini dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan laju metabolisme tubuh. Tidak hanya itu, teh hijau juga dapat mengembalikan asupan cairan tubuh yang telah hilang akibat berpuasa. 

8. Yoghurt

Yoghurt termasuk minuman untuk buka puasa yang sehat karena mudah dicerna. Minuman berbahan dasar susu ini mampu membantu meningkatkan kesehatan pencernaan saat berbuka.

9. Jus timun

Timun mengandung 90% air sehingga mampu menghidrasi tubuh. Jus buah dapat ditambahkan dengan es batu agar dapat diminum dengan lebih nikmat.

10. Air lidah buaya

Minuman sehat buka puasa yang terakhir yaitu air lidah buaya. Air lidah buaya merupakan minuman sehat untuk berbuka puasa yang mengandung antioksidan dan dipercaya dapat membersihkan usus. Cara buatnya mudah, hanya dengan memotong lidah buaya dan mengambil gelnya untuk dicampurkan bersama dengan air putih dan es batu. 

Demikian 10 daftar minuman sehat buka puasa yang dapat dijadikan pilihan. Sebaiknya pilih minuman segar sekaligus menyehatkan seperti yang telah disebutkan di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro