10 Gunung Tertinggi di Dunia, Ketinggiannya Mencapai 8848 mdpl - Freepik
Travel

10 Gunung Tertinggi di Dunia, Ada yang Mencapai 8848 Mdpl

Nuraini
Minggu, 26 Maret 2023 - 11:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Apabila ditanya mengenai gunung tertinggi di dunia, pasti kebanyakan orang memberikan jawaban, puncak gunung tertinggi di dunia adalah Gunung Everest.

Benar adanya, gunung tertinggi di dunia adalah Gunung Everest yang berada di Pegunungan Himalaya.

Tapi, tahukah Anda bahwa ada gunung-gunung lain yang tidak kalah tinggi dari Gunung Everest?  Artikel ini akan membahas tentang urutan gunung tertinggi di dunia.

Urutan Gunung Tertinggi di Dunia

Fakta menunjukan bahwa kebanyakan gunung tertinggi di dunia berada di daratan Asia dengan ukuran tinggi diatas permukaan air laut. Berikut urutan 10 besar gunung tertinggi di dunia mulai dari yang tertinggi.

  • Gunung Everest

Pegunungan: Himalaya

Lokasi: Nepal / Tibet, China

Ketinggian: 8848 mdpl

Puncak gunung tertinggi di dunia adalah Gunung Everest. Pendakian gunung everest, pertama kali dilakukan oleh Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay pada tahun 1953 silam. Hingga kini, masih banyak pendaki yang berkeinginan untuk menaklukan gunung tertinggi di dunia yang satu ini.

  • Gunung K2

Pegunungan: Karakoram

Lokasi: Pakistan / China

Ketinggian: 8611 mdpl

Urutan kedua gunung tertinggi di dunia ditempati oleh Gunung K2. Gunung ini terkenal dengan julukan Savage Mountain karena kondisinya yang cukup ekstrim dan berat untuk didaki bahkan lebih sulit dari pendakian Gunung Everest. 

  • Gunung Kangchenjunga

Pegunungan: Himalaya

Lokasi: Nepal / India

Ketinggian: 8586 mdpl

Kepopuleran gunung tertinggi ketiga di dunia ini cukup diragukan. Kebanyakan orang merasa asing akan nama Gunung Kangchenjunga. Gunung yang satu ini sempat dinobatkan sebagai gunung tertinggi di dunia, hingga pada tahun 1852 dilakukan pengukuran ulang oleh Survei Trigonometri Besar India.

  • Gunung Lhotse

Pegunungan: Himalaya

Lokasi: Nepal / Tibet,China

Ketinggian: 8516 mdpl

Gunung tertinggi di dunia nomor empat yaitu Gunung Lhotse yang terletak di dekat Gunung Everest dan masih terdapat pada pegunungan yang sama yaitu Pegunungan Himalaya. Rute pendakian Gunung Lhotse juga sama dengan rute pendakian Gunung Everest setidaknya sampai pada titik Everest Base Camp.

  • Gunung Makalu

Pegunungan: Himalaya

Lokasi: Nepal / Tibet,China

Ketinggian: 8485 mdpl

Gunung Makalu pertama kali didaki oleh ekspedisi Perancis yang dipimpin oleh Jean Franko pada tahun 1955. Dalam ekspedisi tersebut 10 orang dari tim ekspedisi berhasil mencapai puncak Gunung Makalu.

  • Gunung Cho Oyu

Pegunungan: Himalaya

Lokasi: Nepal / Tibet, China

Ketinggian: 8188 mdpl

Dari gunung-gunung di pegunungan himalaya, Gunung Cho Oyu dianggap gunung yang paling mudah untuk didaki karena lereng pendakiannya yang lebih landai dari gunung di pegunungan himalaya lainnya.

  • Gunung Dhaulagiri

Pegunungan: Himalaya

Lokasi: Nepal

Ketinggian: 8167 mdpl

Gunung tertinggi di dunia selanjutnya yaitu Gunung Dhaulagiri. Pendakian pertama gunung ini terjadi pada 13 Mei 1960. Gunung ini sering terlihat dari jalur pendakian Gunung Annapurna.

  • Gunung Manaslu

Pegunungan: Himalaya

Lokasi: Nepal

Ketinggian: 8163 mdpl

Gunung tertinggi di dunia satu ini terletak di nepal. Manaslu berarti kecerdasan atau jiwa dalam bahasa Sanskerta. Gunung Manaslu pertama kali didaki oleh Toshio Imanishi dan Gyalzen Norbu yang merupakan bagian dari tim ekspedisi Jepang pada 9 Mei 1956.

  • Gunung Nanga Parbat

Pegunungan: Himalaya

Lokasi: Pakistan 

Ketinggian: 8126 mdpl

Gunung tertinggi di dunia urutan sembilan ini berada di Distrik Diamer, Gilgit Baltistan Pakistan, Himalaya Barat. Gunung ini memiliki wajah gunung tertinggi di dunia dengan wajah gunung yang dinamai wajah Rupal setinggi 4.600 dari dasar gunung.

  • Gunung Annapurna I

Pegunungan: Himalaya

Lokasi: Nepal

Ketinggian: 8091 mdpl

Gunung Annapurna I dikenal sebagai gunung yang paling mematikan untuk didaki dengan persentase kematian hingga 32% kematian pendaki dalam upaya mencapai puncak gunung.

Itulah deretan gunung tertinggi di dunia. Gunung-gunung di pegunungan himalaya mendominasi daftar tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro