Bendera Finlandia./Istimewa
Travel

Daftar 20 Negara Paling Bahagia di Dunia Tahun 2023, Finlandia Juaranya

Elsa Hayati Sukma
Selasa, 21 Maret 2023 - 08:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Finlandia tetap menduduki peringkat pertama dengan daftar negara paling bahagia di dunia tahun 2023.

Selama enam tahun berturut-turut Finlandia menjadi negara paling bahagia yang menduduki posisi pertama dari 150 negara menurut laporan World Happiness Report.

Dilansir melalui Forbes, laporan mengenai negara bahagia setiap tahunnya untuk menghormati Hari Kebahagiaan Internasional pada tanggal 20 Maret.

Pemeringkatan negara didasarkan pada data dari sumber seperti Jejak Pendapatan Dunia Gallup dengan memanfaatkan enam faktor yaitu dukungan sosial, pendapatan, kesehatan, kebebasan, kemurahan hati, dan tidak adanya korupsi.

Daftar tahun ini masih dipegang oleh Finlandia yang memimpin mulai dari 2019, 2020, 2021,2022, hingga 2023. Diikuti dengan Demank yang menempati posisi kedua dan Islandia dengan posisi ketiga.

Menurut para ahli dari Universitas Aalto di Finlandia terdapat beberapa faktor yang membuat Finlandia menjadi negara paling bahagia berturut-turut.

“Finlandia tampaknya unggul di sini karena kemampuan sistem kesejahteraan Finlandia untuk membantu warganya merasa diperhatikan” ujar Frank Martela, Dosen Universitas Aalto

“Hal-hal seperti tunjangan pengangguran yang relatif murah hati dan perawatan kesehatan yang hampir gratis membantu mengurangi sumber ketidakbahagiaan, memastikan bahwa lebih sedikit orang Finlandia yang sangat tidak puas dengan kehidupan mereka” sambungnya.

Mengikuti Finlandia, kini Israel masuk kedalam daftar negara bahagia nomor empat dan menyingkirkan Swiss yang kini berada di posisi delapan. Tidak mau tertinggal Belanda mengikuti Israel dengan kelima dan Swedia di posisi ke enam serta Norwegia di posisi ketujuh.

Selain negara-negara paling bahagia di dunia, laporan itu juga melihat negara-negara tidak bahagia dengan peringkat terendah yaitu Afganistan dan Lebanon. Menurut laporan tersebut tempat-tempat ini memiliki evaluasi kehidupan rata-rata yang lebih rendah lima poin dalam skala 0- 10. Mengikuti Afganistan dan Lebanon kini Sierra Leone, Zimbabwe dan Kongo menjadi daftar negara paling tidak bahagia.

Berikut 20 laporan mengenai negara bahagia di dunia tahun 2023 yang aman, menarik dan ingin tinggal disana

1. Finlandia
2. Denmark
3. Islandia
4. Israel
5. Belanda
6. Swedia
7. Norway
8. Swiss
9. Luksemburg
10. Selandia Baru
11. Austria
12. Australia
13. Kanada
14. Irlandia
15. Amerika Serikat
16. Jerman
17. Belgium
18. Republik Ceko
19. Britania Raya
20. Lithuania.

Berikut 20 laporan mengenai negara tidak bahagia di dunia tahun 2023 diantaranya:
1. Afghanistan
2. Libanon
3. Sierra Leone
4. Zimbabwe
5. Kongo
6. Botswana
7. Malawi
8. Komoro
9. Tanzania
10. Zambia
11. Madagaskar
12. India
13. Liberia
14. Ethiopia
15. Yordania
16. Rwanda
17. Mesir
18. Mali
19. Gambia
20. Bangladesh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro