Takjil buka puasa sederhana/iStockphoto
Kuliner

6 Takjil Buka Puasa Sederhana yang Praktis dan Enak

Hana Fathina
Senin, 20 Maret 2023 - 16:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sajian berbuka puasa memang beraneka macam. Pada dasarnya, berbuka puasa disunnahkan untuk makan dan minum yang manis-manis. Menu takjil yang artinya menyegarkan ini menjadi hidangan yang menyegarkan dan praktis. Untuk itu, kamu perlu mengetahui menu takjil buka puasa sederhana yang bisa kamu coba.

Tidak jarang, pada saat bulan puasa Ramadhan, penjual takjil ada dimana-mana mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran pun berlomba-lomba menjual takjil. Namun, tidak ada salahnya sambil menunggu buka puasa, kamu mengisi waktu dengan membuat takjil sendiri dirumah. 

Berikut ini adalah beberapa menu takjil buka puasa sederhana yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Es pisang ijo

Takjil buka puasa sederhana yang pertama wajib dicoba. Di Indonesia, takjil memang identik dengan kudapan yang memiliki cita rasa manis. Untuk itu, rekomendasi takjil yang sederhana dan tentunya hemat adalah es pisang ijo khas Makassar. Hampir semua masyarakat Indonesia akan menyukai takjil yang satu ini. rasanya yang segar, manis dan lezat sangat cocok untuk disantap setelah menahan dahaga dari pagi hingga sore.

2. Kolak biji salak

Kolak ini terbuat dari ubi dan tepung sagu yang dibentuk bulat-bulat menyerupai bentuk biji salak. Kolak ini memiliki cita rasa yang unik dan nikmat sangat cocok disantap untuk berbuka puasa di rumah ataupun dibagikan kepada orang lain. 

3. Kolak pisang

Takjil buka puasa sederhana selanjutnya jadi favorit sebagian orang. Perpaduan santan, gula merah, pisang dan wangi pandan yang nikmat bisa menjadikan menu makanan manis yang satu ini sangat laris dan disukai oleh berbagai kalangan yang tua hingga muda. Selain itu, kolak pisang juga mudah untuk dibuat sendiri di rumah dan sangat cocok dijadikan sebagai sajian takjil.

4. Es kopyor

Es kopyor yang terbuat dari kelapa muda yang diserut dan disiram dengan santan dan sirup merah tentunya akan melepas dahaga kamu setelah berpuasa seharian. Jika kamu tidak ingin membeli, kamu bisa buat sendiri dirumah karena cara membuat es kopyor cukup mudah. Bahan-bahan yang kamu butuhkan diantaranya kolang-kaling, cendol, Nangka dan susu kental manis. 

5. Jenang merah

Takjil buka puasa sederhana satu ini hanya diketahui sebagian orang. Salah satu makanan tradisional ini cocok untuk kamu jadikan menu berbuka. Biasanya, jenang diolah bersama berbagai macam bahan lain seperti gula jawa, bubur hingga aneka buah. Dengan teksturnya yang lembut, jenang bisa dinikmati oleh semua kalangan. Makanan jenang terbuat dari beras, tapi ada juga yang dibuat dengan menambahkan campuran tepung lain agar mendapatkan tekstur halus. 

6. Omelet sayur

Kamu bisa membuatnya sambil menunggu waktu berbuka, caranya juga sangat mudah. Bahan-bahan yang kamu butuhkan juga sederhana, kamu hanya butuh telur dan sayur sesuai selera. Bisa juga kamu tambahkan daging seperti ayam atau bakso ikan. 

Itulah beberapa ide takjil buka puasa sederhana yang bisa kamu coba bikin atau beli.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro