Menu sahur anak kos/Pixabay
Kuliner

5 Menu Sahur Anak Kos Simple dan Cepat Untuk Dihidangkan

Hana Fathina
Senin, 20 Maret 2023 - 12:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jauh dari keluarga dan tinggal di perantauan membuat kebanyakan anak kos kebingungan memilih menu untuk sahur. Tidak jarang kebanyakan dari mereka bahkan melewatkan sahur dengan alasan malas memasak dan telah sahur. Untuk itu, kamu perlu mengetahui menu sahur anak kos agar tidak terlewat sahur lagi. 

Menjadi anak kos bukan alasan untuk tidak sahur. Perlu diketahui bahwa sahur merupakan hal penting untuk menjaga tenaga saat berpuasa di siang hari hingga waktu berbuka puasa tiba. Oleh karena itu, mulai sekarang dibiasakan untuk memasak sendiri di kos tentunya dengan bahan praktis dan tidak memakan waktu dalam membuatnya. 

Berikut ini adalah beberapa menu sahur anak kos yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Sup ayam

Memasak sup untuk menu sahur bisa menjadi solusi apabila kamu tidak memiliki banyak waktu memasak. Kamu bisa menggunakan bumbu instan agar kamu tidak perlu menumbuk bawang, cabai dan lain sebagainya. Sayuran yang bisa kamu masak adalah kol dan wortel. Kamu juga bisa menambahkan ceker ayam agar sup ayam menjadi lebih lezat. Jika kamu tidak sempat memasak nasi, kamu bisa membeli nasi sendiri di warung. Menu sahur anak kos yang satu ini bisa jadi alternatif.

2. Nasi abon atau nasi tempe kering

Menu sahur anak kos satu ini makanan kering yang banyak diminati, yakni abon. Biasanya, abon dijual dalam bentuk toples atau bungkusan plastik kecil. Kamu bisa membeli abon seberat 20 gram yang dipadukan dengan nasi hangat. Selain abon, makanan kering berupa tempe juga sering menjadi alternatif karena rasanya lezat. 

3. Nasi goreng

Menu sahur anak kos selanjutnya yaitu nasi goreng. Kamu bisa membeli nasi bungkus di warung untuk satu porsi nasi goreng, ditambahkan dengan bumbu instan nasi goreng. Agar nasi goreng kamu terasa lebih lezat, kamu bisa menambahkan telur dan kerupuk. 

4. Gandum

Selain nasi, gandum juga bisa menjadi pilihan sumber karbohidrat ketika sahur. Siapkan 4 sendok makan gandum. Siapkan juga wortel yang dipotong dadu, sosis dan telur rebus. Cara membuatnya juga sangat mudah. Rebus wortel dan ayam dalam 300ml air, setelah setengah matang masukkan gandum. Tambah garam, lada, dan kaldu jamur hingga kental. 

5. Tumis kornet

Makanan kaleng yang cukup praktis untuk diolah oleh anak kos adalah kornet. Kamu bisa mencoba membuat tumis kornet ala-ala yang bisa dikreasikan sesuai dengan bahan yang kamu miliki di kost. Caranya juga cukup mudah, kamu bisa panaskan margarin hingga harum. Masukkan irisan bawang merah dan tumis hingga harum. Selanjutnya, masukkan kornet sesuai dengan porsi yang kamu inginkan. Tumis hingga kornet setengah matang. Setelah itu masukkan sayur dan bahan tambahan lain yang kamu miliki. 

Itulah beberapa menu sahur anak kos yang bisa kamu coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro