Durian/Istimewa
Kuliner

Deretan Makanan yang Dilarang di Beberapa Negara dan Alasannya

Elsa Hayati Sukma
Senin, 20 Maret 2023 - 15:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap negara memiliki aturan sendiri mengenai makanan yang diperbolehkan dan baik untuk kesehatan tubuh

Alasan makanan ini dilanggar karena kandungan didalamnya mengandung bahan berbahaya yang dapat membuat keracunan.

Meskipun makanan ini menghasilkan pendapatan penjualan global yang tinggi, hal ini tidak menghentikan beberapa negara untuk tetap menjalankan aturan tersebut.

Lantas makanan apa sajakah yang dilarang diberbagai negara? Ini daftarnya.

1. Sereal Buah

Makanan asal Amerika Utara ini telah mendapatkan reputasi yang cukup baik karena mengandung gula dengan jumlah yang cukup besar dan kandungan gizi yang sangat sedikit.

Namun, tidak untuk negara Eropa seperti Norwegia, Prancis, Finlandia dan Austria karena studi ilmiah telah mengaitkan adanya pewarna buatan yang dapat memicu komplikasi dalam perkembangan sel.

2. Rare Burger 

Banyak orang yang menginginkan dagingnya dimasak dalam kondisi rare atau setengah mentah. Tetapi, di Selandia Baru atau Inggris makanan ini tidak boleh dimakan. Memasak daging sapi dari medium-rare tidak diperbolehkan di beberapa negara karena berpotensi tingginya tingkat bakteri dari daging tersebut. 

3. Kebab

Di sebagian besar kota di Eropa, kebab adalah makanan favorit tetapi tidak untuk negara Venesia. Di Venesia makanan ini dilarang karena alasan buruk untuk citra budaya.

4. Permen Karet

Permen karet dilarang di Singapura terkecuali bagi orang yang mengunyah di depan umum dengan menunjukan bukti resep medis yang sesuai jika tidak akan terkena hukuman 2 tahun penjara serta denda.

5. Keripik Bebas Lemak

Keripik menjadi salah satu cemilan berminyak, berlemak dan mengandung banyak garam. Salah satu bahan utama keripik kentang bebas lemak adalah olestra (Olean) yang dapat menyebabkan kram perut dan diare. Hal tersebut membuat makanan ini dilarang di Inggris dan Kanada.

6. Mac and Cheese

Mac and Cheese menjadi salah satu makan siang yang populer untuk anak-anak di Amerika Utara. Makanan jenis ini dilengkapi dengan satu bungkus bubuk keju. Makanan ini menjadi hidangan terendah yang banyak diminati anak-anak. Namun, makanan ini dilarang di Uni Eropa, Austria dan Norwegia karena mengandung zat pewarna yang terbukti berbahaya untuk anak-anak.

7. Berbagai Merk French Fries

Kentang goreng menjadi cemilan umum yang banyak diminati. Kentang goreng mudah disimpan dan tahan lama namun di dalamnya dikaitkan dengan azodikarbonamida yang dapat menyebabkan komplikasi bagi penderita asma. Oleh karena itu kentang goreng ini telah dilarang di Austria, Singapura, dan Inggris Raya

8. Kinder Joy

Pada tahun 2018 peristiwa terjadi di Amerika Serikat yang mengubah seluruh generasi anak-anak. Sejak 1933, undang-undang yang tidak adil telah diubah. Peristiwa itu, tentu saja adalah legalisasi Kinder Joy di Amerika. Sudah 50 tahun sejak larangan kinder joy buatan Ferrero diberlakukan. Larangan itu dimulai karena FDA menganggap mainan yang ditemukan di dalam berbahaya bagi anak-anak. Kinder joy masih dilarang di AS karena diyakini masih menimbulkan banyak ancaman.

9. Casu Marzu

Fermentasi Casu Marzu menyebabkan bagian dalam keju pecorino yang keras melunak menjadi tekstur hampir seperti krim. Namun, fermentasi itulah yang memberikan kualitas terbaik pada keju. Amerika Serikat dan beberapa negara lain memutuskan bahwa memakan Casu Marzu bukanlah yang terbaik bagi kepentingan warganya.

10. Buah Durian

Buah ini dilarang di negara Singapura karena baunya yang menjijikan bagi kebanyakan orang. Untuk masalah tersebut Singapura memilih untuk melarang buah itu sama sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro