Candi Prambanan/Unesco.Org
Travel

Hari Raya Nyepi, Candi Prambanan dan Ratu Boko Ditutup

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 19 Maret 2023 - 09:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) ditutup dalam rangka peringatan Hari Raya Nyepi 2023.

Penutupan dilakukan mulai Rabu (22/3/2023) pukul 06.00 WIB sampai Kamis (23/3/2023) pukul 06.00 WIB.

"Spiritual merupakan salah satu pilar pengelolaan destinasi TWC Prambanan. Tentunya kami mendukung kegiatan keagamaan dan nilai spiritual bagi kepentingan Umat Hindu, diantaranya peringatan Hari Raya Nyepi di kawasan Candi Prambanan. Oleh karena itu, kami memutuskan untuk melakukan penutupan destinasi Candi Prambanan untuk kunjungan umum, pada saat Hari Raya Nyepi berlangsung yaitu pada tanggal 22 Maret 2023,'' kata Febrina Intan, Direktur Utama TWC dikutip dari laman resmi Kemenparekraf.

Febrina Intan juga menambahkan bahwa hal ini merupakan aksi nyata TWC terhadap program pemerintah yang telah disepakati bersama dan tertuang dalam MoU antara Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset & Teknologi, Kementerian BUMN, Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Pemerintah Daerah DIY, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, tentang Pemanfaatan Candi Prambanan untuk kepentingan Umat Hindu Indonesia dan Dunia.

Sementara, rangkaian kegiatan perayaan Hari Raya Nyepi tahun Saka 1945 di Candi Prambanan sudah dimulai pada 21 Maret 2023 dengan Upacara Tawur Kesanga yang rencananya diikuti oleh ribuan Umat Hindu dari Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Selain itu, di TWC Prambanan juga diadakan Kirab Pawai Ogoh-Ogoh dan Pangrupukan yang bisa dinikmati oleh wisatawan sebagai tourism attraction.

“Hal ini turut memberi added value experience bagi pengunjung destinasi, sekaligus menambah atraksi berupa seni pertunjukan bernuansa religius yang bisa dinikmati pengunjung secara umum,” pungkas Febrina Intan.

Bagi Umat Hindu, Hari Raya Nyepi adalah hari penyucian Dewa Dewi yang berada di pusat Samudera yang membawa intisari amerta, air kehidupan. Umat Hindu merayakan Hari Raya Nyepi dengan melakukan tapa brata, berdiam diri tanpa melakukan aktivitas duniawi apapun.

TWC sebagai Indonesia Heritage Management berkomitmen penuh dalam pengelolaan destinasi heritage and culture yang berkualitas dan berkelanjutan.

Terdapat 4 pilar pengelolaan destinasi wisata yang dilakukan oleh TWC, yaitu Edukasi, Konservasi, Spiritual dan Pariwisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro