Menu sahur sederhana/Freepik
Kuliner

Ini 6 Menu Sahur Sederhana, Praktis dan Enak untuk Disantap

Hana Fathina
Kamis, 16 Maret 2023 - 06:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selama bulan puasa, kamu pastinya sering bingung untuk menentukan menu sahur dan menu buka puasa. Jika kamu tinggal jauh dari orang tua, terutama untuk anak kost, tentunya kamu harus menyiapkan menu sahur sederhana agar lebih praktis.

Karena terbatasnya waktu sahur, menu makanan sederhana lebih mudah disiapkan dibandingkan menu makanan yang cukup berat. Bahkan, terkadang Ketika sahur, kamu bisa mengonsumsi makanan sisa buka puasa kemarin. 

Berikut ini adalah beberapa menu sahur sederhana yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Sosis bakar balado

Menu sahur sederhana yang pertama yakni sosis. Jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan bahan makanan, menu makanan dari sosis bisa menjadi pilihan yang tepat. Cara membuatnya juga cukup mudah dan praktis. Tetapi, hindari untuk menggunakan sambal terlalu banyak agar rasanya tetap nikmat dan tidak pedas.

2. Brokoli tumis tahu telur 

Menu sahur praktis yang sehat lainnya dan kaya akan nutrisi dan vitamin adalah brokoli tumis tahu telur. Menu masakan ini terbilang bisa mencukupi kebutuhan gizi kamu. Menu brokoli ini bisa menjadi santapan yang lezat yang cocok sekali kamu padukan dengan nasi hangat. 

3. Sup bayam jagung

Tidak sampai 20 menit, kamu bisa membuat sup bayam jagung hangat sebagai menu sahur yang sederhana. Bayam sendiri merupakan jenis sayuran hijau yang kaya akan zat besi yang bermanfaat bagi tubuh. Dengan adanya tambahan jagung manis, pasti akan membuat siapa saja sulit untuk melewatkan menu sahur yang satu ini. 

4. Telur dadar 

Telur dadar merupakan menu sahur sederhana dan tentunya siap saji, bisa dimasak kurang dari 5 menit. Caranya juga cukup mudah, cukup panaskan minyak. Sambil menunggu minyak panas, ambil telur lalu masukkan ke dalam wadah. Masukkan garam lalu kocok telur hingga rata. Tuang pada wajan lalu masak hingga matang. 

5. Omelet mie 

Jika kamu ingin menggabungkan protein dan karbohidrat sebagai menu sahur sederhana, kamu bisa memasak omelet mie. Pertama rebus mie selama 3 menit lalu campurkan dengan telur dan goreng hingga matang. Sajikan dengan kecap atau saus sambal agar bisa memaksimalkan rasa. 

6. Tumis tauge

Tauge adalah sayur yang paling mudah dibuat karena kamu tidak perlu repot untuk memotong dan mencucinya juga mudah. Bumbu yang harus kamu siapkan hanya lada dan saus tiram serta irisan bawang merah, bawang putih, cabai, dan daun bawang. Cara membuatnya juga mudah, cukup tumis bumbu iris hingga harum dan masukkan tauge ke wajan. Selanjutnya, tambahkan lada dan saus tiram. Kamu juga bisa menambahkan air jika mau agak berkuah dan sedikit garam untuk rasa gurih. Untuk aroma yang segar, pakaikan sedikit minyak wijen. 


Itulah beberapa menu sahur sederhana yang siap saji dan bisa dicoba sebagai menu untuk sahur nanti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro