Penampakan awan panas gunung merapi/twitter BPBD DIY
Travel

Destinasi Wisata Terkenal di Dekat Kawasan Gunung Merapi

Sabina Arla Yogandini
Selasa, 14 Maret 2023 - 15:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Merapi merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif sampai saat ini.

Terbukti bahwa dua hari lalu tepatnya pada Sabtu (11/3/2023) gunung Merapi erupsi kembali.

Namun, dibalik itu terdapat keindahan tempat wisata di sekitar kawasan gunung Merapi yang dapat dikunjungi oleh Anda.

Berikut adalah tempat wisata terkenal Yogyakarta yang berada di dekat kawasan gunung Merapi.

1. Museum gunung Merapi

Museum gunung Merapi terletak di Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Melansir dari laman resmi Museum Gunung Merapi, museum ini dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan, penyebarluasan informasi aspek kegunungapian khususnya, dan kebencanaan geologi lainnya

Informasi yang disajikan dengan mengunjungi museum ini antara lain, Informasi fenomena gunungapi terbentuk sebagai hasil proses-proses geologi, informasi mitigasi bencana gunungapi, gempa bumi, tsunami, gerakan tanah, informasi sumber daya gunung api sebagai potensi yang dapat dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakat, pengembangan infrastruktur dan lainnya.

2. The lost world castle

The Lost World Castle terletak di Kepuharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan indah di lereng gunung Merapi. Ada banyak sudut yang dapat dijadikan sebagai spot foto bagi Anda yang berkunjung ke tempat tersebut.

3. Merapi Park

Merapi Park terletak di Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Tempat ini menyuguhkan miniatur dari berbagai belahan dunia. Misalnya seperti menara Eiffel, kincir angin, dan lainnya yang dapat dijadikan sebagai spot foto.

4. Museum Mini Sisa Hartaku

Museum Mini Sisa Hartaku terletak di Kepuharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Di tempat wisata yang satu ini Anda dapat melihat barang-barang peninggalan dari peristiwa meletusnya gunung Merapi pada 2010 silam. Barang-barang tersebut masih tertimbun oleh abu vulkanik.

5. Lava tour Merapi

Lava Tour Merapi terletak di Kaliurang, tepatnya di kaki gunung Merapi. Destinasi wisata ini cocok bagi Anda yang menyukai petualangan karena Anda dapat merasakan sensasi menelusuri daerah sekitar gunung Merapi menggunakan mobil Jeep yang dapat Anda disana.

6. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu terletak di Kaliurang, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Melansir dari laman resmi Museum Ullen Sentalu, Museum ini memadukan keindahan alam pegunungan dan kebesaran kebudayaan Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro