Menu sahur sehat/Freepik
Kuliner

7 Menu Sahur Sehat yang Bisa Dikonsumsi Agar tidak Lemas

Hana Fathina
Selasa, 14 Maret 2023 - 14:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika berpuasa, tubuh akan melakukan penyesuaian dengan pola makan baru sebanyak dua kali dalam satu hari. Ini artinya, makanan sehat dan bergizi sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Selain itu, kamu harus mengetahui menu sahur sehat agar terpenuhi asupan cairan harian agar tidak mengalami dehidrasi ketika berpuasa. 

Tanpa asupan menu yang sehat, tubuh akan mudah merasa lelah dan lemas sehingga kamu menjadi kurang produktif. Dikutip dari situs Oman Observer, sahur tidak hanya mengurangi rasa lapar dan haus saja ketika berpuasa, tapi juga bisa mencegah sakit kepala, mual, tubuh gemetar, dan berbagai gejala gula darah rendah lainnya. 

Berikut ini adalah beberapa menu sahur sehat yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Oatmeal

Menu sahur sehat yang pertama yakni oatmeal. Oatmeal sering dipilih sebagai salah satu menu sarapan sehat. Oleh karena itu, kamu bisa mengkonsumsinya Ketika sahur. Tambahkan susu, buah-buahan dan yogurt sebagai topping untuk menambah cita rasanya.

2. Buah-buahan

Menu sahur sehat yang satu ini bisa jadi opsi untuk menu andalan. Selain minum air putih, mencukup kebutuhan cairan tubuh juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air. Seperti buah semangka, melon atau buah pir. Tidak hanya itu, buah dengan kandungan serat yang tinggi juga bisa menjadi menu sahur yang baik karena membuat kamu merasa kenyang lebih lama. 

3. Kacang-kacangan

Mencampurkan kacang dan susu, yoghurt atau oatmeal bisa menambah energi tubuh. Jadi, kamu akan tetap produktif dan tidak mudah merasa lemas dan kelelahan meskipun sedang berpuasa. 

4. Kurma

Kurma adalah buah yang memiliki banyak manfaat yang mencukupi kebutuhan nutrisi Ketika sahur. Kurma bisa dikonsumsi langsung atau dicampur dengan oatmeal. Selain itu, Ketika sahur kurma juga bisa menjadi pilihan Ketika sahur. Tidak hanya dalam bentuk buah, mengkonsumsi air nabeez juga bisa dilakukan Ketika sahur. Caranya adalah merendam 3-5 buah kurma dalam air sejam malam sebelum tidur. 

5. Protein rendah lemak

Menu sahur sehat berikutnya adalah makanan dengan protein rendah lemak. Pastikan makanan yang dikonsumsi saat sahur mengandung protein sehingga bisa dicerna secara perlahan. Dengan demikian, rasa kenyang bertahan lebih lama dan tidak mudah merasa lapar. Tidak kalah penting, protein juga membuat kadar gula darah stabil setelah berpuasa selama 12 jam. Beberapa pilihan protein yang bisa dikonsumsi diantaranya telur.

6. Sayuran

Jangan melupakan sayur-sayuran dengan kandungan cairan tinggi sebagai pendamping sahur menu sahur. Kamu bisa memilih sayur-sayuran tertentu seperti tomat, timun dan daun seledri. Sebaiknya, sayur dikonsumsi tanpa perlu banyak diolah sehingga nutrisinya tetap terjaga. 

7. Bubur quinoa

Menu sahur sehat yang terakhir yakni bubur quinoa. Jika kamu vegetarian dan tidak mengonsumsi daging, quinoa bisa menjadi makanan sahur yang bisa membantu kamu memenuhi kebutuhan serat dan protein. Terlebih lagi, quinoa tidak mengandung gluten seperti kebanyakan oat pada umumnya. 


Itulah beberapa menu sahur sehat yang bisa kamu konsumsi agar puasa menjadi lebih bugar dan tidak lemas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro