Cara memasak Artichoke/The Kitchn
Kuliner

Cara Mengonsumsi Sayuran Berduri Artichoke

Salma Permata Dewi
Senin, 13 Maret 2023 - 15:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Artichoke merupakan kuncup bunga thistle yang termasuk dalam genus Cynara dan satu famili dengan aster. Artichoke dipanen sebelum mekar dan dikonsumsi sebagai sayuran. Jika dibiarkan mekar, Artichoke akan mekar menjadi bunga berwarna biru-ungu yang tidak bisa dikonsumsi. 

Artichoke berasal dari wilayah Mediterania dan dianggap menjadi salah satu makanan tertua di dunia. Artichoke juga pernah muncul di mitologi Yunani. Saat ini, Artichoke tersedia di Amerika Serikat, khususnya California. 80 persen tanaman domestik berasal dari “Artichoke Center of The World”, Castroville. Tidak hanya California, Artichoke juga ditanam di Prancis, Italia, dan Spanyol.

Artichoke merupakan sayuran yang bentuknya menarik dan tidak termasuk sayuran murah di pasaran. Walaupun umumnya Artichoke berduri, ada juga budidaya sayuran ini yang tidak memiliki duri. 

Artichoke merupakan sayuran yang populer dalam masakan Eropa dan Amerika Serikat. Sayuran ini membutuhkan beberapa persiapan untuk dikonsumsi. 

Sayuran ini memiliki beberapa bagian. Ada daun luar (bracts) dari kuncup yang memiliki duri dan pangkal daunnya bisa dimakan. Daun yang berada di dalam juga cukup empuk untuk dimakan. 

Di bawah daun luar, Anda akan menemukan bagian tengah berbulu yang dinamai choke. Bagian ini ada di atas jantung sayuran. Saat menyiapkan artichoke untuk dikonsumsi, buang bagian tengah ini, kecuali pada baby artichoke. 

Lalu, bagian jantungnya adalah bagian yang paling berdaging dan bisa dikonsumsi. Bagian tengah batangnya pun juga bisa dikonsumsi. 

Untuk mengonsumsi Artichoke, Anda harus memotong dan membuang bagian tengah (choke), batang di pangkal, duri di ujung daun, dan mahkota berduri. 

Artichoke harus dimasak sebelum dikonsumsi, umumnya dengan cara dipanggang, direbus, dan dikukus. Mengukus seluruh Artichoke merupakan teknik memasak termudah dan terpopuler. Biasanya jantung Artichoke ditambahkan ke hidangan, seperti pasta dan sup. 

Artichoke dikenal dengan rasa pedasnya. Artichoke tanpa duri mengurangi rasa pedas. Oleh karena itu, banyak orang lebih memilih untuk mengatasi duri di Artichoke dibandingkan menggunakan Artichoke tanpa duri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro