Penumpang Kereta Api Brantas bersiap menaiki kereta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Travel

Tips Sukses Berburu Tiket Kereta Api Mudik Lebaran 2023

Mia Chitra Dinisari
Senin, 27 Februari 2023 - 20:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak lama lagi, Ramadan segera tiba. Pada momen ini, sebagian besar masyarakat Indonesia yang merantau, menantikan saat mudik Lebaran ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga.

Jutaan masyarakat Indonesia pun melakukan perjalanan mudik menggunakan berbagai moda transportasi, baik itu milik pribadi maupun umum.

Salah satu transportasi umum yang banyak dipilih saat mudik Lebaran adalah kereta api.

Kereta api sendiri menjadi favorit masyarakat karena proses pemesanannya yang mudah, harganya yang lebih terjangkau, dan tersebarnya stasiun sehingga memudahkan masyarakat mengunjungi suatu destinasi. 

PT KAI saat ini mengumumkan bahwa tiket kereta api mudik sudah dapat dipesan pada 26 Februari 2023 untuk keberangkatan 12 April 2023.

Bagi Anda yang ingin mudik Lebaran menggunakan kereta api, berikut tips sukses berburu tiket kereta mudik dari Pegipegi.

1. Tentukan Tanggal Keberangkatan dan Kepulangan

Hal pertama yang perlu dilakukan, yaitu segera menentukan kapan tanggal keberangkatan dan kepulangan  Anda saat mudik. Setelah menentukan kedua tanggal tersebut, Anda dapat mengecek kapan tanggal pemesanan tiket akan dibuka. Ini sangat penting untuk diperhatikan, agar Anda tidak ketinggalan jadwal pemesanan tiket kereta mudik.

2. Set Alarm Pengingat

Tiket kereta api akan dibuka tepat pada pukul 00:00 WIB, dan biasanya akan habis dalam waktu yang sangat singkat. Maka dari itu, Anda tidak boleh ketinggalan untuk mengakses layanan pemesanan tiket kereta api. Persiapkan diri minimal 30 menit sebelum jadwal tiket kereta mudik Anda dibuka.

3. Pesan Melalui Online

Pesan tiket kereta api mudik Anda melalui layanan online seperti di Pegipegi. Selain lebih cepat dan mudah, pemesanan tiket secara online juga lebih aman lengkap dengan beragam pilihan metode pembayaran. Tidak ketinggalan, adanya fitur lainnya seperti Daftar Penumpang dan Pilih Kursi, yang semakin memudahkan Anda dalam melakukan pemesanan tiket .

4. Pastikan Internet Stabil

Kunci sukses mendapatkan tiket kereta mudik yang tidak kalah penting adalah memastikan koneksi internet Anda kuat dan stabil. Hal ini perlu diperhatikan mengingat jutaan masyarakat Indonesia mengakses aplikasi pemesanan tiket kereta dalam waktu yang bersamaan. Koneksi yang kuat dan stabil dibutuhkan agar Anda bisa masuk ke halaman aplikasi pemesanan tiket.

5. Gunakan Fitur Data Penumpang

Memesan melalui aplikasi Pegipegi, Anda dapat mengisi daftar penumpang sebelum melakukan pemesanan. Fitur ini bermanfaat untuk mempercepat proses pengisian identitas yang berlangsung pada saat pemesanan. Dengan fitur ini, kapan pun melakukan pemesanan tiket, Anda hanya perlu memilih nama-nama dari ‘Data Penumpang’ yang sudah tersimpan. Hal ini sangat membantu Anda untuk lebih cepat melakukan pemesanan tiket kereta api hingga ke tahap pembayaran.

6. Gunakan Metode Pembayaran Cepat

Anda dapat memilih metode pembayaran yang masuk ke dalam kategori cepat, seperti internet banking/online banking yang memudahkan proses pembayaran di tengah malam. Jangan lupa, pastikan saldo di tabungan Anda cukup untuk pembayaran tiket kereta mudik, ya.

7. Cek Lagi Ketersediaan Tiket

Jika Anda tidak kebagian tiket pada saat percobaan pertama, jangan langsung menyerah. Cobalah secara berkala sekitar 30 menit hingga 2 jam kemudian untuk melakukan pengecekan pada aplikasi pemesanan online tiket kereta api. Hal ini memungkinkan Anda mendapatkan kesempatan dari pemesanan tiket yang tidak berhasil terbayarkan karena batas waktu pembayaran berakhir, atau pemesanan tiket kereta orang lain yang dibatalkan.

8. Buat Plan B (Cadangan)

Jika pada hari yang direncanakan tidak kebagian tiket, segera cari alternatif keberangkatan di tanggal lain. Lalu, pastikan persiapan lebih matang dari yang sebelumnya agar percobaan kali ini membuahkan hasil positif.

9. Cek Ketersediaan Kereta Tambahan

Kalau belum kebagian tiket kereta utama, masih ada kesempatan untuk mudik dengan tiket kereta tambahan. Biasanya, pada periode peak season PT KAI akan menghadirkan kereta tambahan untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat Indonesia yang ingin melakukan mudik.

10. Gunakan Asuransi Perjalanan

Gunakan juga Pegipegi Travel Protection saat melakukan pemesanan tiket kereta api, agar perjalanan Anda semakin aman dan nyaman. Perlindungan yang akan Anda dapatnya di antaranya:

  • Kecelakaan diri dengan nilai klaim hingga Rp3,5 juta
  • Pembatalan perjalanan dengan nilai klaim hingga 100% dari harga tiket
  • Kehilangan atau kerusakan barang pribadi, dengan nilai klaim hingga Rp2 juta
  • Pengobatan akibat kecelakaan, biaya pertanggungan hingga Rp500 ribu
  • Keterlambatan kereta dengan biaya ganti rugi hingga Rp50 ribu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro