Kopi hijau/Istimewa
Kuliner

Kopi Sidikalang, Wajib Dicicipi Coffee Lover Saat Liburan ke Danau Toba

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 25 Februari 2023 - 18:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Berkunjung ke Danau Toba selain bisa menyaksikan langsung ajang lomba F1 Powerboat, Anda juga wajib mencicipi kopi Sidikalang.

Daerah Sidikalang, Sumatra Utara memang dikenal sebagai penghasil biji kopi robusta yang dianggap terbaik.

Berada di kawasan Bukit Barisan, dengan kombinasi kawasan yang sejuk dan dingin serta tanah yang subur, menjadikan kopi daerah tersebut sebagai salah satu kopi terbaik di tanah air.

Kopi Sidikalang adalah salah satu jenis kopi di Indonesia yang tidak perlu diragukan lagi kenikmatannya.

Kopi Sidikalang ini berasal dari Sumatera Utara yang menjadikannya satu dari tiga kopi khas Sumatera Utara yang nikmat selain Lintongnihuta dan Mandailing.

Kopi Sidikalang ini tumbuh di kawasan Bukit Barisan, mengingat salah satu jenis kopi di Indonesia ini tumbuh subur di tempat dengan ketinggian di atas 1.500 mdpl dengan hawa yang dingin.

Karakteristik Kopi Sidikalang

Dikutip dari laman Nescafe, kopi Sidikalang memiliki kadar kafein yang cukup tinggi, yaitu 70-80% dengan rasa yang sangat khas. Seperti kopi nusantara lainnya, kopi Sidikalang ini juga memiliki aroma kacang-kacangan dengan sensasi cokelat dan spicy.

Kalau biasanya jenis kopi di Indonesia terkenal dengan hasil biji kopi Arabika, kopi Sidikalang ini justru memiliki produk unggulan kopi robusta.

Kalau dibandingkan, tekstur kopi robusta ini sedikit lebih kasar dibandingkan Arabika. Kopi Robusta dari Sidikalang ini cocok untuk pecinta kopi dengan aroma yang sedang. Nah, ciri khas dari kopi Sidikalang yang robusta ini juga ada pada aftertaste-nya.

Setelah menikmati hidangan kopi, Anda  masih tetap bisa menikmati kenikmatan kopinya karena rasa kopi yang masih tertinggal di mulut dan tenggorokan.

Ciri khas inilah yang menjadikan kopi Sidikalang menjadi pusat perhatian para penikmat kopi, terutama karena long aftertaste-nya.

Keunggulan Kopi Sidikalang

Kualitas kopi Sidikalang ini memang sudah tidak diragukan lagi sebagai salah satu kopi ternikmat di dunia dan seringkali disebut sebagai rajanya kopi robusta Sumatera. Berikut beberapa kelebihan kopi Sidikalang yang menjadikannya sangat spesial:

  • Aroma kopi yang wangi rempah.
  • Cita rasa kacang, coklat, pedas namun sedikit manis
  • Kadar kafein yang rendah
  • Tingkat keasaman yang rendah

Cara Menikmati Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang bisa dinikmati dengan beberapa cara. 

Anda bisa mencoba menyeduh kopi Sidikalang menjadi kopi tubruk yang hanya perlu diseduh dengan air panas, dijadikan kopi susu dengan tambahan susu segar atau susu kental manis.

Atau dibuat menjadi espresso dan juga bisa dibuat menjadi berbagai hidangan kopi susu.

Di ajang F1 Powerboat, kopi Sidikalang juga jadi salah satu potensi yang ditawarkan oleh pemda setempat.

“Kopi Sidikalang ini sering saya nikmati. Kopi ini bisa menjadi andalan untuk dipasarkan, tidak hanya di daerah Sumatra Utara tapi bisa keluar bahkan menjadi komoditas ekspor andalan. Di festival-festival kopi nusantara, Kopi Sidikalang jadi salah satu buruan penikmat kopi,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Usman Kansong.

Usman berharap pemerintah daerah setempat bisa mengembangkan dan membudidayakan lebih baik lagi.

Imbasnya bukan hanya akan mengangkat kopi ini menjadi komoditas level dunia, namun yang lebih penting lagi bisa mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat.

Bagian dari promosi, lanjut Usman, bisa memanfaatkan ajang F1 Powerboat Lake Toba 2023. Beberapa pembalap diungkapkannya telah merasakan nikmatnya Kopi Sidikalang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro