Ilustrasi makanan pedas/realfood.tesco.co
Kuliner

Ini Lho Makanan dan Minuman yang Bikin Anda Terlihat Cepat Tua

Mia Chitra Dinisari
Senin, 20 Februari 2023 - 13:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Makanan bukan saja sebagai sumber energi, namun juga bisa berpengaruh pada fisik dan mental Anda.

Ada beberapa makanan yang bisa berdampak buruk atau baik pada kesehatan, tentu saja ini sudah Anda ketahui,

Tapi, tahukah Anda jika ada makanan yang bisa mempercepat proses penuaan, sehingga membuat Anda terlihat lebih tua dari usia Anda?

Berikut daftar makanan yang bisa bikin Anda cepat tua

1. Makanan pedas

Buat Anda yang suka makanan pedas, berhati-hatilah jadi lebih cepat tua. Ini karena makanan pedas bisa membuat pembuluh darah Anda membengkak dan bahkan pecah, menyebabkan bekas ungu di wajah Anda.

Jika Anda menderita rosacea, panas dari rempah-rempah dapat memicu kekambuhan. Ini juga meningkatkan suhu tubuh Anda, sehingga Anda berkeringat untuk mendinginkan kembali.

Ketika keringat bercampur dengan bakteri di kulit Anda, itu bisa menyebabkan jerawat dan bercak.

2. Margarin

Kulit Anda adalah organ terbesar di tubuh Anda, dan semua yang Anda makan memengaruhinya. Sebagian besar margarin, terutama yang padat, mengandung lemak trans.

Mereka meningkatkan kolesterol "jahat" Anda, menurunkan lemak "baik" Anda, dan menciptakan peradangan di seluruh tubuh Anda. Peradangan terkait dengan penyakit jantung dan stroke, dua kondisi yang dapat membuat Anda tampak tua.

3. Soda dan Minuman Energi

Semakin banyak soda dan minuman berenergi yang Anda konsumsi, semakin cepat sel-sel di jaringan Anda menua.

Soda juga memiliki lebih banyak kalori dan tambahan gula - 7 hingga 10 sendok teh dalam 12 ons - dibandingkan minuman lainnya.

Ketika bergabung dengan bakteri di mulut Anda, gula itu juga membentuk asam yang mengikis enamel gigi dan menyebabkan pembusukan. Kontra lainnya termasuk penambahan berat badan dan risiko stroke dan demensia yang lebih tinggi.

4. Makanan beku

Satu kali makan makanan beku dapat mengemas setengah natrium dari diet harian yang sehat. Ketika Anda memiliki terlalu banyak garam, itu menyebabkan Anda minum lebih banyak dari biasanya dan membanjiri ginjal Anda.

Air ekstra apa pun akan berpindah ke tempat-tempat di tubuh Anda yang memiliki lebih sedikit garam, seperti wajah dan tangan Anda. Itulah yang membuat Anda terlihat bengkak.

5. Alkohol

Anda tahu alkohol membuat Anda dehidrasi. Ini berdampak besar pada kulit Anda, yaitu 63% air. Bahkan jika Anda meminum segelas besar air, itu akan menghidrasi semua organ Anda sebelum kulit Anda.

Ketika Anda tidak mendapatkan cukup, kulit Anda terlihat dan terasa kering, dan tidak dapat mempertahankan diri dari kerutan.

6. Daging Olahan

Daging olahan, seperti bacon, sosis, ham, dan potongan deli, diasap, diawetkan, atau diasinkan agar bertahan lebih lama tanpa menjadi busuk. Itulah yang membuat keduanya enak sekaligus berbahaya.

Pengawet natrium dan bahan kimia menyebabkan peradangan yang dapat membuat tubuh Anda lelah luar dan dalam.

Sedikit peradangan itu baik, karena membantu sel Anda sembuh. Tapi jika terlalu banyak dapat menyebabkan penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

7. Gorengan

Minyak berlebih merupakan radikal bebas yang merusak molekul lain di sel Anda dan menambah usia kulit Anda.

Anda juga bisa menemukan radikal bebas pada gorengan lain seperti kentang goreng, hush puppies, dan stik mozzarella.

8. Makanan yang Dipanggang

Makanan yang dipanggang seperti kue penyumbat arteri yang menambah berat badan. Mereka juga umumnya tinggi kandungan gula yang dapat menyebabkan diabetes, tekanan darah tinggi, dan kerusakan gigi.

Semakin banyak peradangan yang Anda alami, semakin tinggi kemungkinan Anda terkena radang sendi, depresi, Alzheimer, dan beberapa jenis kanker.

9. Sirup Jagung Fruktosa Tinggi

Sirup jagung mengandung fruktosa tinggi, yang mengganggu kemampuan tubuh Anda untuk menggunakan tembaga, yang membantu Anda membentuk kolagen dan elastin yang menjaga kesehatan kulit Anda.

Makanan itu juga penuh kalori dan membuat Anda berisiko terkena diabetes dan penyakit jantung.

10. Kafein

Kafein merangsang otak Anda dan kebutuhan Anda untuk buang air kecil. Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi. Ketika Anda tidak memiliki cukup air, kulit Anda berhenti mengeluarkan racun.

Cadangan membuat Anda lebih rentan terhadap kulit kering, psoriasis, dan kerutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro