Ilustrasi visa Schengen
Travel

Republik Ceko Janjikan Kemudahan Visa Schengen Eropa

Arlina Laras
Kamis, 16 Februari 2023 - 20:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tahun 2023 menjadi momentum positif bagi industri pariwisata dunia mulai beranjak pulih setelah digempur pandemi Covid-19.

Meski, adanya kekhawatiran akan potensi resesi ekonomi global yang diprediksi, tapi nyatanya tidak menyurutkan minat masyarakat untuk melakukan perjalanan internasional. 

Di masyarakat Indonesia sendiri, selain sejumlah destinasi internasional favorit meliputi Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Jepang, dan Australia. Kini wilayah Eropa Timur juga turut menjadi pilihan, salah satunya Republik Ceko yang mengalami peningkatan wisatawan hingga 23 persen pada 2022. 

Menanggapi antusiasme wisatawan terhadap Republik Ceko, Kedutaan Besar Republik Ceko memberikan kemudahan dalam pembuatan Visa Schengen. 

“Pemberian kemudahan untuk syarat dan ketentuan untuk pembuatan Visa memang menjadi konsiderasi kami, mengingat popularitas Kota Praha terus meningkat selama 10 tahun terakhir,” katanya pada Bisnis dalam Konferensi Pers Czech Republic: Your Ideal Travel Destination di Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). 

Dengan adanya Visa Schengen, para pelancong dari luar negeri dapat mengunjungi 26 negara di wilayah Schengen secara bebas selama 90 hari. Adapun, untuk melakukan pengajuan permohonan visa ini, ebaiknya masyarakat datang secara pribadi ke Kedutaan atau VFS Global dengan membuat janji temu.  

Terkait biaya, berdasarkan Schengen Visa Info, biaya visa Schengen untuk tahun 2022 adalah sebesar 80,00 euro atau sekitar Rp1.200.000 untuk pemohon dewasa (di atas 12 tahun), untuk pemohon visa berusia 6-12 tahun dikenakan biaya sebesar 40,00 euro atau sekitar Rp600.000. Sedangkan, anak-anak di bawah 6 tahun tidak dikenakan biaya sama sekali alias gratis. 

Bahkan, demi memanfaatkan Visa Schengen dengan maksimal, Republik Ceko menghadirkan fasilitas lengkap bagi para wisatawan agar dapat menikmati perjalanan di Ceko. 

Hal ini disampaikan Direktur Utama Enjoy Europe Jan Vesely yang mengungkapkan perjalanan berkelompok pascapandemi mengalami perubahan, di mana wisatawan akan menginginkan perjalanan yang lebih bermakna

“Seluruh pengemudi kami dapat berbahasa Inggris, sehingga bisa mendampingi perjalanan para wisatawan agar tidak tersesat di jalan. Tren 2023 saat ini juga, banyak wisatawan yang lebih senang travelling dalam kelompok kecil berkisar empat orang saja dibanding kelompok besar,” ujarnya. 

Bahkan, dengan pemulihan wisata yang dipercepat atas pelonggaran pembatasan Covid-19, bukan hanya bangunan klasik saja yang memikat para wisatawan mancanegara, namun juga tren belanja konsumen bertindak sebagai katalis bagi berbagai merek dan ritel.

Business Development Manager Fashion Arena Petr Krinonozka turut menambahkan Fashion Arena merupakan destinasi yang harus dikunjungi saat berada di Praha, Republik Ceko, khususnya bagi wisatawan yang gemar window shopping alias untuk orang-orang yang suka melihat barang yang dipajang di sebuah toko atau katalog online, tanpa punya niatan untuk membelinya. 

"Kalian butuh setidaknya 3 sampai 4 hari untuk pergi ke Praha, satu hari full dibutuhkan untuk berjalan-jalan di Fashion Arena, ada 200 merek fesyen lokal dan internasional di dunia, mulai dari pakaian olahraga, aksesoris, kosmetik hingga desain interior," tuturnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro