Pegunungan Everest/Reuters
Travel

Ini Dia 10 Gunung Termegah di Dunia

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 5 Februari 2023 - 15:51
Bagikan

6. Grand Teton, AS

Ini Dia 10 Gunung Termegah di Dunia

"The Grand", sebagaimana Jackson, penduduk WY menyebut menara batu yang menjulang tinggi di barat laut kota, mungkin memiliki profil paling menarik dari gunung mana pun di Amerika. Blok puncak tampaknya tidak mungkin miring, menambahkan topi surealis ke cakrawala bergerigi Teton Range yang sudah mengesankan.

Banyak orang terkejut mengetahui bahwa Grand Teton bukanlah gunung tertinggi di Wyoming. Puncak Gannett, 65 mil jauhnya di Wind River Range, mengalahkannya sejauh 34 kaki, dan, meskipun tidak setenar itu, Gannett masih merupakan puncak yang spektakuler.

Tentu saja, ada banyak sekali puncak di Colorado yang lebih tinggi dari Grand, termasuk semua "empat belas". Secara keseluruhan, tingginya sekitar 115 di antara puncak di 48 Amerika Serikat yang berdekatan. Namun di dalam hati dan pikiran setiap orang yang melihat "grup katedral" yang megah menjulang di atas lembah, peringkatnya jauh lebih tinggi.

7. Aoraki Mount Cook, Selandia Baru

Ini Dia 10 Gunung Termegah di Dunia

Aoraki/Mount Cook, gunung tertinggi di Selandia Baru, terletak di Pegunungan Alpen Selatan/Kā Tiritiri o te Moana, Pulau Selatan bagian barat-tengah. Dikelilingi oleh 22 puncak yang melebihi ketinggian 10.000 kaki (3.000 meter), gunung bersalju permanen ini menjulang setinggi 12.316 kaki (3.754 meter); tanah longsor pada tahun 1991 menurunkan ketinggian puncak sekitar 30 kaki (10 meter). Aoraki/Mount Cook diapit oleh Gletser Hooker di barat dan Gletser Tasman di timur.

Gunung ini pertama kali ditemukan pada tahun 1642 oleh navigator Belanda Abel TasmanGunung ini merupakan ciri utama Taman Nasional Aoraki/Mount Cook, 210 mil (338 km) barat daya Christchurch.

8. Gunung Kirkjufell, Islandia

Ini Dia 10 Gunung Termegah di Dunia

Nama Kirkjufell berarti Gunung Gereja karena tampak seperti menara gereja sedangkan dari barat tampak seperti nave. Dulunya dikelilingi oleh gletser, bongkahan batu setinggi 463 meter ini muncul dari teluk yang tenang dekat desa kecil Grundarfjörður.

Gunung itu terdiri dari dasar lava dengan lapisan batu pasir dan lava berikutnya, semuanya terkikis dan dibentuk oleh gletser dan cuaca ribuan tahun dalam proses yang dikenal sebagai 'nunatak'. Pulau glasial ini dibiarkan terbuka di atas gletser sekitarnya. Terbentuk lapisan-lapisan yang masih dapat dilihat hingga saat ini sebagai letusan gunung berapi yang melapisi setiap lapisan di gunung tersebut.

Di seberang gunung terdapat air terjun kecil bertingkat yang disebut Kirkjufellsfoss. Dibandingkan dengan air terjun lain di Islandia, air terjun ini kecil tapi terbentuk sempurna dan dengan gunung di belakangnya sangat menakjubkan.

Gunung ini adalah Gunung Arrowhead di Musim 6 dan 7 Game of Thrones dan momen singkat di Kirkjufellsfoss terlihat di episode 5 musim 6 ketika anak-anak hutan menciptakan White Walker pertama (jika Anda mengikuti serial ini!)

9. Gunung Vinicunca

Ini Dia 10 Gunung Termegah di Dunia

Gunung Pelangi, yang dikenal secara lokal sebagai Vinicunca (nama Quechua) atau montaña de siete colores (gunung tujuh warna) terdiri dari sedimen pirus, merah tua, dan berwarna mustard yang menutupinya.

Lapisan warna yang berbeda ini mewakili kandungan mineral yang berbeda dan terbentuk selama jutaan tahun sebelum terpapar oleh gerakan tektonik dan erosi angin yang intens di Andes yang tinggi. Gunung ini pernah tertutup oleh gletser yang kemudian mencair akibat efek pemanasan global.

Saat ini gunung tersebut kemudian menjadi tamasya sampingan yang populer di Ausangate Trek sebelum rute tur 1 dan 2 hari yang lebih pendek dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir.

Dengan ketinggian 5.200 meter (17.060 kaki) di atas permukaan laut, ketinggian Gunung Pelangi lebih dari setengah Gunung Everest. 

10. Gunung Dolomites

Ini Dia 10 Gunung Termegah di Dunia

Gunung Dolomites, Italian Alpi Dolomitiche, kelompok gunung yang terletak di bagian timur Pegunungan Alpen Italia utara, dibatasi oleh lembah Isarco (barat laut), Pusteria (utara), Piave (timur dan tenggara), Brenta (barat daya), dan Adige (barat).

Kisaran ini terdiri dari sejumlah puncak yang mengesankan, 18 di antaranya menjulang hingga lebih dari 10.000 kaki (3.050 meter). Titik tertinggi adalah Marmolada (10.964 kaki [3.342 meter]), sisi selatannya terdiri dari jurang setinggi 2.000 kaki (610 meter).

Bentang alam yang dihasilkan meliputi punggungan bergerigi bergerigi, puncak berbatu, screes (endapan kerikil) dari puing-puing batu kapur, ngarai yang dalam, dan banyak permukaan batu curam pada tingkat yang relatif rendah.

Fitur glaciated terjadi pada tingkat yang lebih tinggi; 41 gletser terletak di wilayah tersebut. Banyak dari lereng scree yang lebih rendah dan landai pernah menjadi hutan; hanya sepetak hutan yang tersisa, diselingi dengan padang rumput.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro